164 views | 1 Likes

Mengukir Kenangan Manis di Wisata Sumber Manis

4 star (from 2 people)
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 01 February 2019, 11:14:59
meliana
Tourist

Setibanya disana, pengunjung yang datang wajib bayar tiket masuk sebesar Rp 5000 aja untuk roda empat dan Rp 3000 untuk roda dua. Harga yang...

How to Get There

Mudik ke Banyuwangi lagi nih. Kebetulan ada salah satu sodaraku yang nikah dan gue pun pulang. Mumpung pulang, gue pun pastinya sempetin buat jalan-jalan eksplore wisata di Banyuwangi. Terakhir gue jalan-jalan ke Pantai Syariah dan cicipi kuliner Pecel Pitik. Nah, biar ngga main ke pantai terus akhirnya gue diajakin sama kakak gue buat pegi ke Sumber Manis Suko Banyuwangi.

Wisata Sumber Manis sering juga disebut sebagai Hutan Pinus Suko. Lokasinya ada di Lingkungan Suko, Desa Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Untuk menuju kesini, gue naik mobil bareng kakak gue karena emang ngga ada transportasi umum untuk menuju kesini. Kecuali kalian sewa transportasi umum tersebut kalian bakal dianter ke hutan pinus ini. 

Rutenya dari kota Banyuwangi menuju ke Jalan Brawijaya - Jalan Gajah Mada - Jalan Raden Wijaya lewat rel kereta api dan tiba di perempatan Kalipuro lurus terus ke jalan Joyoboyo sampe ketemu tugu perempatan Desa Gombengsari, belok kanan dan ikuti tugu tengah jalan dan belok kiri. Lurus terus sampai mentok di hutan Sumber Manis. Selama perjalanan menuju kesini, pemandangannya cukup memanjakan mata karena gue bisa lihat sawah, perkebunan dan masyarakat sekitar yang tengah beraktivitas.

What to Do

Setibanya disana, pengunjung yang datang wajib bayar tiket masuk sebesar Rp 5000 aja untuk roda empat dan Rp 3000 untuk roda dua. Harga yang terbilang terjangkau buat semua kalangan. Kebetulan pas gue kesana kemaren pas weekday jadi kondisinya ngga terlalu rame. Jadi gue bisa puas berfoto-foto disini donk. Hehehe..

Kebetulan gue sampe sananya sore jadi ngga terlalu panas dan hawanya sejuk, apalagi pas cuacanya kemaren cerah banget. Banyak pepohonan hijau yang tumbuh disini seperti pohon pinus dan pohon mahoni dengan tumbuhan merambatnya. Wisata Sumber Manis ini adalah salah satu wisata yang lumayan baru dan dikelola oleh masyarakat sekitar. Meksipun begitu, fasilitas yang ditawarkan udah lumayan lengkap lho guys. 

Fasilitas yang bisa kalian nikmati disini antara lain toilet, rumah Joglo, tempat duduk dan kegiatan outbound seperti flying fox dan ATV yang bisa kalian sewa dengan harga mulai dari Rp 10.000 sampe Rp 25.000. Tapi yang paling menarik perhatian gue adalah adanya warung sederhana yang dilengkapi dengan kursi serta meja kayu sebagai fasilitasnya. Adem banget tempatnya, cocok buat ngopi santai sore-sore. Kalian wajib nih disini nyobain kopi khas Banyuwangi yaitu Kopi Lanang yang terkenal enak.

Di Wisata Sumber Manis ini kalian bakal disuguhkan dengan pemandangan hutan yang sangat indah. Apalagi pas gue kemaren datengnya sore-sore jadi ada kabut tipis yang mulai turun. Udaranya juga sejuk jadi suasananya kayak di film-film gitu. Gue sih keingetnya mirip sama di film Twilight gitu, pas ada vampir ganteng muncul. Hahaha...

By the way, hutan ini juga cocok banget buat camping lho guys atau kalo kalian yang suka berpetualang, tempat ini juga cocok banget. Apalagi kalo kalian yang suka foto-foto, disini banyak banget spot keren buat foto-foto seperti taman yang indah dengan rumput yang hijau juga bunga-bunga berwarna-warni. Selain itu disini juga ada rumah pohon yang sayang banget kalo dilewatkan.

Overall, menurut gue tempat ini recommended banget buat kalian kunjungi kalo lagi main ke Banyuwangi. Soalnya cocok banget buat liburan bareng keluarga, teman ataupun pacar karena selain berpetualang, kalian juga bisa bermain dan menikmati sejuknya alam disini.

So guys, gimana? Tertarik buat main kesini kan? Selain ke pantai, jangan lupa main ke Sumber Manis di Banyuwangi ya guys.

Video by Joe Candra P

Tips and Trick

  • Wisata ini buka setiap hari mulai jam 06.00 - 21.00.
  • Gue saranin buat bawa kendaraan pribadi kesini atau sewa di pusat kota Banyuwangi.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Kalo bisa datengnya pas sore hari biar ngga terlalu panas.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.

Gallery (6)

Comments (1)