96 views | 0 Likes

Puthuk Panggang Welut: Destinasi Wisata Alam dengan Banyak Spot Instagramable

0 star (from 0 people)
Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 12 January 2020, 16:00:00
gizeline
Traveler

Mojokerto ngga cuma ada peninggalan Kerajaan Majapahit aja lho guys. Kalian juga bisa mengunjungi wisata alamnya yang menarik dan penuh spot selfie seperti Puthuk Panggang Welut ini. Ada apa aja?

How to Get There

Perjalanan di Kota Mojokerto berlanjut nih guys. Setelah aku mengunjungi beberapa wisata sejarah yang ada disana, sepeti Museum Mojopahit, Candi Bajang Ratu, Gapura Wringin Lawang dan Vihara Buddha Tidur, kali ini aku mengunjungi wisata alam yang ada di Mojokerto ini guys. Mojokerto emang ngga hanya ada wisata sejarah, tapi juga ada wisata alam yang pastinya bisa memanjakan mata kalian. Nah, wisata yang aku kunjungi kemaren adalah Puthuk Panggang Welut atau Air Terjun Watu Gedhek.

Air Terjun Watu Gedhek berlokasi sekitar 35 km dari pusat kota Mojokerto dan untuk menuju kesana aku naik motor bersama seornag teman. Jalanan menuju ke wisata ini memang cukup berliku dengan tanjakan dan turunan, jadi kalian yang bawa kendaraan pribadi menuju air terjun ini harus bener-bener memeriksa kondisi kendaraan. Apalagi kalo kalian dateng di musim penghujan seperti sekarang.

What to Do

Setelah sempat beberapa kali nyasar, karena kita hanya bermodalkan gmaps dan tanya warga sekitar, akhirnya sampe juga di Kawasan Puthuk Panggang Welut. Saat kita sampe, langsung disambut dengan hujan deras plus kabut yang mulai turun. Wajar aja sih guys karena air terjun ini berada di kawasan hutan dan pegunungan, jadinya berkabut dan udaraya juga dingin. Tapi pemandangan hutannya bener-bener ciamik saat kabut begini, aku langsung teringat hutan yang ada di film Twilight. Hehehe..

puthuk panggang welut

Kami langsung parkir kendaraan dan membayar tiket masuk, kalo ditotal sekitar Rp 15,000 udah termasuk parkir motor dan tiket masuk untuk 2 orang. Murah sih guys. Karena hujan masih mengguyur kawasan ini, kita pun berinisiatif untuk berteduh sebentar di sebuah warung kecil sambil menikmati sepiring indomie dan segelas kopi.

puthuk panggang welutPeta Area Puthuk Panggang Welut

Sekitar hampir 30 menit hujan tak kunjung reda, akhirnya kita berinisiatif untuk menggunakan rain coat untuk berjalan menuju kawasan air terjun. Untungnya, saat perjalanan baru aja kita mulai hujan pun perlahan berhenti berganti dengan gerimis romantis. Perjalanan dari lokasi warung tadi menuju air terjun ngga memakan waktu lama sih guys, tapi sepanjang perjalanan kita disuguhi pemandangan yang super cantik.

puthuk panggang welut

Perjalanan menuju Air Terjun Watu Gedhek ini akan disuguhi dengan hutan pinus yang cantik dengan berbagai macam spot foto yang pastinya instagramable. Tanpa spot foto pun menurutku hutan pinus ini udah cukup instagramable lho guys. Eitss, sebelum berjalan menuju air terjun, pahami dulu petanya ya guys. Soalnya selain air terjun, di Kawasan Puthuk Panggang Welut ini juga banyak spot menarik lainnya.

puthuk panggang welutGapura Apache

Kita pun sempat berhenti di beberapa titik yang menurut kita cukup menarik untuk diabadikan. Seperti adanya payung warna warni yang bergantungan dan lingkaran warna warni yang bisa jadi spot foto kece.

puthuk panggang welut

Setelah berjalan sekitar beberapa meter, kita sampe di Watu Pethuk Jodoh. Kalo dalam Bahasa Indonesianya sih Batu Ketemu Jodoh. Untuk masuk kesini, pengunjung dikenakan karcis kejujuran sebesar Rp 2.000. uniknya nih guys, di semua spot (termasuk toilet) semua menggunakan karcis kejujuran. Jadi ngga ada penjaga disana, hanya ada kotak untuk tempat uang.

puthuk panggang welut

Lanjut, setelah dari Watu Pethuk Jodoh ini kita sampe di sebuah area yang cukup luas dimana disini ada beberapa spot menarik. Ada Playground, cafetaria hingga beberapa spot foto yang instagramable. Kalian yang bawa anak ataupun kalian yang suka foto, pastikan untuk berlama-lama berada disini ya.

puthuk panggang welutPlayground

puthuk panggang welut
Spot instagramable diantara hutan pinus

Karena tujuan utama kita ingin melihat Air Terjun Watu Gedhek, kita pun segera turun menuju kesana. Tapi saat hendak turun, seseorang menginfokan kalo air terjunnya airnya lagi kering. Dia pun bilang ngga jauh dari sini masih ada air terjun lagi tapi ukurannya lebih kecil dan rimbun. Karena penasaran akhirnya kita jalan kesana. Udah niat banget juga pengen lihat air terjun. Hahaha..

puthuk panggang welutJalanan menuju air terjun

puthuk panggang welut
Papan nama air terjunnya

Ngga berapa lama, kita pun bisa mendengar suara air terjunnya dan mulai terlihat alirannya. Air terjun ini bernama Coban Curah Watu. Air terjunnya ngga terlalu tinggi, tapi debit airnya lumayan deras. Cukup oke lah menurutku air terjun ini, soalnya emang sepi banget. Jadinya bisa leluasa buat foto-foto. Hahaha..

puthuk panggang welutIni dia air terjunnya

puthuk panggang welut

Puas mengabadikan moment di air terjun ini, gerimis masih turun dan akhirnya kita memutuskan untuk segera kembali pulang sebelum hujan bertambah deras. Maklum guys, sata hujan semakin deras pengunjung dilarang untuk berada dekat dengan air terjun.

puthuk panggang welut

So, kalo kalian pengen short gateway yang ngga jauh-jauh dari Surabaya, berkunjung ke Mojokerto bisa jadi pilihan lho. Kalian bisa dateng ke kawasan Puthuk Panggang Welut ini bersama teman-teman ataupun keluarga kalian. Pemandangan alamnya cantik dan area ini cukup kids friendly untuk kalian kunjungi bersama anak-anak. Yuk, segera agendakan untuk kesini!

Tips and Trick

  • Jaga kebersihan kawasan ini.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Kawasan ini buka setiap hari mulai jam 7 pagi sampai jam 4 sore.
  • Naik kendaraan pribadi untuk kesini.
  • Bawa kamera buat foto-foto.

Gallery (13)

Comments (0)