CiciliaTan | Tourist
Situbondo, Jawa Timur, Indonesia | Savana
25 Jan 2020


Taman Nasional Baluran 'Little Afrika In Java'
Tidak perlu jauh-jauh ke savana Afrika yang terkenal dengan keindahannya, cukup ke Situbondo aja kalian bisa melihat indahnya savana seperti di Afrika.

How to Get There

Setelah bermain di Pantai Bama saya dan travel melanjutkan perjalanan menuju Taman Nasional Baluran, Yang dekat dengan Pantai Bama. Sebenarnya kami sudah melewati Taman Nasional Baluran sebelum ke Pantai Bama guys, Tapi saat itu tour leader kami mengatakan ke Pantai Bama dulu baru ke Taman Nasional Baluran, sekalian balik Surabaya. 

Nah perjalanan menuju Taman Nasional Baluran ini hanya 40 menit saja dari Pantai Bama guys. Untuk kamu yang belum tau dimana sih Taman Nasional Baluran ini berada? lokasi Taman Nasional Baluran ini berada di Area hutan, Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Jika kalian dari pusat kota menuju Taman Nasional Baluran ini berjarak sekitar 7 km atau menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1 jam 30 menit menggunakan mobil. 

taman nasional baluran


Kalo masih bingung kalian bisa gunain maps ya, gampang banget kok guys!

What to Do

Setelah perjalanan 40 menit akhirnya saya sampai di Savana Bekol Taman Nasional Baluran. Kenapa sih guys di kasih nama Taman Nasional Baluran? nama dari Baluran ini diambil sebenarnya di ambil dari nama gunung yang ada daerah sini.

Indahnya pemandangan di Taman Nasional Baluran ini memang pantas di juluki sebagai "Little Afrika In Java". Taman nasional ini memiliki beberapa flora dan fauna yang beragam. nah luas Taman Nasional Baluran ini sekitar 25.000 ribu hektar.  Nah dibawah ini adalah salah satu spot foto yang wajib banget untuk di jepret saat berada di Taman Nasional Baluran. 

taman nasional baluran

Saat itu aku melihat beberapa hewan ada merak, rusa, monyet, kerbau, tupai dan banteng. hal ini menarik untuk dilihat wisatawan saat berada di Taman Nasional Baluran. lokasi Taman Nasional Baluran ini menjadi lokasi untuk berfoto, yang harus kamu ketahui  sebaiknya datang ke sini pada saat musim kemarau karena kamu akan melihat indahnya hutan ini berwarna kuning dan pepohonan yang gersang, membuat kesan seperti berada di Savana Afrika yang terkenal dengan keindahannya. jika kamu datang bukan di saat musim kemarau maka kamu akan melihat hijaunya pepohonan yang ada disini dengan pemandangan pegunungan yang eksotik.

Nah inilah hasil foto-foto saat berada di Taman Nasional Baluran...

taman nasional balurantaman nasional balurantaman nasional balurantaman nasional baluran

Meskipun mataharinya cukup terik dan terlihat gersang, tempat ini membuat saya betah berlama-lama, karena anginnya sepoi-spoi, dan pemandangannya yang membuat saya takjub, bikin hati tenang saat melihat luasnya savana dan pegunungan yang ada di belakang saya. 

Setelah puas berfoto dan melihat pemandangan Taman Nasional Baluran, saya balik deh ke Kota Surabaya! tunggu keseruan aku selanjutnya yah liburan ke wisata lainnya, pastinya seru dan menari untuk kamu baca!

taman nasional balurantaman nasional baluran





Tips and Trick

1. gunakan pakaian yang nyaman

2. sepatu yang nyaman

3. sunblock

4. kacamata

5. topi

6. kamera

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY