170 views | 0 Likes

Telusuri Sejarah Kota Kudus Di Museum Gusjigang

4 star (from 1 people)
Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Museum

Posted on 08 February 2019, 11:56:13

Museum Gusjigang memang terdengar ngga terlalu familiar di telinga, soalnya tempat ini juga masih baru sih itungannya. Penamaan Gusjigang sendiri...

How to Get There

Kudus adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan banyak wisata juga sejarah. Beberapa waktu lalu, aku sempet jalan-jalan kesana dan mencicipi beragam kulinernya yang khas dan hanya bisa ditemukan disana, seperti Lentog Tanjung, Sate Kerbau, Opor Ayam Bakar hingga Ronde. Nah kali ini aku mau mengulas tentang wisatanya nih. Kalo denger soal Kudus pasti kalian bakal mikir kalo kota ini banyak pabrik rokoknya, eitss tapi jangan salah Kudus juga punya banyak tempat wisata yang keren, salah satunya adalah Museum Gusjigang.

Museum Gusjigang ini berada di Jalan Sunan Muria no 33, Kota Kudus. Museum ini berada di Museum Jenang dan ada di lantai dua, soalnya di lantai satunya dipake buat tempat belanja.

What to Do

Museum Gusjigang memang terdengar ngga terlalu familiar di telinga, soalnya tempat ini juga masih baru sih itungannya. Penamaan Gusjigang sendiri juga punya maksud yaitu akronim dari Bagus, Ngaji dan Berdagang. Maksdunya adalah, ketiga hak tersebut yang menjadi tuntunan masyarakat agar mereka mempunyai tekad untuk berkepribadian yang bagus, mau mengaji dan mau berusaha atau berdagang.

Di museum ini, pengunjung bisa menikmati literasi falsafah tentang Gusjigang yang dipajang, seperti sejumlah puisi tentang Gusjigang dari beberapa budayawan, misalnya Emha Ainun Najib, Sosiawan Leak hingga Lukman Hakin Saifudin. 

Nuansa kuning emas akan menyambut kalian di museum ini. Ornamen dindingnya pun berupa motif geometris yang indah sekali. Ditengahnya ada kaligrafi yang berbentuk bunga. Kaligrafi ini berbahan tembaga dan kuningan. Trus juga ada gambar dan penjelasan singat tentang beberapa tokoh terkemuka asal Kudus. Beberapa diantaranya adalah Sunan Kudus, Sunan Muria, Kiai Telingsing dan Sodrokartono. 

Selain itu, ada juga relief tari Gusjigang yang disekelilingnya ada ornamen bernuansa segi empat yang sangat menarik karena disajikan dengan warna yang ngga terlalu mencolok. Setelah mengunjungi bagian relief ini, kalian bisa pergi ke foto booth pakaian adat Kudus. Jangan lupa foto pake baju adat Kudus ini ya guys.

salah satu lukisan dekoratif yang paling menarik perhatian adalah yang berukuran besar dimana didalamnya terdapat dua sosok laki-laki dan perempuan. Lukisan ini kayak menceritakan bahwa laki-laki asal Kudus adalah sosok yang sholeh dan pekerja keras. Sedangkan sosok perempuan Kudus adalah sosok yang perhatian dan rajin beribadah. Lukisan ini semacam menggambarkan kehidupan toleransi masyarakat Kudus yang sangat tinggi. 

Di museum ini, pengunjung akan dibawa melihat sejarah Kudus dan menikmati peran menjadi orang Kudus. Seperti melihat proses pembuatan Jenang Kudus yang terkenal legit itu, lalu juga ada membuat kerajinan rokok manual hingga kebudayaan Kudus. Meskipun museum ini ngga terlalu besar, tapi kontennya keren banget, seperti miniatur kota Kudus.

Menurut aku, museum ini sangat unik dan wajib banget untuk dikunjungi. Selain kita bisa mengetahui sejarah Kudus lebih dalam, museum ini juga punya spot instagramable yang cocok banget buat foto-foto. Apalagi kalo kalian suka banget jalan-jalan ke tempat bersejarah seperti museum ini. Atau kalian yang suka budaya dan literasi, tempat ini cocok banget buat dikunjungi. So, kalo kalian jalan-jalan ke Kudus, wajib banget memasukkan Museum Gusjigang ini di list destinasi wisata kalian. Selamat berlibur!

Video by Rifqy Gozali

Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jangan rusak barang-barang yang ada disini.
  • Ajak teman, pasangan atau keluarga untuk kesini dan belajar tentang sejarah bareng.
  • Jangan lupa cobain jenang Kudusnya. Enak banget!
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (7)

Comments (1)