91 views | 0 Likes

Pantai Parangtritis: Pantai Yang Wajib Dikunjungi Saat ke Yogyakarta

0 star (from 0 people)
Bantul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 04 March 2020, 16:00:00
Effida
Traveler

Sering ke Yoyakarta, tapi baru kali ini mampir ke Pantai Parangtritis..

How to Get There

Siapa sih yang nggak tahu pantai yang satu ini? Kalo denger namanya saja, kalian pasti udah paham kalau Pantai Parangtritis berada di Yogyakarta. Yap, pantai ini memang bisa dibilang pantai paling legend di Yogyakarta. Jadi sekalian mampir deh pas ke Jogja kemarin, untuk pertama kalinya juga mengunjungi pantai yang satu ini.

Pantai Parangtritis beralamat di daerah Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju ke Pantai Parangtritis, pengunjung bisa menggunakan kendaraan apa saja baik motor, mobil, hingga bus. Jalanan menuju ke Pantai Parangtritis sangat mudah dilewati, beda dengan kebanyakan pantai yang memiliki jalanan menanjak dan berkelok.

What to Do

Setibanya di kawasan pantai, pengunjung harus membeli tiket masuk. Untuk masuk ke Pantai Parangtritis, pengunjung dikenakan biaya Rp 10.000,- per orang. Satu tiket yang udah dibeli tadi bisa digunakan untuk akses masuk ke banyak pantai juga lho. Pantai Depok, Pantai Pelangi, Gumuk Pasir, Pantai Parangkusumo, dan masih banyak lagi. Biaya yang diperlukan selain tiket masuk adalah biaya parkir. Rp 10.000,- untuk 1 mobilnya.

Kami tiba di Pantai Parangtritis sekitar pukul 5 pagi. Tapiiii, udah full banget ini pantai wkwk. Oh iya, Pantai Parangtritis ini punya banyak sekali pintu masuk, pastikan kalian masuk di pintu yang benar kalau nggak mau jalan jauh dari parkiran hihi.

pantai parangtritis jogja

pantai parangtritis jogja

pantai parangtritis jogja

Pagi pagi menikmati keindahan Pantai Parangtritis emang paling pas deh. Pengunjung bisa melakukan banyak hal disini: berkuda, naik delman, naik mobil jeep, dan masih banyak lagi. Pantai Parangtritis juga menyediakan 2 kolam renang buat kalian yang pengen berenang. Berenang di pantainya boleh juga sih, tapi harus tetep waspada karena ombaknya yang cukup besar.

pantai parangtritis jogja

Naik mobil jeep di Pantai Parangtritis juga menjadi hal yang sangat mengasyikkan. Pengunjung akan dibawa berkeliling kawasan Pantai Parangtritis – Parangkusumo. Sesekali, pak sopir juga menawarkan diri menjadi fotografer untuk mengabadikan momen kalian di atas mobil jeep. Seru ya! Atau kalau nggak mau naik mobil jeep, menikmati luasnya Pantai Parangtritis juga udah cukup mengasyikkan kok!

pantai parangtritis jogja

pantai parangtritis jogja

Pantai Parangtritis juga menyediakan payung dan tikar bagi kalian yang ingin beristirahat. Sengaja nggak nyoba fasilitas yang satu ini karena terlalu rame pas liburan kemaren, jadi nggak bisa santuy di pantai ini dan harus lanjut ke tujuan wisata berikutnya. Meskipun rame, kami masih sempet nyari spot buat foto dan mengabadikan momen hihi. Karena kurang afdol rasanya kalau ke Pantai Parangtritis dan nggak berfoto.

Oh iya, sebelum berkunjung ke Pantai Parangtritis, pastikan kalian bawa baju ganti ya. Kami yang niatnya nggak basah basahan akhirnya basah juga karena kena ombak yang gede banget. Jadi nempel semua deh pasir dan basah basahan sekalian wkwk.

pantai parangtritis jogja

Sepulang dari Pantai Parangtritis, pengunjung bisa sekalian beli oleh oleh di deket parkiran ya. Baju, topi, sandal, tas, hingga makanan bisa kalian dapetin di toko oleh oleh ini. Ets, jangan lupa nawar hihi. Oleh oleh di Pantai ini juga ada yang antri mainstream lo, salahsatunya adalah Undur Undur Goreng. Kebayang ga tuh gimana rasanya?

Tips and Trick

  • Kalau ingin menikmati suasana pantai yang sepi, jangan dateng saat liburan
  • Bawa alat dokumentasi & baju ganti
  • Pake sunblock kalau dateng siang hari
  • Siapkan budget lebih untuk berburu oleh oleh ya!
  • Selalu waspada sama ombak Pantai Parangtritis ya. Jangan lupa selalu perhatikan anak anak...

Where to Stay

Villa RM House

Gallery (7)

Comments (0)