209 views | 1 Likes

Museum HOS Tjokroaminoto: Rumah Guru Besar yang Menyimpan Banyak Sejarah

4 star (from 1 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 11 February 2019, 11:41:09
gizeline
Tourist

Museum ini dulunya adalah rumah milik HOS Tjokroaminoto yang kini oleh pemerintah kota Surabaya disulap menjadi sebuah museum untuk dinikmati oleh...

How to Get There

Udah bukan rahasia lagi kalo kota Surabaya ini tekenal dengan sebutan Kota Pahlawan, pasalnya kota ini menyimpan banyak sejarah yang sangat menarik untuk diulik. Sejarah-sejarah tersebut banyak disimpan di museum-museum yang hingga kini masih terjaga dengan baik. Fyi nih guys, Surabaya punya banyak banget museum yang keren banget dan cocok untuk belajar sejarah tentang kota ini, salah satunya adalah Museum HOS Tjokroaminoto.

Museum HOS Tjokroaminoto ini berlokasi di Jalan Peneleh no 29 - 31 Surabaya. Rutenya ngga terlalu susah sih karena memang deket sama daerah kota Tua Surabaya. Banyak juga angkot yang jalan kesini, atau kalo kalian ngga mau ribet kalian bisa naik ojek online. Gang rumahnya kecil, cukup untuk satu mobil aja, jadi kalo kalian bawa mobil harus parkir didepan gang. Cari rumahnya pun gampang, rumahnya yang berwarna hijau dan ada bendera merah putih didepannya.


What to Do

Museum ini dulunya adalah rumah milik HOS Tjokroaminoto yang kini oleh pemerintah kota Surabaya disulap menjadi sebuah museum untuk dinikmati oleh warga atau traveler yang suka berwisata sejarah. Tiket masuknya juga gratis dan didalamnya udah ada guide yang bakal nemenin kalian berkeliling dan ngasih penjelasan. Kebetulan pas aku kesana kemaren lagi dipake syuting anak-anak sekolah, jadinya rame banget. 

Rumah bersejarah ini ngga terlalu besar, namun beberapa barang yang ada di dalamnya masih asli dan bentuknya ngga berubah, sebagian lagi barangnya mirip. Rumah ini bergaya Jawa dengan dua ruangan di lantai bawah dan satu ruangan di lantai atas. Di lantai bawah, kalian bisa menikmati foto-foto beliau semasa hidupnya dan juga cerita-cerita tentang beliau juga perjuangannya. 


Koleksi-koleksinya yang dipamerkan di lantai satu ini antara lain adalah buku-buku koleksi HOS Tjokroaminoto dan juga baju. Buku-buku ini kebanyakan tentang perjuangan, kalian bisa baca disini tapi ngga boleh dibawa pulang. Di lantai ini juga ada kamar tidur Tjokroaminoto dan kasurnya yang hingga saat ini masih terjaga. Kamarnya ngga terlalu besar, tapi banyak terdapat foto-foto dan narasi singkat tentang istri Tjokroaminoto. 



Jalan ke bagian belakang, kalian akan menemukan sebuah tangga yang agak tinggi dan menuju ke lantai dua. Lantai dua ini hanya berisi sebuah kamar yang lumayan luas. Kamar ini dulunya adalah kamar kos tokoh bangsa lainnya saat mereka belajar dan berproses menjadi pemimpin, seperti Soekarno, Alimin, Semaun dan Kertosuwiryo. Kamarnya sederhana banget dan jauh dari kata mewah, namun di kamar yang sederhana ini mereka bisa jadi orang yang luar biasa. 


Part yang paling keren di rumah ini adalah bagian ruang tamunya, tapi sayang banget kemaren ruang tamunya ini dipake buat syuting jadinya ngga bisa foto-foto deh. Mungkin next time kalo kesini aku bisa foto-foto di ruang depan ini.

Overall, museum ini bagus banget buat dikunjungi saat akhir pekan. Selain bangunannya yang menarik buat foto-foto, kalian juga bisa belajar sejarah tentang Guru Besar HOS Tjokroaminoto yang merupakan salah satu tokoh penting bagi negara kita ini. Meskipun saat ini kita hidup di jaman modern dengan teknologi digital yang canggih, tapi kita tetap ngga boleh melupakan sejarah. 

So, kalo kalian mau dateng ke museum ini, kalian bisa dateng di hari Selasa - Jumat mulai jam 9 pagi sampe jam 4 sore atau di hari Sabtu & Minggu mulai jam 9 pagi sampe jam 3 sore. 

Video by Robbi Sumantri

Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Ajak teman, sodara, keluarga dan pasangan kalian.
  • Jangan kotori museum ini.
  • Jangan rusak benda-benda yang ada disini.

Gallery (13)

Comments (2)