136 views | 2 Likes

Air Terjun Siluwok, Curug Perawan di Kulon Progo

4 star (from 2 people)
Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 24 January 2019, 15:44:42
mummyz
Tourist

Perjalanan melewatai jalan setapak menuju ke Air Terjun Siluwok emang cukup menguras tenaga. Perjalanan yang dilalui adalah harus melewati jalan...

How to Get There

Yogyakarta, kota yang nggak pernah kehabisan tempat wisata. Berada di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta, kali ini kami bakal berwisata ke Air Terjun yang ada di kawasan kulon Progo. Tepatnya ada di Jalan Keweron, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kami berangkat menggunakan kendaraan roda dua, karena selain belum tau tempatnya, juga cukup fleksibel menggunakan kendaraan roda dua ini. Eh iya, sesuai dengan judul, tempat yang akan kami kunjungi adalah Air Terjun Siluwok.

Perjalanan dari pusat Kabupaten Kulon Progo membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan. Sengaja berangkat agak pagi karena kalau udah sore takut hujan. Menginat tempat yang dikunjungi juga wisata alam yang licin, jadi cukup bahaya deh kalo ujan.

What to Do

Perjalanan melewatai jalan setapak menuju ke Air Terjun Siluwok emang cukup menguras tenaga. Perjalanan yang dilalui adalah harus melewati jalan setapak di tengah kebun. Selanjutnya pengunjung harus melewati turunan yang berjarak kurang lebih 400 meter dari tempat parkir. Tenaang, sambil ngobrol dan menikmati udara segar serta pemandangan di Air Terjun Siluwok ini dijamin ngga akan kerasa capek kok.

Setelah melakukan perjalanan yang cukup seru, kamipun tiba di kawasan Air Terjun Siluwok. Nah enaknya bagi kalian yang bawa kendaraan roda dua, kalian bisa parkir lebih deket sama lokasi dibandingkan dengan menggunakan kendaraan roda empat. Kendaraan roda dua bisa diparkir di rumah warga yang ada di sekitar Air Terjun Siluwok, selanjutnya kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.


Air Terjun Siluwok memiliki aliran air yang cukup deras. Meskipun begitu, Air Terjun Siluwok memiliki kedalaman yang nggak begitu dalam lho. Keeksotisan air terjun yang satu ini emang udah didenger sama masyarakat dalam hingga luar Yogyakarta. Bahkan sesekali pernah wisatawan asing dateng ke Air Terjun Siluwok karena pensaran.

Kalau kalian adalah tipe orang yang suka main ke tempat wisata yang sepi, tipsnya adalah dateng saat weekday atau hari kerja. Kalau weekend, mungkin Air Terjun Siluwok ini akan lebih rame daripada hari hari biasa seperti pas saya dateng kesini.

Yak, kalau ngomongin soal pemandangan sih emang indah dan keren banget. Nggak jarang banyak wisatawan yang sateng ke Air Terjun Siluwok untuk mengambil gambar dan menikmati suasana alamnya. Oh iya, lokasi Air Terjun Siluwok juga kerap digunakan untuk sesi pengambilan foto prewedding. Tau lah ya indahnya kayak apa. Di musim musim tertentu, aliran Air Terjun Siluwok ini bisa sangat jernih. Sebaliknya, bisa pula sangat jernih, bahkan sampe keliatan bebatuan yang ada di dasar air terjun ini.

Kalau kalian dateng saat musim hujan, pastikan untuk berhati hati ya baik saat berkendara ataupun saat melewati jalan setapak. Karena jalanan yang hanya dari tanah liat, tentunya makin licin saat hujan tiba. Air Terjun Siluwok ini biasa disebut dengan surga tersembunyi di Kulon Progo, hal itu dikarenakan indahnya Air Terjun Siluwok ini masih tersembunyi dan belum banyak yang tau.

 

Kalau kalian main ke Yogyakarta, bisa lah kalian memasukkan Air Terjun Siluwok ini ke list liburan kalian! Selamat mencoba!

Tips and Trick

  • Jangan pake alas kaki yang licin
  • Bawa camera jangan lupa guys
  • Bawa makanan atau minuman bisa sih, jangan lupa buang sampah pada tempatnya ya
  • Bawa baju ganti juga kalau mau main air
  • Dateng pagi biar ngga hujan
  • Bawa payung atau jas hujan:)

Youtube : Bangjo TV

Gallery (5)

Comments (2)