727 views | 2 Likes

Toron Samalem, Wisata Instagenic Tempat Pertapaan Potre Koneng

4 star (from 2 people)
Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia
Category: Meet Locals

Posted on 25 January 2019, 11:09:08

lagi di pemakasan? tempat ini menjadi salah satu spot potret yang pass, untuk mempercantik ig kalian!

How to Get There

Hai guys, setelah beberapa waktu yang lalu aku main ke Museum Macan di Jakarta, kemarin aku traveling lagi nih guys. Tujuanku kali ini adalah salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Pamekasan, Madura, yaitu Wisata Toron Samalem atau dalam bahasa Indonesianya Turun Semalam. Wisata ini udah lumayan hits di Pamekasan bahkan banyak pengunjung yang datang dari luar kota untuk menyaksikan keunikan dari desa wisata ini.

Toron Samalem berada di Desa Blumbungan, Pamekasan, Madura. Jalanan menuju ke lokasi ngga mudah guys karena lokasinya ada di pedalaman kampung dan akses jalannya juga rusak. Dari pusat kota Pamekasan butuh waktu sekitar 15 menit dengan rute ke utara Kota Pamekasan. Setelah kalian tiba di Pasar Blumbungan, lurus terus sekitar 2 km ke arah utara. Untuk menemukan pintu masuk lokasi wisata ini, di kanan jalan ada tulisannya yang lumayan besar lalu belok lah ke kanan. Lalu lurus terus ikuti jalan. Kalo kalian bingung, kalian bisa tanya sama warga setempat.

 

What to Do

Setelah menemukan tempat parkir dari wisata ini, terdapat sejumlah lapak yang berjualan makanan dan minuman. Di belakangnya, ada penjual tiket masuk. Harga tiket masuk wisata ini sebesar Rp 10.000 per orangnya. Setelah membeli tiket masuk, kalian harus naik tangga lagi keatas dan nikmatilah keindahan pemandangan yang ada disana.

toron samalem pamekasan
toron samalem pamekasan

Sebenernya bukit ini adalah wisata yang baru dan langsung hits berkat sosial media juga sih. Bukit ini menawarkan keindahan serta kesejukan alam perbukitan. Dulunya, Bukit Toron Samalem ini adalah bekas tempat penggalian batu kapur yang sudah tidak difungsikan. Karena keindahan bukitnya dan memberikan sensasi yang berbeda dengan tempat lain, maka dari itu tempat ini kemudian dikembangkan menjadi destinasi wisata. Sampe sekarang pun tempat ini masih dalam tahap pengembangan, maka dari itu akses jalannya juga masih sulit.

toron samalem pamekasan

Suasana disini pun terkesan seperti jaman dulu guys, pasalnya ada beberapa rumah-rumah kayu dengan atap jerami yang khas Madura banget. Sesuai banget sama konsep yang ingin disuguhkan oleh pengelola, yaitu wisata adat dan budaya. Selain itu juga ada beberapa pohon sakura yang instagramable banget. Meskipun pohonnya fake sih, tapi Epik banget deh, keren buat foto-foto.

toron samalem pamekasan

toron samalem pamekasan
toron samalem pamekasan

Penamaan wisata ini menjadi Toron Samalem pun juga ada maksudnya guys. Kalo dalam bahasa Indonesia, Toron Samalem berarti Turun Semalem. Nama ini konon berkaitan dengan kehadiran Potre Koneng yang merupakan seorang putri cantik dari Raja Sumenep dan pernah melakukan semedi di tempat ini. Tapi ada juga yang menyebutkan kalo penamaan Toron Samalem ini disesuaikan dengan nama dusun.

toron samalem pamekasan

Tempat wisata ini memiliki dua lokasi, yaitu lahan bagian atas dan lahan bagian bawah dimana total luasnya mencapai sekitar 7 hektar. Setelah puas foto-foto diatas, aku langsung turun menuju pintu keluar dimana jalan menuju pintu keluarnya ini pun juga punya banyak spot keren, seperti bukit kapur dan juga adanya kolam alami yang airnya lumayan jernih. Tapi aku sih ngga saranin buat kalian nyemplung kesini ya. Perbukitan kapur ini keren banget guys, ngga heran kalo tempat ini banyak digunakan untuk foto prewedding. 

toron samalem pamekasan

toron samalem pamekasan
Well, setelah lelah menjelajah wisata Toron Samalem ini aku pun langsung melanjutkan perjalanan mencari kuliner khas yang lezat, yaitu Rujak Cingur Madura. Penasaran? Cek Review aku selanjutnya ya!

Video by eMadura.com

 

 

Tips and Trick

  • Gunakan alas kaki yang nyaman, karena jalannya berbatu dan kalian bakal naik tangga.
  • Karena cuacanya yang lumayan terik, jangan lupa pake sunscreen dan topi ya.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (9)

Comments (4)