gizeline | Traveler
Malang, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
27 Jan 2020


Menjelajah Hutan Kota Malabar, Hutan di Tengah Kota Malang
Kota Malang tak hanya punya segudang kuliner lezat, tapi juga punya taman-taman kota yang cantik dan wajib untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Hutan Kota Malabar yang asri dan sejuk ini.

How to Get There

Kota Malang memang selalu menjadi destinasi akhir pekan yang seru bagi warga Surabaya, termasuk aku. Minggu lalu, aku sempet jalan-jalan ke Malang karena pengen nyobain naek kereta baru yang cuma beroperasi di akhir pekan. Nah, karena udah sampe di Malang dan kereta balik masih lama, akhirnya aku mutusin buat jalan-jalan di skeitar kota Malang. Tujuan pertamaku adalah Hutan Kota Malabar.

Hutan Kota Malabar berlokasi di Jalan Malabar, Oro-oro Dowo, Kota Malang, hutan kota ini berada di sebelah timur Taman Merbabu dan Gereja Ijen. Untuk menuju kesini, kalian bisa naik kendaraan umum atau kalo ngga mau ribet, kalian bisa naik ojek online. Hutan kota ini gampang ditemui kok guys karena emang lokasinya berada di tengah kota.

Kalo kalian naik kendaraan pribadi, dari Alun-alun Malang, arahkan kendaraan menuju utara dan belok kiri di Jalan Semeru. Setelah sampe di perempatan jalan sebelum akhir Jalan Semeru, beloklah ke kanan menuju Jalan Merapi, kemudian lurus aja sampe ketemu Hutan Kota Malabar.

Hutan Kota Malabar Malang

What to Do

Memasuki Hutan Kota Malabar ini pengunjung sama sekali ngga dikenakan tiket masuk, kalian cukup bayar parkir kendaraan aja Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Pertama kali masuk ke hutan Malabar ini, aku langsung bisa merasakan hawa yang sangat sejuk dan terdengar kicauang burung. Hutan kota ini punya pepohonan yang sangat lebat, ngga heran kalo berada disini akan merasa hawa yang segar.

Hutan Kota Malabar Malang
Hutan Kota Malabar MalangPeta Hutan Kota Malabar

Hutan Kota Malabar ini sengaja ngga dipake oleh pemerintah daerah sebagai area pembangunan karena digunakan sebagai ruang terbuka hijau. Hutan kota ini punya luas sekitar 16.718 hektar yang tak hanya ditumbuhi oleh pepohonan rindang tapi juga terdapat sebuah kolam air ditengahnya. Tapi sayang, sata aku berkunjung air di kolam ini lagi kering.

Hutan Kota Malabar MalangKolam yang mulai kering

Hutan Kota Malabar Malang

Hutan kota ini dulunya bernama Bon Rodjo atau Kebon Rodjo yang kemudian diresmikan oleh pemerintah daerah dan berganti nama menjadi Hutan Kota Malabar pada tanggal 4 April 2016. Hutan Kota Malabar ini menjadi ruang terbuka hijau yang banyak mengandung oksigen sehingga bermanfaat bagi warga. Ngga cuma itu guys, hutan kota ini juga bermanfaat sebagai sarana wisata dan wahana edukasi lingkungan dan kesehatan.

Hutan Kota Malabar MalangSejarah Hutan Kota Malabar tertulis disini


Hutan Kota Malabar MalangHutan Kota Malabar Malang

Berwisata di area hutan Malabar ini nyaman banget guys karena jalanannya udah berpaving. Jadi bisa kalian gunakan untuk jogging ataupun jalan-jalan santai sambil menikmati udara sejuk di kawasan ini. Saat menyusuri jogging track ini, kalian akan merasa seolah berada di hutan rimba karena terdengar kicauan burung dan serangga liar yang memberikan ketenangan saat mendengarkannya.

Hutan Kota Malabar MalangJogging Track

Hutan Kota Malabar Malang

Nah, kalo kalian berencana pergi ke Malang dan pengen menikmati udara yang sejuk, jangan lupa untuk berkunjung ke Hutan Kota Malabar ini ya guys. 

Video by Gotravelly

 

Tips and Trick
  • Hutan Kota Malabar buka setiap hari mulai jam 06.00 - 18.00.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk menjelajah hutan kota ini.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY