158 views | 2 Likes

Surabaya Heritage Track: Berwisata, Nambah Ilmu, dan GRATIS!!

4 star (from 2 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 21 January 2019, 10:58:52
Effida
Tourist

Untuk mengisi hari Minggu, kemaren tanggal 20 Januari 2019 aku nyobain naik bus Surabaya. Kalian warga Surabaya tentu tau ya ada banyak banget bus...

How to Get There

Ikutin arahan Google Maps untuk menuju ke House Of Sampoerna ya!

What to Do

Untuk mengisi hari Minggu, kemaren tanggal 20 Januari 2019 aku nyobain naik bus Surabaya. Kalian warga Surabaya tentu tau ya ada banyak banget bus Surabaya, akupun sampe bingung apa aja fungsi dan beda dari tiap bus. Dengan modal tanya ke temen yang udah pernah naik bus wisata, akupun tau kalau ada bus Surabaya Heritage Track yang terminalnya ada di House Of Sampoerna, jadi berangkat dan berhentinya pun di House Of Sampoerna.

Buat kalian yang belum tau Surabaya Heritage Track, jadi busnya yang warna merah. Hanya ada 1 bus di Surabaya. Bukan bus kota yang bayar pake botol dan biasa ditemui di halte dan terminal Purabaya itu ya. Kalau itu mah bis kota biasa, bayarnya pake botol atau gelas aqua gitu, kreatif sih! Tapi kali ini bukan yang itu yaa..

Karena nggak tau jadwal dan belum booking juga, kami sengaja berangkat awaal banget. Dari Kedung Baruk, kami berangkat pukul 6 dan tiba di House Of Samporna pukul 06.58 WIB, iya masih pagi buta wkwk. Di House Of Sampoerna, suasananya sepiii bahkan kami ngiranya kalau kami salah hari atau salah jam. Yak, malu bertanya sesat di Jalan, akhirnya kami tanya ke bapak yang jaga gerbang House Of Sampoerna katanya baru bisa masuk pukul 8.45 dan baru bisa booking bus tepat pukul 9 pagi. Waduuuuh, terlalu pagi dong kami haha.

  

Tapi tenang, hal itu gak bikin kami nyerah dan pulang begitu saja kok. Sambil nunggu jam buka House Of Sampoerna, kamipun jalan jalan dulu ke Surabaya North Quay sampe ke Suramadu, demi ngehabisin waktu doang wkwk.

Pas udah 8.30 langsung aja balik ke House of Sampoerna dan udah pada banyak yang antri didepan gerbang. Keren sih House Of Sampoerna ini, ON TIME banget. Gerbang dibuka tepat pukul 8.45 dan booking Surabaya Heritage Track dimulai pukul 9 pagi. Karena cukup rame dan armada Surabaya Heritage Track hanya ada 1, kami sempet pesimis wkwkw. Tapi perjuangan akan berbuah manis guys haha, kami berdua adalah orang terakhir yang bisa masuk Surabaya Heritage Track. Untuk rombongan selanjutnya, harus nunggu lagi jadwal perjalanan kedua yakni pukul 1 siang. Hufttt lega.

Surabaya Heritage Track meninggalkan House Of Sampoerna untuk tour tepat pukul 10.00. Kalau naik Surabaya Heritage Track, kalian akan mendapatkan tiket dan id card sebagai tanda bahwa kalian termasuk rombongan Surabaya Heritage Track.

  

Untuk perjalanan pertama ini, kami kebagian rute sebagai berikut : House Of Sampoerna – Balai Pemuda – Museum Bank Indonesia – House Of Sampoerna. Sepanjang perjalanan, guide akan menjelaskan hanpir tiap bangunan yang dilewati dan yang bersejarah di Surabaya. Sebagai contoh ada sejarah Penjara Kalisosok, Kantor Gubernur, PLN Surabaya Utara, dan tempat tempat lain yang memiliki sejarah yang unik. Dari guide juga, pengunjung bakal dapet banyak ilmu dan wawasan soal Kota Surabaya. Kalau ada yang mau ditanyakan soal sejarah maupun lokasi wisata, guide akan menjelaskan dengan panjang lebar yang tentunya bikin kami sebagai pengunjung cukup puas.

---------- Balai Pemuda Surabaya ----------

  

---------- Museum Bank Indonesia ----------

  

---------- House Of Sampoerna ----------

  

Surabaya Heritage Track ini tidak berbayar alias GRATIS. Lumayan banget buat kalian yang bekerja atau yang kuliah dan weekend libur, bisa banget nyobain jalan jalan naik Surabaya Heritage Track sambil belajar sejarah dari guide. Saat tiba dan berhenti di tempat wisata, selain dijelaskan panjang lebar tentang sejarahnya, rombongan Surabaya Heritage Track juga akan dibebaskan dnegan waktu 10 hingga 15 menit untuk explore atau foto-foto di tempat tujuan.

Ada juga bis kuning, bukan Bus Mayapada ya. Hampir sama dengan Surabaya Heritage Track, namanya adalah Surabaya Shopping and Culinary Track. Kalau yang satu ini durasi tournya lebih lama yakni 5 jam, beda dengan Surabaya Heritage Track yang hanya 1,5 jam. Kapan kapan mau coba dan review keseruan Surabaya Shopping and Culinary Track ah!

Tips and Trick

  • Aku saranin buat booking lewat telfon, biar ngga ribat pas disana (bisa dilakukan satu bulan sebelum keberangatan)
  • Yang berangkat pagi, jangan lupa sarapan karena di dalam bus tidak diperkenankan makan dan minum
  • Catet di hp atau buku catatan untuk hal hal penting yang disampaikan guide

---------- Thank You Surabaya Heritage Track, For Free Vacation! ----------

Gallery (10)

Comments (6)