132 views | 3 Likes

Coban Lanang, Surga Tersembunyi di Kota Batu

4 star (from 3 people)
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 23 January 2019, 16:05:23
biosel
Tourist

Bagi kalian yang membawa kendaraan roda empat, kalian harus memarkir kendaran di pinggir jalan raya dan selanjutnya berjalan menuju ke Coban Lanang....

How to Get There

Kota Batu emang jadi primadona wisata, khususnya di Jawa Timur. Yang kalian tau, ada apa aja sih di Kota Batu? Mmm yang jelas wisatanya sangat oke untuk dikunjungi ya. Kota Batu memiliki banyak wisata alam dan buatan dan salahsatu wisata alam yang cukup banyak di Kota Batu adalah air terjun atau biasa disebut coban.

Kalau di Kota Batu, ada banyak air terjun diantaranya Coban Talun, Coban Rondo, dan kali ini aku bakal ke coban yang belum pernah kukunjungi yakni Coban Lanang. Coban Lanang ada di daerah Pandanrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Perjalanan menuju ke Coban Lanang ini cukup mengasyikkan. Sepanjang perjalnan, pengunjung bisa menikmati indah dan segarnya Kota Batu. Buat kalian yang belum tau jalan, kalian bisa menggunakan bantuan google maps ya. Btw, aku kesini bareng omku yang rumahnya asli Kota Batu. Jadi ngga perlu repot cari jalan deh.

Jalanan menuju ke Coban Lanang udah cukup mulus. Emang sih lumayan berkelok, tapi tetep aman kok. Pengunjung atau pengguna jalan harus tetep berhati hati terlebih saat musim hujan.

Youtube : Kompas Tv Malang

What to Do

Bagi kalian yang membawa kendaraan roda empat, kalian harus memarkir kendaran di pinggir jalan raya dan selanjutnya berjalan menuju ke Coban Lanang. Tapi buat yang bawa kendaraan roda dua, masih bisa jalan terus hingga deket dengan lokasi Coban Lanang, harus tetep jalan dikit ya tapi hehe. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhkan dengan kebun bunga warna warni yang cukup bikin lupa Lelah hehe.

Dari loket, pengunjung masih harus berjalan melewati jembatan yang terbuat dari bambu di Coban Lanang ini. Nggak hanya itu, menuruni anak tangga merupakan hal yang biasa untuk menuju air terjun, di Coban Lanang pun demikian. Nah karena anak tangga yang ada di Coban Lanang ini terbuat dari tanah liat dan bambu debagai penyangga, pengunjung wajib berhati-hati terlebih saat musim hujan, makin licin tentunya.

Perjalanan yang mengasyikkan pun nggak kerasa dan sampai juga di aliran air terjun Coban Lanang. Di sekitar air terjun terdapat cukup banyak hutan bambu, bikin sejuk dan seger tentunya. Aliran Coban Lanang cukup deres banget waktu itu. Jernihnya Coban Lanang juga bikin puas dan menenangkan banget. Bakal jadi salahsatu pengalaman keren nih pernah dateng ke Coban Lanang Kota Batu.

Yang paling unik disini adalah gardu pandang. Yap, jadi kalau aliran air cukup deras kalian bisa menikmati indahnya Coban Lanang dari jembatan bambu maupun dari gardu pandang yang ada. Meskipun begitu, indahnya air terjun ini tetap bisa dinikmati meskipu dari gardu pandang. Jangan lupa, bawa alat dokumentasi adalah suatu hal yang harus disiapkan. Jangan sampe kelewat buat mendokumentasi indahnya air terjun asli Kota Batu ini.

Setelah puas menikmati aliran air terjun Coban Lanang, masih ada hal yang bisa dinikmati nih. Coban Lanang juga memiliki taman bermain yang anakable banget. Itulah mengapa air terjun Coban Lanang ini cocok dan rekomended banget untuk dikunjungi bareng keluarga. Ada taman kelinci yang dilengkapi dengan rumah kelinci yang lucu.  

Pulangnya, jangan lupa cobain bali susu SAE pujon, enak banget tuh. Oh iya, kalo yang mau cari oleh oleh buat keluarga di rumah, kalian bisa cobain mampir ke DEWI SRI ya. Lengkap banget disitu, selamat mencoba!

Tips and Trick

  • gunakan alas kaki yang nggak licin
  • jangan lupa bawa camera
  • jangan membuang sampah sembarangan

Gallery (5)

Comments (3)