320 views | 2 Likes

Museum Surabaya: Sisi Jadul Kota Surabaya Yang Menawan

4 star (from 4 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 12 February 2019, 13:46:27
fauzi
Tourist

Museum Surabaya baru dibuka pada pertengahan 2015 dan menempati gedung Siola. Sedikit cerita nih guys, gedung ini dulunya adalah bangunan tua warisan...

How to Get There

Mendapat julukan sebagai kota Pahlawan, Surabaya dikenal memiliki beragam kisah sejarah yang sangat menarik untuk dipelajari, apalagi yang ada hubungannya sama masa kolonial dan perang kemerdekaan. Weekend kemarin aku berkesempatan buat jalan-jalan ke beberapa tempat seru dan penuh sejarah di Surabaya, salah satunya adalah Museum Surabaya.

Museum Surabaya ini menempati gedung Siola yang berada di sudut pertemuan antara Jalan Genteng Kali dan Jalan Tunjungan. Kalian yang tinggal di Surabaya udah pasti ngga asing lagi sama gedung yang satu ini, soalnya gedung ini punya historical story. Nah Museum Surabaya ini berada di lantai dasar Gedung Siola. Untuk menuju kesini, ada banyak banget transportasi umum yang bisa kalian gunakan, misalnya seperti angkutan kota, Suroboyo Bus atau Ojek Online.

 

What to Do

Museum Surabaya baru dibuka pada pertengahan 2015 dan menempati gedung Siola. Sedikit cerita nih guys, gedung ini dulunya adalah bangunan tua warisan dari jaman kolonial Belanda dan dibangun pada tahun 1877. Gedung ini dulunya adalah pusat perbelanjaan terbesar. Lokasinya juga strategis karena ada didepan monumen perjuangan yang dulunya pernah terjadi serangan tentara sekutu pada 10 November 1945. Saat itu, tank-tank sekutu yang datang dari arah utara berhasil ditahan oleh arek-arek Suroboyo di sekitar gedung ini. Kemudian pertempuran dimenangkan oleh arek-arek Suroboyo yang berhasil membunuh Jendral Malaby.

Hingga saat ini, Gedung Siola pun dimanfaatkan sebagai beberapa kantor pelayanan publik, seperti Command Center, Pusat oleh-oleh, Tourism information hingga museum. Museum Surabaya ini menyimpan sekitar 1000 koleksi benda. Museum ini mempunyai daya tariknya sendiri bagi pengunjung yang datang, soalnya menurut aku sih beda sama museum-museum lainnya yanga ada di Surabaya. Museum ini memperlihatkan sisi jaman dulu kota Surabaya sehingga generasi modern bisa mengenal sejarah kota Surabaya. Oiya, masuk ke museum ini sama sekali ngga dikenakan biaya lho guys dan saat memasuki gedung ini kalian akan disuguhkan dengan berbagai lukisan keren tentang Surabaya.





Hal pertama yang bisa kalian lihat saat memasuki museum ini adalah deretan galeri foto para walikota Surabaya dari dulu hingga saat ini, mulai dari walikota Surabaya pertama yaitu Mr A Meyroos yang menjabat tahun 1916 - 1950 hingga Ibu Tri Rismaharini yang menjabat dari tahun 2010 hingga saat ini. Di dekat sini ada kumpulan penghargaan yang pernah diperoleh oleh Surabaya, misalnya seperti Smart City Award, Indonesia Green Region Award dan masih banyak lagi lainnya.

Koleksi lainnya yang bisa kalian nikmati di museum ini adalah beberapa barang peninggalan jaman dulu yang belakangan ini mulai jarang digunakan, seperti bangku sekolah dari kayu yang model panjang, biola peninggalan WR Supratman, mesin ketik, uang, baju adat, kain tenun hingga transportasi jaman dahulu yang saat ini perlahan sudah tergantikan oleh transportasi modern. 

Ngga cuma itu, berada di museum ini bikin aku sedikit mengenang tentang jaman dulu, karena emang aku lahir dan besar di Surabaya dan banyak sekali benda-benda disini yang dulunya sering aku gunakan tapi sekarang udah ngga ada, misalnya aja seperti permainan jaman dulu yang sering aku gunakan. Disini ada engrang, lompat tali, bekel, gasing dan dakon. Istimewanya lagi, disini tersedia permainan-permainan tersebut jadi kalian bisa sekalian nostalgia deh.

Setelah puat berkeliling, kalian bisa mampir juga ke toko oleh-oleh untuk membeli oleh-oleh khas Surabaya yang diproduksi oleh UKM setempat, seperti kue lapis yang terkenal itu.

Video by Jimmy Huang

So, buat kalian yang lagi ada di Surabaya atau berencana liburan di Surabaya, jangan lupa buat mampir ke Museum Surabaya yang ada di Gedung Siola ini. Berada disini ngga cuma bisa menambah pengetahuan tentang sejarah, tapi kalian juga bisa bermain lho.





Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jangan rusak benda-benda yang ada disini.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Ajak teman dan keluarga.

Gallery (15)

Comments (5)