Taman Kebon Ratu: Berwisata di Sejuknya Kota Jombang

taman kebon ratu jombang

Effida | Explorer
Jombang, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
08 Apr 2020


Taman Kebon Ratu: Berwisata di Sejuknya Kota Jombang
Jombang punya Taman Kebon Ratu yang wajib dikunjungi!

How to Get There

Haloo Jombang. Edisi balik ke kampung halaman, kali ini aku bakal review salah satu wisata taman yang ada di Jombang. Taman Kebon Ratu namanya. Taman Kebon Ratu punya nama lain yakni Taman Keplaksari.

 

Alamatnya ada di daerah Keplaksari, Peterongan, Jombang. Jarak dari pusat Jombang menuju Taman Kebon Ratu ini nggak begitu jauh, kurang lebih hanya 5 menit perjalanan saja. So kalo lagi di Jombang, boleh lo kalian mampir ke Taman Kebon Ratu ini. Cek rutenya pake googlemaps ya!

taman kebon ratu jombang

What to Do

Setibanya di Taman Kebon Ratu, pengunjung harus parkir kendaraan sebelum jalan jalan di taman. Parkirannya cukup luas, jadi buat yang bawa mobil juga nggak perlu khawatir ya. Untuk masuk ke Taman Kebon Ratu ini nggak dipungut biaya, hanya bayar parkir aja Rp 3000,- untuk motor dan Rp 3000,- untuk mobil.

taman kebon ratu jombang

taman kebon ratu jombang

Di Taman Kebon Ratu, pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya spot foto. Emang sih taman yang satu ini terkenal dengan spot foto yang unik dan banyak jumlahnya. Jam jam paling asik untuk berkunjung ke Taman Kebon Ratu adalah pagi dan sore hari.

Dateng ke Taman Kebon Ratu emang paling cocok sama ponakan atau anak kecil, pasti seneng diajak kesini. Biasanya sih kalo aku bawa adek kesini kegiatannya adalah ngasih makan ikan dan ngebiarin dia lari larian di Taman Kebon Ratu ini hihi.

taman kebon ratu jombang

taman kebon ratu jombang

Taman Kebon Ratu memiliki wilayah yang cukup luas, cocok lah buat jalan jalan pagi / sore. Ada tempat main skate board, jogging track, kolam ikan, gazebo, dan hiasan edukasi lain. Taman Kebon Ratu juga biasa digunakan sebagai tempat acara, saking luasnya taman yang satu ini sih.

Kalau weekend, Taman Kebon Ratu tentu makin banyak pengunjungnya daripada hari biasa. Ada yang bermain skateboard, bmx, jogging, hingga ada yang gelar tikar diatas rumput dan makan ala ala piknik gitu. Bisa kalian coba kalo lagi gabut dan penasaran dengan taman yang satu ini!

taman kebon ratu jombang

taman kebon ratu jombang

Yang paling dikenal dari taman ini salahsatunya dengan adanya berbagai patung hewan yang dibuat dari barang bekas. Ada gajah, jerapah yang dibuat dari ban bekas dan alat elektronik bekas. Lucu ya, niat banget bikinnya!

Yang dikenal lagi dari Taman Kebon Ratu adalah adanya helicopter sebagai icon taman ini. Yap, kalo kalian melakukan perjalanan dari Surabaya menuju Jombang, kalian pasti udah nggak asing sama helicopter yang kumaksud. Kalo temenku yang biasa lewat Jombang dari Surabaya ke Madiun sih nyebutnya ‘taman helikopter’ hihi.

taman kebon ratu jombang

ini nih yang disukai sama anak anak, gaboleh dibeli sebenernya gais, tapi adek w nangis gimana dong:(

taman kebon ratu jombang

ini yang kumaksud kolam ikan, dulu ikannya muncul banyak kalo dikasih makan, tapi kemaren enggak

taman kebon ratu jombang

karena gaada ikan dan udah terlanjur beli makanan ikan, akhirnya adekku ngasih ke burung wkwk

Berbagai tanaman dan pohon tumbuh subur disini. Tapi menurutku Taman Kebon Ratu masih bagusan dulu daripada sekarang. Apa karena lagi musim hujan ya? Ikan di kolam udah nggak banyak dan tumbuhan rerumputan udah mulai nggak teratur tumbuhnya. Selain itu, kayu gazebo dan jembatan udah mulai rapuh dan beberapa lepas. Bahaya banget sih. Sepertinya, Taman Kebon Ratu kini butuh perhatian khususnya dari pemerintah Kabupaten Jombang. Semoga review ini kebaca ibu Bupati *ngayal wkwk.

Pilihan asik buat ngajak ponakan jalan nih. Yang lagi ke Jombang, sempetin mampir ke Taman Kebon Ratu yahh!

Tips and Trick
  • Dateng pagi/sore hari
  • Bawa alat dokumentasi
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY