168 views | 0 Likes

Menikmati Keindahan Aceh Dari Puncak Geurutee

5 star (from 1 people)
Aceh Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 30 January 2019, 11:08:19

Puncak Geurutee berhadapan langusng dengan Samudera Hindia jadi, wisatawan bisa alangsung melihat pemandangan hamparan laut yang luas membiru juga...

How to Get There

Kalo main ke Aceh, selain mengunjungi Museum Tsunami yang fenomenal atau Pantai Lhok Mee yang menawan, kalian juga bisa pergi ke gunung lho. Memang sih, Aceh itu terkenal banget dengan pantainya yang cantik, sebut saja Pantai Iboih dan Pantai Lampuuk. Ternyata ada juga lho wisata pegunungan yang ngga kalah cantik, yaitu Puncak Geurutee. Liburan akhir tahun lalu, aku jalan-jalan kesana nih bareng sama temen-temen kampus aku dan ini merupakan pengalaman pertama aku datang ke puncak ini.

Puncak Geurutee berada di perbatasan antara Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Besar dan untuk menuju kesana butuh waktu sekitar 1,5 jam dari Kota Banda Aceh yang merupakan ibukota Provinsi Aceh. Puncak Gunung Geurutee ini merupakan perlintasan jalan nasional jadi ngga susah buat nemuin objek wisata ini. Akses jalannya juga gampang dan sering dilewati oleh pengendara. Meskipun jalannya udah beraspal, tapi jalannya lumayan berliku dan tikungannya curam. Apalagi kalo pas lagi musim hujan, jalannya bisa licin dan rawan longsor.



What to Do

Puncak Geurutee berhadapan langusng dengan Samudera Hindia jadi, wisatawan bisa alangsung melihat pemandangan hamparan laut yang luas membiru juga gugusan pulau-pulau kecil kehijauan yang tampak dari kejauhan. Selain itu, kalian juga bisa melihat barisan pantai dengan pasir putih yang mengelilingi pulau-pulau tersebut.


Seperti yang aku bilang sebelumnya kalo puncak ini dilalui oleh jalan nasional, jadi banyak banget pengendara yang lewat sini untuk menyempatkan berhenti sejenak dan menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh puncak ini. Ngga heran kalo disini banyak banget dijumpai warung-warung hingga cafe yang menawarkan berbagai makanan dan minuman dengan harga yang cukup terjangkau.

Warung dan cafe yang ada disini pun telah di desain sedemikian rupa jadi pengunjung yang datang bisa menikmati sajian sambil menghadap ke hamparan laut, pulau-pulau dan pantai yang ada disekitarnya. Pengunjung pun bisa menikmati angin yang berhembus dari lautan sambil menikmati secangkir kopi Aceh yang nikmat. Selain itu, berbagai kuliner khas Aceh juga bisa kalian nikmati disini, seperti seafood dan mie yang jadi favorit pengunjung.


Istimewanya lagi nih guys, kalo lagi musim durian seperti sekarang, kalian bisa menemukan penjual durian di sisi kiri dan kanan jalan. Soalnya kawasan Gunung Geurutee ini memang terdapat perkebunan durian jadi kalo musim panen banyak durian yang dijajakan dengan harga murah. Kalo kalian penggila durian, wajib banget nih cobain durian khas Aceh yang legit ini.

Menariknya nih guys kalo kalian pas lagi nongkrong di warung atau cafe disini, kalian bakal menjumpai monyet-monyet bergelantungan menunggu diberi makan oleh wisatawan. Kehadiran monyet-monyet ini menjadi fenomena yang menarik dan biasanya sih dinanti oleh wisatawan. Tapi, kalian ngga perlu khawatir ya guys, meskipun monyet-monyet ini hidup liar di hutan, tapi mereka juga udah terbiasa berinteraksi dengan manusia setiap harinya. Tapi tetep, buat jaga-jaga barang berharga kalian.



Saat sore hari, ketika cuaca lagi cerah, kalian wajib banget menikmati matahari terbenam atau sunset disini. Pemandangannya keren banget, seolah matahari akan ditelan oleh samudera dan menciptakan gradasi warna langit yang keren banget. Suasana yang romantis banget nih kalo kalian kesininya bawa pasangan, sayangnya aku kemaren kesininya bareng temen-temen jadi ngga bisa romantis-romantisan. Ahahaha..




Tips and Trick

Nah, buat kalian yang pengen jalan-jalan kesini juga, aku ada beberapa tips nih:

  • Cek kondisi kendaraan kamu saat akan berangkat ke puncak ini.
  • Harus ekstra hati-hati karena jalannya berliku dan ekstrim.
  • Saat hujan, jangan terlalu memaksa untuk sampai ke puncak karena rawan longsor.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jaga selalu barang-barang berharga kalian.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Ajak pasangan kalian kalo punya.

Video by WeLike ThisVideo

Gallery (9)

Comments (2)