157 views | 2 Likes

Kedung Darmo Surga Tersembunyi Di Malang Selatan

4 star (from 1 people)
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 27 January 2019, 20:30:54

Keindahan alam indonesia ini memang tak dapat di ragukan lagi ni guys. salah satunya yang berada di malang selatan tepatnya di Bantur yaitu air terjun Kedung Darmo.

How to Get There

Air terjun kedung Darmo ini terletak di Desa Srigonco kecamatan  Bantur kabupaten malang. Air terjun  kedung Darmo ini adalah sebuah aliran sungai yang memiliki beberapa tingkatan air terjun yang sangat mempesona . Dalam bahasa jawa Kedung berarti sebuah kolam yang memiliki kedalam yang sangat dalam. Konon kabarnya nama kedung Darmo di ambil dari nama penduduk lokal yang memiliki sawah yang pengairannya memanfaatkan dari kedung tersebut. Memang disini terdapat banyak titik sumber mata air yang sangat melimpah , hal ini memang telihat dari banyaknya pipa besar di tepian sungai yang menyalurkan ke pemukiman warga setempat.


Lalu bagaimana cara untuk menuju ke air terjun kedung Darmo ???

 

Dari pusat kota malang berjarak 50 km dan dapat di tempuh dengan kendaraan roda dua atau empat selama 1.5 jam dengan kondisi jalan yang tergolong bagus hingga sampai di are parkir kedung darmo. Dari pusat kota malang arahkan kendaraan anda ke kecamatan Bantur melalui Gadang – Krebet – Gondang legi – Wonokerto – pasar Bantur . Nah setelah melewati pasar bantur anda tingga lurus sedikit hingga sampai di SMPN 1 Bantur nah lurus sedikit lagi anda akan menemukan pertigaan pertama dan terdapat papan petunjuk arah ke wonorejo, Nah di pertigaan ini kita belok kiri melewati GKJW wonorejo (Gereja) lalu anda tinggal lurus saja mengikuti jalan aspal satu-satunya itu hingga sampai di Dusun Baran lurus saja hingga jalan aspal habis.Satu lagi ni guys Solusi jika anda berkunjung ke suatu tempat yang minim akan petunjuk adalah bertanya pada warga sekitar , jangan segan bertanya pada warga karena meraka dengan senang hati akan selalu membantu anda ni guys untuk menunjukkan arah ke kedung darmo.Nah jika sudah memasuki area parkir kedung Darmo dan memarkirkan kendaraan anda akan di kenakan restribusi parkir sebesar Rp. 3000/motor ni guys dan tidak ada retribusi tiket masuk , wowww...... memang masih gratis ni guys untuk berkunjung kesini.

What to Do

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan disini ???

Setekah memarkirkan kendaraan dari area parkir , terdapat View point dimana kita bisa melihat keindahan serta kemegahan air terjun kedung darmo dari atas sini guys. Namun saat berada disini kita harus waspada ni guys karena ingat view point ini berada di tepi jurang yang sangat dalam , namun kini sudah ada batas pengamannya jadi anda jangan sampai melewati batas tersebut demi keamanan kita semua ni guys. Dari atas sini hal yang bisa kita lakukan adalah mengabadikan moment dengan kamera andalan kalian ni guys. karena viewnya akan membuat anda terpukau dimana air terjun yang memiliki warna air yang ssangt eksotis dan bertingkat banyak dari kedua aliran sungai yang ada disini.

Puas menikmati dari View point kini saatnya kita menuju kebawah melalui jalur track setapak di bawah area parkir ni guys. Hanya butuh 10 menit untuk sampai di aliran sungai pertama ni guys dengan jalur yang lumayan menurun tapi sudah ada tangga serta pegangannya ni guys jadi aman saat kita menuju ke bawah. Nah setelah sampai di bawah kita akan di suguhkan oleh view air terjun dari aliran sungai 1 yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan kolam alami di bawahnya yang sangat luas akan membuat anda terpesona disini. lelah setelah tracking turun akan terbayar dengan segar serta nyamannya hembusan air disini. Airnya berwarna hijau namun agak keruh namun sangat segar untuk di nikmati. Pastinya ni guys mengabadikan moment disini adalah hal wajib karena setiap tingkatan air terjun di aliran sungai ini memiliki keindahan serta keunikan yang berbedea ni guys. mulai dari ketinggian , kolam di bawahnya serta bebatuan kapur yang sangat eksotis.


Nah setelah puas menikmati di aliran sungai pertama kita melanjutkan tracking lagi ke aliran sungai ke dua  yang jaraknya sangat dekat hanya butuh 5 menit untuk sampai disana. Jalurnya ada yang melewati tepian jurang namun sudah ada pegangannya jadi anda harus tetap waspada ni guys. Nah setelah sampai di tepi sungai ke dua kita akan di sambut oleh kolam alami yang sangat luas berwarna hijau tosca dengan aliran air terjun yang sangat pendek serta megahnya bebatuan kapur yang menghiasi tempat ini. Di aliran sungai kedua ini terdapat 4 ailiran air terjun  yang memiliki keindahan serta keunikan yang sangat berbeda ni guys. Pastinya semua akan membuat kita terpesona akan keindahan yang disuguhkan disini guys. saking jernihnya disini kita akan bisa melihat ikan air tawar yang berlalu – lalang di sekitar kolam alami ini guys. Namun ingat guys karena ini kedung jadi pastinya kolam alami ini sangatlah dalam mulai dari 1 meter hingga kabarnya ada yang sampai 10 meter ni guys. wowww jadi sangat tidak recomended banget ni guys bagi kalian yang tidak bisa berenang untuk mencoba bermain air terlalu ke tengah ni guys. Hal ini terlihat dari warna airnya ni guys yang berwarna hijau kebiruan. Dan ingat juga ni guys meskipun anda mahir berenang anda juga harus selalu waspada saat berenang di kolam alami ini guys. Hal wajib yang bisa kita lakukan disini adalah pastinya berenang ataupun bermain air di sekitar kolam karena airnya akan menggoda siapapun ni guys. Berfoto dan mengabadikan moment juga sangat wajib ni guys karena karakter air terjun kedung darmo ini sangatlah unik dan indah layaknya kita berada di dunia jaman dulu yang memiliki bebatuan kapur sebagai dinding utamanya dengan tetumbuhan hijau yang menghiasi sekeliling serta indahnya warna air disini akan membuat hasil jepretan foto kalian sangat indah dan pastinya instagramable ni guys. Air terjun kedung darmo ini memang berbeda dengan air terjun pada umumnya yang biasanya memiliki ketinggian yang sangat eksotis namun ini hanya bertingkat – tingkat dalam satu aliran sungai sehingga membuat air terjun ini sangatlah unik. oh ya ni guys jika anda berkunjung kesini jangan lupa untuk membeli makanan atau minuman di warung yang berjulan di sekitar area parkir karena ingat di bawah tidak ada warung yang berjulan sehingga anda harus sipa bekal untuk di bawah ke bawah ni guys.




Tips and Trick

Tips dan trik berkunjung ke air terjun kedung darmo :

1.      pakailan alas kaki yang nyaman ni guys untuk tracking ataupun melewati aliran sungai

2.      bawalah baju ganti pastinya anda akan basah-basahan disini

3.      belilah bekal makanan atau minuman sebelum menuju ke bawah sungai

4.      patuhilah peraturan yang di buat disana

5.      bawa sampahmu kembali lagi ni guys dan jangan meninggalkan apapun disana

6.      pakailah sunblock karena cuaca disini tergolong panas

 

7.      Jangan mencoba beranang di kolam yang sangat dalam karena sangat berbahaya

Gallery (11)

Comments (2)