142 views | 2 Likes

Menikmati Sisi Lain Monas dari Bronto SkyLift Monas, Seru Abis!

4 star (from 2 people)
Jakarta Pusat, Dki Jakarta, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 29 January 2019, 11:05:47
Leah
Sightseeing

Setelah sampai di Monas, ternyata kawasan ini lumayan rame kalo lagi weekend. Ada banyak juga fasilitas wisatanya, aku baru tau aja karena emang udah...

How to Get There

Suntuk dengan rutinitas yang gitu-gitu aja di ibukota emang bikin pusing ya guys. Terakhir aku jalan-jalan ke Sumedang buat mengunjungi salah satu danau tercantik disana, yaitu Situ Cilembang. Setelah itu udah lama banget ngga jalan-jalan sampe akhirnya weekend lalu aku mutusin buat jalan-jalan di sekitaran Jakarta. Salah satu temen kantor rekomendasiin buat pergi ke Monas dan menikmati salah satu wahana seru disana yaitu Bronto Skylift.

Awalnya aku agak bingung sama wahana ini dan sedikit penasaran tentunya, temen aku bilang kalo itu adalah cara baru untuk menikmati Monas dari ketinggian. Masa iya sih? Karena penasaran, aku pun dengan agak sedikit maksa minta ditemenin buat kesana pada hari Sabtu Pagi, sekalian lari pagi gitu. 

Dan berangkatlah aku ke Monas yang ada di Gambir, Jakarta Pusat. Untuk menuju Monas, ada banyak transportasi yang bisa kalian pilih. Kalian bisa naik TransJakarta ataupun naik taksi online.




What to Do

Setelah sampai di Monas, ternyata kawasan ini lumayan rame kalo lagi weekend. Ada banyak juga fasilitas wisatanya, aku baru tau aja karena emang udah lama ngga main ke Monas. Fasilitas wisata yang bisa dinikmati secara gratis ini antara lain sepeda dan panggung senja yang bisa digunakan untuk pertunjukan. Lalu yang paling pengen aku cobain adalah Bronto Skyliftnya yang katanya seru ini.

Ternyata nih guys, Bronto Skylift Monas ini bukanlah wahana buatan melainkan mobil pemadam kebakaran jenis tangga yang difungsikan untuk wisata. Kalo secara fungsinya sih mobil pemadam kebakaran atau Damkar jenis tangga ini disebut Snorkle atau Turntable Tender yang punya ukuran paling besar dan juga dilengkapi dengan tangga yang bisa naik turun. Gunakanya untuk menjangkau tempat tinggi seperti bangunan bertingkat. Karena mobil ini terparkir di kawasan Monas, maka dijadikanlah wahana wisata yang unik oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Untuk menaiki wahana ini, pengunjung wajib didampingi oleh petugas Damkar dan sebelumnya harus memakai alat pengaman yang dikaitkan dengan gondola. Gondola ini mampu menahan beban hingga 500 kg, tapi untuk alasan keamanan hanya diperbolehkan maksimal 4 orang aja yang bisa naik. Jadi ada 1 petugas, aku, temenku dan seorang pengunjung Monas lainnya.

Perlahan, tangga mulai bergerak keatas dan ngga terasa kita udah mencapai ketinggian lebih dari 30 meter dari permukaan tanah. Permukaan tanah terlihat semakin jauh dan Monas terlihat semakin dekat. Dari ketinggian ini, angin terasa berhembus lebih kencang. Wajar sih, soalnya ngga ada halangan gedung di sisinya. Sebenernya, mobil ini punya ketinggian mencapai 90 meter dari permukaan tanah, tapi sekali lagi dengan alasan keamanan, mesin ngga dioperasikan setinggi itu. Mungkin maksimal sekitar 80 meteran dan lihat kondisi angin saat itu juga.

Setelah tangga mulai berhenti di ketinggian yang udah ditentukan tadi, ngga lupa kita langsung foto-foto donk. Kapan lagi bisa lihat Monas dari ketinggian begini. Momen langka nih. Beneran juga kata temen aku, beda banget rasanya menikmati Monas dengan cara yang begini.

Ngga berapa lama, tangga pun mulai diturunkan lagi dan kami pun turun untuk melepas alat pengaman yang terpasang tadi. Banyak juga warga yang antri buat nyobain wahana seru ini. Nah, buat kalian yang pengen cobain juga, wahana ini bisa dinikmati saat weekend Sabtu dan Minggu mulai jam 10.00 - 12.00 dan jam 15.00 - 17.00.

Video by Yuk, Cube Online

Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Buat kalian yang takut ketinggian, aku ngga saranin buat naik ini.
  • Gunakan pengaman dengan benar.

Gallery (6)

Comments (2)