129 views | 1 Likes

Salju Panas Tinggi Raja Sumatera. Saljunya Panas?

4 star (from 1 people)
Simalungun, Sumatera Utara, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 06 February 2019, 14:26:44
luna
Sightseeing

Meskipun begitu, Salju Panas Tinggi Raja ini juga punya banyak banget peminat. Meskipun harus ngelewatin jalan yang berbatu maupun berlubang, tapi...

How to Get There

Sumatera, pulau yang punya banyak sekali memiliki wisata alam di Indonesia. Karena lagi berkesempatan buat keliling Sumatera lagi, akupun nggak mau ketinggalan momen untuk berwisata dong. Kali ini aku bakal pergi ke tempat yang belum pernah aku kunjungi di Sumatera. Nama lokasinya adalah Salju Panas Tinggi Raja, kurang lebih kayak gitu lah ya sebutannya.

Lokasinya berada di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungin, Sumatera Utara. Kalau dari Medan, pengunjung perlu melakukan perjalanan darat selama kurang lebih 3 jam perjalanan darat. Dari Medan, pengunjung perlu menempuh perjalanan melewati Lubuk Pakam, Dolok Masihul, Galang, dan Bangun Purba.

Perjuangan nggak hanya karena waktu tempuh yang lama, tapi juga karena jalanan yang dilalui. Jalanan dari Medan menuju ke Salju Panas Tinggi Raja ini nggak semuanya mulus dan beraspal. Kalian juga akan melewati jalanan yang berbatu bahkan hanya dari tanah liat. Untuk itu, pastikan kalian untuk selalu berhati-hati ya..

What to Do

Meskipun begitu, Salju Panas Tinggi Raja ini juga punya banyak banget peminat. Meskipun harus ngelewatin jalan yang berbatu maupun berlubang, tapi ngak menyurutkan niat pengunjung untuk dateng ke Salju Panas Tinggi Raja. Waktu itu, kami dateng ke Salju Panas Tinggi Raja ini pas weekday, itu aja udah rame, kalau weekend tentu lebih rame lagi

Yash, ada hal yang cukup unik yang perlu kalian tau selama berwisata ke Salju Panas Tinggi Raja. Selama perjalanan dan melewati jalanan terjal dan berbatu, kalian akan menemui banyak sekali warga yang menarik uang. Menarik uang yang dimaksud adalah dengan alasan sebagai sumbangan sukarela ataupun tiket masuk, yash kalau ini illegal banget sih menurutku, tapi itsoke.

Setibanya di kawasan Salju Panas Tinggi Raja, pengunjung nggak perlu membeli tiket masuk lagi untuk menikmati wisata indah yang satu ini. Pengunjung hanya perlu menitipkan kendaraan atau parkir di tempat yang telah disediakan. Untuk kendaraan roda empat, dibandrol dengan harga Rp 5000,- per kendaraan sedangan untuk roda dua dikenakan biaya parkir Rp 2000,- per kendaraan.

Setelah itu, pengunjung masih harus melakukan trekking menanjak bukit sejauh 200 meter untuk sampai di indahnya Salju Panas Tinggi Raja ini. Yash, cukup menguras tenaga tapi amat sangat tidak mengecewakan guys!

Kenapa sih kok disebut dengan Salju Panas Tinggi Raja? Emang ada ya salju yang panas? Heheh nggak gitu guys. Jadi, kawasan Salju Panas Tinggi Raja ini didominasi dengan tebing atau bebatuan yang berwarna putih, dari situlah muncul kata ‘salju’. Tapi Salju Panas Tinggi Raja ini memiliki bentuk seperti danau dan memiliki genangan air yang berasap ditengahnya. Oleh karena itu, disebutlah Salju Panas Tinggi Raja.

Air yang ada di Salju Panas Tinggi Raja berwarna biru kehijauan. Indah banget deh kalau dilihat mata, apalagi diabadikan dengan camera, keren! Yash, karena lokasinya yang indah dan keren kalau diabadikan camera, tak sedikit fotografer yang datang ke Salju Panas Tinggi Raja ini lho. Banyak juga yang melakukan sesi foto seperti foto prewedding dan masih banyak lagi.

Keberadaan Salju Panas Tinggi Raja ini masih balum banyak yang tau dan belum terekspose banyak di media. Oleh karena itu, ramenya pengunjung Salju Panas Tinggi Raja juga nggak serame lokasi wisata indah yang aku bayangin. Masih asik lah pokoknya, suasana alamnya juga masih dapet banget, jangan lupa main kesini ya kalau ke Sumatera!

Tips and Trick

Jangan mengotori kawasan wisata yang satu ini dan jangan lupa bawa camera guys!wink

 

Youtube -> Dunia Wisata

Gallery (5)

Comments (2)