172 views | 3 Likes

Danau Framu Ayamuru, Si Cantik Dari Indonesia Timur

4 star (from 3 people)
Sorong, Papua Barat, Indonesia
Category: lake

Posted on 17 January 2019, 13:18:49
lingling
Sightseeing

danau cantik di timur indonesia ini memang memukau!!!

How to Get There

Mumpung baru pulang dari liburan awal tahun, jadinya masih fresh buat nulis tentang pengalaman aku selama ada disana. Anyway, liburan kemaren aku pergi ke Papua. Well, Papua memang udah lama ada di bucket list aku, setelah selama setahun lebih aku rajin menabung akhirnya aku bisa berangkat kesana awal tahun lalu ditemani oleh dua orang kakak aku. Kami ada di Papua selama 6 hari dan destinasi wisata pertama kami adalah Danau Framu yang sangat cantik.

Danau Framu berada di Distrik Ayamaru, Kabupaten Maybrat. Untuk menuju kesini, kalian bisa menempuh jalur udara dari kota asal kalian menuju Sorong. Dari Kota Sorong, kami dijemput sama salah satu temen kakakku yang asli sini dengan mobil L200 atau Strada. Dia bilang, harus naik mobil ini soalnya jalannya ngga terlalu mulus, daripada ngerusak mobil kan ya. 

danau framu ayamuru

Danau ini berjarak sekitar 216 kilometer arah barat Kota Sorong dan terbentang membelah Kampung Segior, Woman, Mefkajem, Kartapura, Mapura, Yukase, Karetubun dan Kampung Jitmau. Meskipun lokasi danau ini udah bisa terlihat, tapi ternyata kita harus jalan kaki melewati jalan setapak didalam hutan selama kurang lebih 30 menit.

What to Do

Danau Framu sering juga disebut sebagai Danau Ayamaru karena memang lokasinya yang berada di Distrik Ayamaru. Dari kejauhan, kami bisa melihat airnya yang berwarna biru dan bersinar karena terkena sinar matahari. Bisa dibilang danau ini ngga terlalu populer, jadinya ngga terlalu banyak pengunjung yang dateng kesini, padahal cantik banget. Meskipun begitu, ternyata danau ini memiliki arti penting bagi penduduk asli di sekitarnya, itulah kenapa kelestarian danau ini sangat dijaga. Pantesan airnya jernih banget, sampe bisa ngelihat dasarnya.

danau framu ayamuru

Danau ini penampakannya sering berubah sesuai dengan musim. Meskipun musim hujan ataupun kemaru, danau ini masih tetap terlihat cantik, bedanya saat musim hujan air danau ini melimpah sedangkan saat musim kemarau airnya agak sedikit berkurang namun kalian bisa melihat berbagai jenis ikan berwarna-warni didalamnya.

danau framu ayamuru

Panorama di sekeliling danau ini pun tak kalah keren guys, pasalnya danau ini dikelilingi oleh tebing yang lumayan tinggi dan separuhnya lagi adalah semak belukar. Dari tebing yang tinggi ini biasanya anak-anak setempat beratraksi dengan terjun bebas kedalam danau. Kalian pun kalo berani bisa juga mencoba melompat bersama mereka, tapi kalo aku sih ngga berani ya. Hahaha.. Tapi kerjenihan air danau ini pastinya membius siapapun untuk segera menceburkan diri kedalamnya, termasuk kami berempat. Maka tak perlu berlama-lama lagi, kami segera menceburkan diri kedalam danau. 

danau framu ayamuru

Byurrrrr.... Airnya seger banget dan cenderung dingin, meskipun kami datengnya pas musim hujan dan airnya lagi banyak, tapi kami masih bisa melihat dengan jelas dasar danau ini yang penuh bebatuan. Snorkeling ala ala gitu deh ya didanau ini. Ohya, danau ini punya kedalaman hingga 6 meter, jadi kalo kalian ngga bisa berenang harus ekstra hati-hati ya. Atau bisa juga pake pelampung biar ngga tenggelam.

danau framu ayamuru

Jernihnya air, tenangnya suasana dan segarnya udara disekitar danau ini menjadi perpaduan sempurna untuk sejenak melepas penat. Apalagi pemandangannya yang indah dan asri membuat kami semua merasa damai berada disini.

Gimana? Cantik banget kan danau ini? Yuk agendakan liburan kamu ke Papua!

Video by Torang Bakarya

Tips and Trick

  • Untuk menuju ke Distrik Ayamaru, aku saranin kalian buat sewa mendaraan dari kota Sorong ya. Kalau bisa kendaraannya yang L200/Strada aja soalnya jalannya ngga terlalu mulus.
  • Gunakan baju dan alas kaki yang nyaman, karena kalian akan trekking selama 30 menit.
  • Bawa perbekalan.
  • Bawa peralatan mandi dan baju ganti.
  • Jaga kelestarian danau ini dengan tidak mengotorinya.

Gallery (5)

Comments (4)