124 views | 0 Likes

Mengintip Candi Bajang Ratu yang Menjadi Wisata Ikonik Mojokerto

0 star (from 0 people)
Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 10 January 2020, 16:09:06
gizeline
Traveler

Tak hanya ada Vihara Buddha Tidur dan Museum Majapahit, di Mojokerto juga kalian bisa melihat candi-candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang megah. Salah satunya adalah Candi Bajang Ratu ini..

How to Get There

Puas berwisata sejarah di Museum Majapahit, perjalananku berlanjut menuju ke salah satu wisata ikonik di Mojokerto. Udah bukan rahasia lagi kalo Mojokerto punya banyak sekali peninggalan bekas kejayaan Kerajaan Majapahit, bahkan kota ini disebut-sebut sebagai pusat kerjaan ini. Salah satu buktinya adalah adanya keberadaan Candi Bajang Ratu yang kemarin sempat aku kunjungi bersama salah seorang teman.

Candi Bajang Ratu berada tak jauh dari Museum Majapahit, tepatnya di Dukuh Kraton, Desa Temon, Trowulan, Mojokerto. Karena lokasinya agak masuk ke dalam dan jarang dilewati oleh kendaraan umum, kalian bisa naik kendaraan pribadi untuk menuju kesini.

What to Do

Candi Bajang Ratu dikenal sebagai salah satu candi di Mojokerto yang masih menyimpan misteri. Katanya sih, hingga saat ini masih banyak hal yang belum diketahui secara pasti mengenai tahun pembuatannya, siapa raja yang memerintahkan pembangunannya, fungsi pembangunannya hingga hal lainnya. Bajang Ratu sendiri dalam bahasa Jawa memiliki arti Raja Cilik.

Candi Bajang Ratu Trowulan Mojokerto

Candi ini memiliki ukuran 11,5 x 10,5 meter dengan ketinggian hingga 16,5 meter dan lebar pintu 1,4 meter. Konon, candi ini diberi nama Candi Bajang Ratu karena dibangun untuk menghormati Raja Jayanegara yang merupakan raja kedua Majapahit dan umurnya masih sangat muda saat dinobatkan menjadi raja.

Candi Bajang Ratu Trowulan Mojokerto

Candi Bajang Ratu ini berdiri kokoh ditengah taman hijau yang asri. Jika diamati dari dekat, candi ini terlihat dibangun dengan menggunakan bata merah dan pada lantai tangganya terbuat dari batu andesit. Candi ini berbentuk menyerupai gapura dan menghadap kedua arah yaitu Timur dan barat. Gapura candi ini memiliki sayap di sisi kanan dan kirinya dimana masing-masing sisi mengapit anak tangga dan terdapat hiasan singa dan binatang bertelinga panjang.

Candi Bajang Ratu Trowulan MojokertoCandi ini berada di tengah taman yang asri

Pada dinding kaki candi terdapat relief Sri Tanjung, sementara di kiri dan kanan dinding bagian depan terdapat relief Ramayana. Pintu candi dihiasi dengan relief kepala kala yang terletak diatas ambangnya. Di bagian dalam candinya membentuk sebuah lorong yang membujur dari barat ke timur. Anak tangganya dan lantai lorong terbuat dari batu yang disusun membujur kearah utara dan selatan, bentuknya seperti ruang yang menyempit di bagian atas. 

Candi Bajang Ratu Trowulan Mojokerto

Sementara di bagian atap candinya berbentuk seperti gunung mirip limas bersusun dengan puncak berbentuk persegi. Di setiap sisinya dilapisi dengan ukiran pola limas terbalik dan pola tanaman.

Candi Bajang Ratu Trowulan Mojokerto

Untuk mengelilingi Candi Bajang Ratu ini ngga butuh waktu lama kok guys. Kalian juga bisa bersantai di sekitar taman sambil berfoto-foto. Candi Bajang Ratu ini cukup cantik lho jika digunakan sebagai background foto. Di taman bagian belakang candi ini juga cukup luas dan saat aku berkunjung kesana kemaren lapangannya digunakan untuk kegiatan pramuka. Seru banget deh bisa belajar sejarah sambil berwisata disini.

Candi Bajang Ratu Trowulan MojokertoTaman hijau di sekitar Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu Trowulan Mojokerto
Gazebo untuk bersantai

So guys, buat kalian yang pengen berwisata ke candi tapi males jauh-jauh ke Jawa Tengah, dateng aja ke Candi Bajang Ratu di Mojokerto ini. Yuk segera agendakan perjalananmu kesini!

Candi Bajang Ratu Trowulan Mojokerto

Video by Gotravelly

Tips and Trick

  • Harga tiket masuk Candi Bajang Ratu ini Rp 3.000 per orang.
  • Jam operasional candi ini setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore.
  • Jangan lupa bawa kamera. 
  • Jaga kebersihan tempat wisata ini.

Gallery (8)

Comments (0)