108 views | 3 Likes

Susur Sungai Subayang, Kegiatan Seru yang Wajib Dicoba!

4 star (from 3 people)
Kampar, Riau, Indonesia
Category: Meet Locals

Posted on 21 January 2019, 11:40:06
marthagaul
Tourist

Sesampainya disana, gue langsung sewa Piau, semacam sampan yang menggunakan mesin. Piau ini banyak disediakan oleh warga setempat untuk disewakan....

How to Get There

Another business trip ke Riau lagi nih guys. Setelah beberapa waktu lalu gue juga ada business trip ke Riau dan sempetin buat jalan-jalan ke Istana Siak, nah pas business trip kali ini gue juga mau sempetin buat jalan-jalan ke daerah Kampar. Ngga pengen rugi donk gue, mumpung lagi ada di Riau dan salah satu temen kantor gue saranin buat Susur Sungai Subayang. 

Sungai Subayang berada di Desa Subayang, Kampar, Riau. Wisata susur sungai ini cocok banget buat traveler yang pengen menikmati suasana alam yang masih alami di Provinsi Riau. Untuk menuju ke sungai ini, kalian bisa berangkat dari kota Pekanbaru menuju Kampar Kiri Hulu dengan perjalanan darat, perjalanan ini butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan. 




What to Do

Sesampainya disana, gue langsung sewa Piau, semacam sampan yang menggunakan mesin. Piau ini banyak disediakan oleh warga setempat untuk disewakan. Harganya pun beragam, tergantung kualitas dan kapasitas penumpangnya. Nah, dengan menggunakan Piau inilah gue bakal menyusuri keindahan Sungai Subayang yang indah selama kurang lebih 3 jam. Awalnya, gue bakal berpikir selama 3 jam ini ngebosenin banget, tapi ternyata ngga lho guys. 

Di sepanjang sungai, gue bisa lihat pemandangan hutan lebat di kanan kiri dan pepohonan hijau yang digenangi air di bagian bawahnya. Air sungai ini diselingi oleh bebatuan besar dan arus yang cukup deras menjadi tantangan tersendiri, apalagi kalo kalian ngga biasa sama perjalanan air kayak gue gini. Tapi gue tetep suka banget bisa melakukan perjalanan ini karena air sungainya jernih banget dan ngga ada sampah, bener-bener bikin mata adem.

Di sepanjang perjalanan menuju ke air terjun ini, gue lihat setidaknya 15 gugusan desa. Dimana setiap desa tersebut terdapat lubuk larangan yang berisi ikan. Disini juga ada tradisi panen ikan di lubuk larangan tersebut pada waktu-waktu tertentu, tergantung dari kondisi cuaca juga,. Biasanya dilakukan pada bulan Maret dan April setiap tahunnya. Nah, kalo kalian pengen lihat tradisi tersebut, kalian bisa dateng kesini pas bulan Maret atau April.

Suasananya pun sejuk banget dengan deburan arus sungai menjadi suasana wisata alam yang bisa gue nikmati. Ngga berapa lama, sampan yang gue tumpangi ini menepi di kawasan yang dituju, yaitu air terjun Subayang. Sumpah gue ngga nyangka kalo sungai ini punya air terjun yang indah banget. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan menawarkan pemandangan alam yang asri banget. Semua penumpang di sampan pun diperbolehkan untuk turun dan melepas lelah di kawasan ini. Di kawasan ini banyak juga yang melakukan aktivitas camping setelah menyusuri sungai yang indah ini.

Pemandangan bukit yang hijau dan lembah-lembah yang indah merupakan pemandangan alam yang bisa kalian lihat disini. Masyarakat setempat pun ramah banget menyambut wisatawan yang datang berkunjung, bahkan sering juga disini diadakan acara budaya dan adat istiadat setempat. Ngga jarang juga digelar Festival Subayang yang menghadirkan berbagai kegiatan budaya dan kesenian daerah setempat.

Buat kalian yang suka banget sama wisata alam, kegiatan susur Sungai Subayang merupakan kegiatan yang tak bisa kalian lewatkan saat berkunjung ke Kampar. Yuk segera jadwalakan!

Video by Barry Kusuma

 

Tips and Trick

  • Karena perjalanan menyusuri sungainya cukup lama, baiknya kalian bawa minuman dan makanan untuk perbekalan.
  • Dilarang keras membuang sampah ke dalam sungai.
  • Bawa kamera.
  • Bawa baju ganti dan peralatan mandi.
  • Gunakan sandal yang nyaman.

Gallery (6)

Comments (6)