4 star (from 2 people)
118 views | 2 Likes
Pulau Birah-Birahan, Sekeping Surga di Kutai Timur
Kutai Timur, Kalimantan Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring


Posted on 16 January 2019, 13:24:10
Location on Google Maps
Pulau Birah-Birahan
Indonesia
How to Get There

Udah lupa kapan terakhir liburan, akhirnya akhir tahun kemarin saya pergi liburan. Mumpung sekolahan lagi liburan juga, jadi ngga perlu ambil cuti deh. Kebetulan juga, saya diajak sama temen-temen kuliah saya dulu buat menjelajah kawasan Kutai. Mereka bilang ada sebuah pulau keren disana tapi jarang banget dikunjungi karena memang tarnsportasinya susah, pulau itu bernama Pulau Birah Birahan. Pulau ini berlokasi di Kecamatan Sandaran, Kutai Timur.

Perjalanan kami dimulai dari Pelabuhan Kenyamukan Sangatta Utara dan butuh waktu sekitar tujuh jam perjalanan laut. Perjalanan ini merupakan perjalanan laut terlama yang pernah saya lalui, dengan melewati lautan lepas dan gelombang setinggi satu meter juga rintik hujan. Ohya, kapal yang kami gunakan ini adalah kapal motor kayu dengan panjang 10 x 2 meter.

Rasanya cukup melelahkan dan bosan selama berjam-jam mengarungi lautan, tapi itu semua terbayarkan saat melihat pemandangan Pulau Birah-Birahan dari kejauhan. Sebelum kapal bersandar, dari jauh kami sudah bisa melihat pulau indah ini yang didominasi pepohonan mangrove. Air lautnya juga cukup jernih berwarna biru tosca dan tanpa sampah. Dari jauh aja udah keren, gimana kalo dari dekat?

 

 

What to Do

Akhirnya kapal motor ini mulai bersandar juga di sebuah dermaga kayu kecil sepanjang 100 meter. Dilanjutkan dengan jalan kaki masuk ke area dermaga, ada dua bangunan, yang satu milik penjaga pulau dan satu lagi adalah aula berwarna cokelat. Ternyata pulau ini ada penghuninya lho guys, meskipun hanya satu kepala keluarga.

Nah, karena udah pada ngga sabar, kami pun segera menuju pantai. Terlihat pasir pantainya sangat putih dan bersih. Apalagi air lautnya yang berwarna biru jernih. Bener-bener mirip di Maldives. Temen-temen saya pun langsung ngga sabar buat segera menjelajah keindahan bawah laut pulau ini dengan snorkeling.

Penjaga pulau ini sebelumnya sempet bilang kalo terumbu karang disekitar pulau ini sudah mulai banyak yang rusak karena banyak nelayan yang masih melakukan pengeboman ikan di perairan sekitar Pulau Birah-Birahan ini. Tentu saja itu juga bisa merusak terumbu karang, padahal sebelumnya terumbu karang di perairan pulau ini sangat indah meksipun ada di sekitaran perairan yang dangkal dan banyak ikan yang hidup disana.

Dan benar aja guys, keindahan bawah laut pulau ini memang keren banget. Waktu snorkeling kemarin, kami bener-bener bisa menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang hidup di lautan ini. Airnya yang jernih membuat kami merasa sangat nyaman berenang disini, apalagi ombak lautnya yang tenang jadi ngga terlalu besar dan cukup aman untuk berenang dan snorkeling.

Selain keindahan bawah lautnya, Pulau Birah-Birahan ini juga dikenal sebagai tempat bertelurnya penyu hijau dan penyu sisik yang hampir punah. Hewan-hewan ini sangat dilindungi oleh pemerintah. Setiap harinya, penyu-penyu disini akan bertelur disekitar Pulau Birah-Birahan. Kalau kalian beruntung, kalian bisa ketemu sama penyu-penyu tersebut. Selian ada penyu sisik dan penyu hijau, banyak binatang liar lainnya yang hidup bebas di pulau ini, seperti burung-burung dan biawak.

Keren banget kan? Yuk agendakan perjalanan kamu ke Pulau Birah-Birahan.

Video by Pariwisata Kutai Timur

Tips and Trick
  • Buat kalian yang mabuk laut, jangan lupa bawa antimo.
  • Kalian yang pengen bermalam di pulau ini, bisa camping dengan bawa peralatan sendiri.
  • Jangan lupa pake topi, kacamata hitam dan sunscreen karena disini panas banget.
  • Bawa makanan dan minuman.
  • Bawa obat-obatan.
  • Bawa peralatan mandi.
  • Gunakan baju dan alas kaki yang nyaman.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

 

Gallery (4)
Comments (2)