195 views | 1 Likes

Wisata Desa Adat Pampang, Mengenal Budaya Suku Dayak Disini

4 star (from 1 people)
Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
Category: Meet Locals

Posted on 15 January 2019, 11:34:33
redjo
Tourist

mengetahui bagaimana adat pampang dan suku dayak!

How to Get There

Kalimantan adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia, tak hanya besar pulau ini juga kaya akan wisata alam yang indah dan juga budaya yang hanya bisa ditemukan disini. Liburan akhir tahun kemarin, saya habiskan dengan berkunjung ke rumah paman saya yang ada di Samarinda. Sebenernya masa kecil saya habiskan di kota ini, tapi belakangan ini saya mulai jarang mengunjungi Samarinda. Dan liburan kemarin saat kesana saya sempat mengunjungi salah satu wisata budaya yang ada disana, yaitu Wisata Desa Adat Pampang.

Pampang merupakan salah satu daerah di sei siring yang masuk dalam wilayah Samarinda dan merupakan kawasan wisata adat Dayak. Kampung Dayak ini berada di Jalan poros Samarinda-Bontang km 5. Kalo kalian dateng dari arah Balikpapan, kalian bisa lewat Jalan Soekarno Hatta menuju Samarinda kemudian menyusuri jalan di bantaran Sungai Mahakam dari loa janan, melewati PLTD Sei Keledang hingga menyeberangi Sungai Mahakam melalui Jembatan Mahakam.

Karena kemaren dari Banjarmasin saya naik pesawat ke Samarinda, jadi dari pusat kota Samarinda lewat Jalan P. Antasari sampai simpang empat, lalu arahkan kendaraan ke Jalan Djuanda. Dari Jalan Djuanda lurus hingga simpang empat lampu merah dan belok kanan menuju Mall Lembuswana. Tidak jauh dari situ, ada simpang empat lagi dan belok kiri menuju Jalan Cendrawasih. Lurus terus sampai kembali ketemu pertigaan perumahan Aalayah, kemudian belok kanan dan terus hingga sampai di Jalan Poros Samarinda-Bontang. Kampung adat Dayak Pampang ini berada di sebelah kiri jalan.

wisata desa adat pampang

What to Do

Setelah menempuh perjalanan yang lumayan jauhnya, akhirnya saya tiba di Desa Pampang ini. Kawasan wisata ini merupakan sebuah area yang terdiri dari rumah lamin besar dengan halaman yang luas seperti balai pertemuan dengan bangunan lain di sisi kiri-kanan yang menjadi tempat berjualan souvenir pernak-pernik khas Kalimantan. Desa ini merupakan salah satu kampung wisata adat Dayak yang cukup terkenal di Provinsi Kalimantan Timur. Sudah bukan rahasia lagi kalau Suku Dayak sudah lama mendiami pulau ini. Kata ‘Dayak’ memiliki arti orang yang berasal dari pedalaman atau gunung. 

wisata desa adat pampang

Rumah adat Lamin ini cukup unik guys karena terbuat dari kayu Ulin dengan hiasan dan ukiran di hampir semua bagian dindingnya. Pada dinding utama dipenuhi ukiran Dayak dengan dominasi warna hitam, putih dan kuning. Begitu pula dengan tiang penyangga rumah yang berdiameter dua meter dihiasi ukiran indah. Pada bagian atapnya yang terbuat dari kayu Sirap, terdapat ukiran kokoh di tengah sudutnya.

wisata desa adat pampang

Setiap akhir pekan, masyarakat lokal Desa Pampang menggelar pertunjukan tarian adat Suku Dayak. Untungnya saya kemarin kesana pas hari Minggu, jadi sekalian bisa menikmati pertunjukan ini karena pertunjukan ini hanya digelar setiap hari Minggu mulai jam 14.00 - 15.00 WITA.

Video by IndonesiaKaya

Budaya unggulan setempat memang kebanyakan tarian adat. Jenis tarian adat yang bisa dinikmati oleh wisatawan setiap Minggunya pun beragam, seperti Tari Bangen Tawai, Hudoq, Kanjet Anyam Tali, Ajay Pilling, Kancet Lasan, Nyalama Sakai, Kancer Punan Lettu dan masih banyak lagi lainnya. Uniknya, sebelum tarian dimulai, pembawa acara akan menjelaskan makna dari tarian yang akan digelar, misalnya seperti tarian yang kemarin saya tonton adalah Tarian Kanjet Anyam Tali yang memiliki menggambarkan perbedaan suku, budaya, bahasa dan bangsa namun tetap satu. Pertunjukan tarian ini pun melibatkan seluruh masyarakat desa mulai yang muda hingga tua.

wisata desa adat pampang

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati pertunjukan ini cukup terjangkau lho guys, yaitu sekitar Rp 15.000 per orangnya. Setelah menikmati pertunjukan tari adat, wisatawan juga bisa berfoto bersama penduduk setempat dengan menggunakan baju adat Suku Dayak. Biasanya, kalo ingin berfoto dengan penduduk asli bertelinga panjang akan dikenakan biaya tambahan.

wisata desa adat pampang
Well, seru sekali perjalanan saya ke Samarinda kali ini karena saya bisa belajar tentang salah satu budaya Indonesia. Tertarik? Segera agendakan perjalanan kalian ke Desa Adat Pampang!

Tips and Trick

  • Bawa kamera.
  • Gunakan baju yang nyaman.
  • Jaga kebersihan.
  • Ajak kerabat dan keluarga.

Gallery (5)

Comments (4)