104 views | 2 Likes

Banyu Wana Amertha Waterfall: Surga Tersembunyi di Buleleng Bali

4 star (from 2 people)
Buleleng, Bali, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 07 February 2019, 11:52:56
tio
Sightseeing

Akhirnya sampai juga di lokasi Banyu Wana Amertha Waterfall. Di sebelah plang lokasi Banyu Wana Amertha Waterfall, terdapat tanah lapang yang...

How to Get There

Bali, tempat yang nggak pernah kehabisan wisata untuk nyenengin pengunjungnya. Ngomongin soal wisata di Bali, aku baru nemu wisata yang cukup unik dan terpencil di Bali nih. Lumayan kan mumpung belum banyak yang tahu, syikat aja dah.

Nama wisata yang aku kunjungi kali ini adalah Air Terjun Banyu Wana Amertha atau biasa disebut dengan Banyu Wana Amertha Waterfall. Kami sengaja berangkat agak siang setelah sarapan, biar fit dan kuat buat main di kawasan Banyu Wana Amertha Waterfall.

Jalanan menuju ke Banyu Wana Amertha Waterfall ini cukup menantang. Selain nanjak, jalanan yang berkelok juga mengharuskan pengunjung untuk berhati hati. Tapi tenang, jalanan yang dilalui udah cukup mulus atau beraspal bagus kok. Kami menggunakan bantuan google maps untuk sampai di kawasan Banyu Wana Amertha Waterfall ini. Pas udah deket sama lokasi, pengunjung akan dengan mudah menemukan plang penunjuk jalan menuju ke Banyu Wana Amertha Waterfall ini.

What to Do

Akhirnya sampai juga di lokasi Banyu Wana Amertha Waterfall. Di sebelah plang lokasi Banyu Wana Amertha Waterfall, terdapat tanah lapang yang dikhususkan untuk tempat parkir, kayaknya yang ini cukup baru sih.

Meskipun terhitung baru dan bikin banyak orang cukup pensaran, untuk masuk ke Banyu Wana Amertha Waterfall ini nggak dipatok harga yang mahal lho. Hanya dengan membeli tiket seharga 10 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 20 ribu rupiah untuk wisatawan asing, pengunjung udah bisa dengan bebas menikmati keindahan alam di kawasan ini. Biaya yang harus dikeluarkan selain tiket adalah parkir. Yakni 5 ribu rupiah untuk mobil dan 2500 rupiah untuk motor.

Seperti kebanyakan air terjun, kalau dari loket tentunya pengunjung harus melakukan trekking beberapa meter. Kalau di Banyu Wana Amertha Waterfall ini, jarak dari loket ke air terjun hanya sekitar 500 meter saja. Jalanan yang dilalui cukup menyenangkan. Pengunjung akan melewati jalan dengan pemandangan hutan dan rumah penduduk di kanan kiri jalan. Jangan takut tersesat, ada banyak sekali papan penunjuk jalan yang udah dibuat dengan jelas untuk menuju ke Banyu Wana Amertha Waterfall ini.

Karena lagi musim hujan, jalan setapak yang dilalui cukup licin dan lembab. Kalau musim kemarau, jalanan menuju ke Banyu Wana Amertha Waterfall ini cukup berdebu guys. Entah musim hujan atau musim kemarau, pastikan kalian selalu hati hati dan waspada ya kalo maen ke tempat wisata. Ada banyak banget tumbuha dan biji bijian yang bisa ditemui di jalan setapak menuju ke air terjun ini. Contohnya saja biji kopi, kalian akan menemui banyak biji kopi yang telah masak dan siap panen disini.

Di tengah perjalanan, kalian akan menemui gazebo dan beberapa tempat sampah yang sengaja disediakan oleh pengelola. Yak, kebersihan di Banyu Wana Amertha Waterfall ini emang sangat terjaga, karenanya kalian juga harus menjaga kebersihan ya kalau kesini.

Finally sampai juga di lokasi Banyu Wana Amertha Waterfall. Aliran airnya yang deras dan jernih menjadikan pemandangan di Banyu Wana Amertha Waterfall indah banget. Selain itu, bentuk tebing dan air terjun Banyu Wana Amertha cukup estetik. Nggak heran ya kalau banyak wisatawan yang rela dateng demi potret atau pensaran dengan indahnya Banyu Wana Amertha Waterfall.

Di kawasan Banyu Wana Amertha Waterfall ini ngak hanya ada 1 air terjun, melainkan ada 3 lagi selainnya. Air terjun yang ada di kawasan ini antara lain Air Terjun One, Air Terjun Two, dan Air Terjun Spray. Lumayan juga kan kalau liburan kesini, bisa puas dateng ke 4 air terjun sekaligus. Syikat lah kalau ke Bali, mumpung belum mainstream! Hehe.

Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa camera hehe
  • Pastikan kondisi kalian fit ya
  • Jangan pake alas kaki yang licin

Youtube -> Mas Dang

Gallery (4)

Comments (1)