631 views | 2 Likes

Kupas Tuntas Misteri dan Keunikan Candi Dadi Tulungagung

4 star (from 2 people)
Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 16 January 2019, 15:43:39
icha123
Tourist

Ternyata, Candi Dadi Tulungagung kini sangat terkenal dari mulut ke mulut. Tak sedikit juga lho pengunjungnya. Pas weekend gini, banyak yang dateng...

How to Get There

Ngehabisin weekend di Tulungagung, kemaren aku sempet diajak mampir ke tempat wisata yang cukup bersejarah di kota ini. Nama tempatnya adalah Candi Dadi Tulungagung. Kalau kalian warga Tulungagung pasti kalian tau dong guys, kalo belum tau berarti kalian #kurangexplore nih wkwk.

Lokasi dari Candi Dadi Tulungagung ini ada di Dusun Mojo, Desa Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur. Waktu itu, cuaca Tulungagung cukup oke dan untungnya nggk hujan, jadi bebas menikmati weekend di kawasan Candi Dadi Tulungagung ini.

What to Do

Ternyata, Candi Dadi Tulungagung kini sangat terkenal dari mulut ke mulut. Tak sedikit juga lho pengunjungnya. Pas weekend gini, banyak yang dateng ke Candi Dadi Tulungagung dengan alasan untuk mengetahui sejarahnya ataupun sekedar mengobati rasa penasaran. Kalau aku sih karena gabut ya makanya mau mau aja diajakin kesini, tapi lumayan juga sih jadi lebih tau wisata sejarah di Tulungagung.

Candi Dadi Tulungagung merupakan peninggalan kerajaan Majapahit yang mamiliki cerita yang sangat mengesankan kalau menurutku. Oh iya, tadi sepanjang perjalanan manuju ke Candi Dadi Tulungagung, kami melihat beberapa candi antara lain candi buto, candi gemali, dan candi lain yang sudah tak karuan bentuknya. Mungkin karena umurnya yang udah cukup tua dan nggak ada yang ngerawat kali ya.

Pas pertama nyampe sini, seketika langsung pensaran kenapa kok dikasih nama Candi Dadi, tentu ada sejarahnya dong. Nama Candi Dadi Tulungagung ini disematkan karena candi yang satu ini merupakan candi yang paling sempurna diantara yang lainnya.

Nah ini nih yang paling menarik, yakni soal sejarah Candi Dadi Tulungagung. Konon katanya dulu ada seorang pangeran yang melamar putri cantik di dsun Kedungjalin. Karena tidak berani menolak lamaran, sang putripun membuat syarat untuk pengeran yakni membangun 4 buah candi dalam satu malam dengan harapan pangeran gagal dan tak akan sanggup membuatnya.

Namun perkiraan sang putri salah, pangeran hampir menyelesaikan 4 buah candi dalam 1 malam saja. Sebelum pagi datang, sang putri menyuruh beberapa wanita untuk membunyikan lesung yang menandakan bahwa hari sudah pagi. Mendengar bunyi lesung, pangeranpun tidak melanjutkan pembuatan candi yang ke 4. Nah candi yang ke 4 ini dinamakan candi urung. Urung yang berarti gagal / belum.

Setelah pengeran tau bahwa putri melakukan kecurangan dan kebohongan, pangeranpun murka dan mengutuk para wanita yang ada di desa itu bahwasannya tidak akan menemukan jodoh kecuali telah masuk usia tua. Sejarah yang unik namun juga menyedihkan sih kalo didenger. Jadi, hingga saat ini pun banyak orang yang nyebut kawasan Candi Dadi Tulungagung ini dengan sebutan Candi Kutukan Jomblo, hahaha ada ada saja ya.

Nggak hanya Candi Dadi, Candi Urung, disini juga terdapat candi yang disebut Candi Buto. Yak, warga Tulungagung menganggap kawasan Candi Dadi Tulungagung merupakan kawasan keramat yang penuh kutukan wkwk. Gapapa lah ya kalau kesini hanya karena penasaran dan ngga ada niatan buruk lainnya. Bisa banget kok dikunjungi kalau lagi di Tulungagung. Dan satu lagi, yang dikutuk Jomblo itu rakyat jaman dulu ya, bukan kalian. Kalo kalian jomblo mah takdir guys wkwk.

Jangan sekali kali merusak fasilitas maupun bangunan yang ada di Candi Dadi Tulungagung ini ya. Karena yang gini gini adalah aset dan sejarah untuk generasi setelah kita haha. Kalian boleh mengambil gambar kok saat berada di Candi Dadi Tulungagung ini.

Tips and Trick

  • Gunakan kendaraan yang memadai
  • Boleh membawa camera
  • Jangan merusak fasilitas dan bangunan yang ada

Gallery (5)

Comments (2)