167 views | 2 Likes

Caving Seru Di Gua Petruk Yang Eksotis: Primadona Kebumen Yang Mendunia

5 star (from 2 people)
Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Cave Exploring

Posted on 06 February 2019, 11:15:53
zero
Tourist

Kalo denger nama Gua Petruk kalian pasti teringat sama salah satu tokoh perwayangan. Petruk dikenal memiliki hidung yang panjang dan digambarkan...

How to Get There

Setelah lama ngga traveling, liburan Imlek aku aku putusin buat ambil jatah cuti dan pergi liburan yang udah aku rencanain jauh-jauh hari. Awalnya agak bingung mau pergi kemana, soalnya beberapa bulan lalu abis pulang dari Bali dan mengunjungi Air Terjun Sekumpul disana. Mau pergi ke pantai juga udah sering banget dan pengen aja gitu ngerasain liburan yang beda dan belum pernah aku lakuin. Akhirnya, setelah mikir panjang dan Googling, aku pun mutusin buat caving di Gua Petruk.

Gua Petruk ini berada di Dukuh Madayana, tepatnya di Desa Candirenggo Kecamatan Ayah Kabupaten Kabumen. Lokasinya sekitar 4,5 km dari Jatijajar menuju ke arah selatan.




What to Do

Kalo denger nama Gua Petruk kalian pasti teringat sama salah satu tokoh perwayangan. Petruk dikenal memiliki hidung yang panjang dan digambarkan sebagai anak dari Banaspati yang kemudian diambil oleh Ki Semar. Petruk terkenal sebagai tokoh yang punya banyak akal. Sebenernya, gua ini udah cukup dikenal oleh masyarakat luas, namun banyak dari mereka yang ngga mau berwisata ke tempat ini, padahal dalamnya gua ini keren banget.

Gua emang identik dengan kegelapan karena emang ngga ada sinar atau cahaya didalamnya, jadi kesannya menakutkan. Tapi biasanya kalo gua itu dijadikan sebagai tempat wisata ada fasilitas cahaya lampu, tapi ngga bikin gue ini terang benderang juga guys. Jadi aku kemaren tetep butuh senter untuk berjalan menyusuri gua ini dan pastinya aku juga putuh pemandu karena ngga mungkin aku explore gua ini cuma berdua bareng temenku yang ngga tahu seluk beluk gua ini.

Gua ini punya tiga bagian yang punya pesonanya maisng-masing. Bagian pertama ada di lantai satu dimana kalian bakal melihat banyak kelelawar yang berterbangan. Yang ngga aku suka dari bagian ini adalah baunya yang ngga enak banget. Bau ini katanya sih berasal dari kotoran kelelawar.

Bagian kedua dari gua ini ada di lantai dua dan sering disebut sebagai Gua Semar. Di bagian ini keren banget, soalnya kalian bisa melihat keindahan dalam gua yang berupa stalaktit dan stalagmit yang sangat memesona.


Terakhir di bagian ketiga, bagian inilah yang disebut sebagai Gua Petruk soalnya nih guys ada bebatuan panjang yang bentuknya mirip hidung petruk. Sayangnya, bebatuan tersebut udah ngga ada guys.

Biasanya, wisatawan yang datang kesini cuma berhenti sampe di bagian satu aja soalnya udah ngga tahan sama bau kotoran kelelawar yang menyengat, padahal pada bagian kedua dan ketiga dari gua ini punya keindahan yang luar biasa. Jadi, kalo kesini kalian jangan berhenti di bagian pertama aja ya. Jangan mau kalah sama wisatawan asing yang menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata favorit mereka.

Keindahan gua ini ngga cuma di bagian dalamnya aja lho guys soalnya bentuk dari gua ini terlihat unik dan menarik, apalagi dalam guanya yang menawarkan keindahan bebatuan stalaktit dan stalagmitnya. So, jangan ragu buat explore ya guys!

Video by NET. BIRO JAWA TENGAH

Tips and Trick

Sebelum kalian melakukan caving ke gua ini, aku ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan:

  • Harga tiket masuk yang dikenakan Rp 7.500 (dewasa) dan Rp 4.000 (anak-anak dibawah 5 tahun).
  • Untuk menyusuri gua, kalian bisa datang mulai jam 08.00 - 18.00.
  • Pakai masker agar bau menyengatnya ngga terlalu tercium.
  • Pakai alas kaki yang ngga licin (boot / sandal gunung).
  • Bawa senter dan kipas.
  • Bawa kamera dan carilah spot foto yang terang.
  • Bawa air mineral.
  • Lanjutkan perjalanan sampe bagian ketiga.
  • Jangan rusak bebatuan disini.
  • Jangan corat coret gua ini.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (7)

Comments (2)