184 views | 1 Likes

Menyusuri Hutan Mangrove di Ekowisata Mangrove Wonorejo

3 star (from 1 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 04 February 2019, 11:33:29
Effida
Tourist

  Setelah melewati perjalanan yang cukup macet dan memakan waktu, kamipun tiba di lokasi Ekowisata Mangrove Wonorejo. Langsung aja deh cari...

How to Get There

Btw, keluarga lagi ada di Surabaya. Ceritanya lagi main ke kosan yang ada di Surabaya gitu. Berhubung seharian hujan dan ga sempet kemana-mana, akhirnya kami memutuskan buat main keesokan harinya. Karena kebetulan kosku cuma deket sama Ekowisata Mangrove Wonorejo, jadi kami memutuskan buat rekreasi tipis-tipis disitu deh.

Pagi pagi banget nih setelah sarapan di kosan, kami langsung otw ke Ekowisata Mangrove Wonorejo. Yak, berbekal googlemaps karena meskipun aku tinggal di Wonorejo, tapi aku belum tau letak persis dari Ekowisata Mangrove Wonorejo ini.

Dari kosanku, kami hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan. Yang jelas, kalau dari STIKOM Surabaya, kalian hanya perlu ke arah timur perempatan. Melewati jalan kecil itu lurusss aja, nanti di jalan, pengunjung akan dengan mudah menemui papan penunjuk jalan untuk menuju ke Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Jalanan yang dilalui awalnya cukup mudah, tapi semakin dekat dengan lokasi, jalanan akan makin sempit. Btw, kan lokasi Ekowisata Mangrove Wonorejo merupakan wisata yang cukup terkenal di Surabaya, jadi cukup rame dengan bis bis gitu. Dan kalian kebayang ngga sih kalau bisnya ngelewatin jalan sempit? Yak, macet!

Tonton ini dulu nih kalau pensaran :

Youtube : Jelajah Jawa Timur

What to Do

 

Setelah melewati perjalanan yang cukup macet dan memakan waktu, kamipun tiba di lokasi Ekowisata Mangrove Wonorejo. Langsung aja deh cari parkiran. Biaya parkir di Ekowisata Mangrove Wonorejo ini hanya dikenakan Rp 10.000,- untuk mobil dan Rp 2000,- untuk motor. Untungnya lokasi parkir di Ekowisata Mangrove Wonorejo cukup luas jadi ngga perlu susah cari parkir deh.

Untuk masuk ke kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo, pengunjung nggak perlu bayar biaya masuk alias GRATIS lho. Wih, wisata keren gini gratis juga ternyata masuknya. Pertama masuk, kalian akan disambut dengan kebun tanaman gitu. Ada labu, cabe, tomat, dan masih banyak lagi tanaman yang dibudidayakan di Ekowisata Mangrove Wonorejo ini.

Selanjutnya kami memutuskan buat berjalan di jembatan kayu yang dibuat diatas banyaknya pohon mangrove nih. Jalanan kayu inilah yang cukup terkenal di sosial media. Selain pengelolaannya yang keren, kini jalanan ini dibuat makin kekinian dengan adanya spot foto di beberapa titik. Dari jembatan itu, masih gratis alias ngga bayar ya.

Beberapa meter kemudian, kalian akan menemukan gubug yang menawarkan jasa foto langsung jadi gitu. Tapi karena rame banget, kami jadi males deh, nanti foto juga ngga estetik wkwk. Jadi kami cuma melakukan foto beberapa kali aja, itupun cuma pake camera handphone.

Setelah melewati jembatan kayu yang keren dan cukup panjang, jalanan akan berganti tanah. Nah, disitulah kalian bisa menemukan banyak sekali toko. Mulai dari toko oleh oleh, warung makan, hingga jajanan seperti sempol, cilok, telur gulung, bisa kalian temui disini. Ada yang unik juga, kalau kalian beruntung, kalian akan menemukan penjual sirup mangrove. Wah baru tau nih aku kalau mangrove bisa jadi sirup, cobain deh kalau kesini!

- dermaga mangrove -

Selanjutnya kalian akan menemui loket nah loket itulah dimana kita bisa menyusuri hutan mangrove dengan menggunakan perahu. Untuk main perahu dengan jarak 5 kilometer, pengunjung diharuskan beli tiket dulu nih. Untuk norang dewasa, tiketnya 25.000,- dan untuk anak anak 15.000,-. Tapi kami sengaja buat nggak ikut naik perahu karena waktunya yang sangat mepet, ditambah lagi dengan panasnya Surabaya yang sangat menyengat, panas parahh. Yaudah deh alhasil cuma duduk duduk di dermaga mangrove sambil ngeliatin perahu wkwk. Selanjutnya, kami memutuskan untuk pulang dan lanjut ke trip selanjutnyaa!

Kalau pengen wisata murah tapi seru, Ekowisata Mangrove Wonorejo bisa jadi solusi nih!

 

Tips and Trick

Jangan dateng siang, panas banget wkwk. 

Gallery (6)

Comments (2)