126 views | 2 Likes

Air Terjun Jumog: Cantiknya Surga Tersembunyi di Karanganyar

4 star (from 1 people)
Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 14 January 2019, 16:51:17
jimmy
Tourist

air terjun jumog ini memiliki keindahan yang membuat saya betah berlama-lama disana!

How to Get There

Liburan di Jawa Tengah, rasanya ada yang kurang kalo ngga mampir ke wisata alam yang ada disini. Lumayan deket sama Karanganyar, perjalanan kami kali ini menuju ke Air Terjun Jumog. Alamatnya ada di daerah Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia.

Perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan bantuan google maps sebagai penunjuk jalannya. Oh iya, jalanan menuju ke Air Terjun Jumog ini udah cukup bagus kok. Jalanan yang dulunya rusak kini mulai diperbaiki yang tentunya bikin pengunjung yang akan dateng ke Air Terjun Jumog ini makin nyaman.

air terjun jumog

What to Do

Setibanya di kawasan Air Terjun Jumog, pengunjung harus terebih dahulu memarkir kendaraan. Dari tempat parkir, tentunya masih harus melewati jalan setapak seperti kebanyakan air terjun. Jalan setapak yang dilewati adalah berupa bangunan dari semen, anak tangga gitu. Untuk jaraknya cukup lumayan, kira kira sejauh 400 meter jalan kaki. Kalau capeknya sih enggak karena semua akan terbayar lunas.

Untuk msuk ke kawasan Air Terjun Jumog, tadi di pintu masuk kami diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp 5000,- per orangnya. Cukup terjangkau memang harganya. Banyak yang bilang kalau tangga yang harus dituruni menuju ke Air Terjun Jumog ini berjumlah 116, tapi aku pribadi sih ngga ngitung:D sepanjang perjalanan, kalian akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan kanan kiri dan suasana yang sejuk banget.

air terjun jumog

air terjun jumog

Lokasinya yang berada di kaki gunung Lawu juga menjadikan Air Terjun Jumog ini memiliki suasana yang enak banget. Dingin dan segerya itu emang bikin betah banget sih. Perjalanan menuruni anak tanggapun nggak terasa capek. Saking indahnya pemandangan dan asiknya suasana.

Suara gemercik Air Terjun Jumog ini pun bikin pikiran fresh dan hilang beban hahah. Kalau main ke air terjun, rasanya kurang afdol kalau nggak megang airnya. Buat kalian yang mau basah basahan, jangan lupa bawa baju ganti lo. Kali ini aku cuma main air pake kaki dan tangan aja deh, tinggal angkat celana dan berendam kaki haha.

Aliran Air Terjun Jumog ini jernih dan bersih, nggak jarang kalau banyak yang memuji indah dan bersihnya air terjun yang satu ini. Pas aku kesitu, Air Terjun Jumog ini cukup rame sih pengunjungnya. Tapi petugas bilang kalau musim libur atau weekend gitu, Air Terjun Jumog ini penuh banget sama pengunjung yang pengen menikmati indahnya air terjun ini.

air terjun jumog

air terjun jumog

air terjun jumog

Selain air terjun masih banyak fasilitas lain disini, seperti kolam renang, ayunan, jungkat jungkit dan masih banyak lagi. Kebayang kan gimana rasanya berenang di kolam renang yang suasananya masih suasana air terjun? Enak banget deh, dan wajib cobaa!

Membawa camera adalah salahsatu hal yang diharuskan. Indahnya pemandangan Air Terjun Jumog bisa banget dijadikan background foto kece kalian. Kalau nggak mau narsis, ngefoto pemandangan juga nggak kalah bagusnya kok.

air terjun jumog

air terjun jumog

Kalau musim hujan gini, pengunjung wajib berhati hati ya. Baik untuk melewati anak tangga maupun pas main di kawasan air terjun. Jalanan dan bebatuan akan makin licin tentunya. Paling enak adalah dateng pagi hari. Nggak mengecewakan kok liburan ke Air Terjun Jumog kali ini. Kalau kalian butuh inspirasi liburan dan lagi di daerah deket Karanganyar, kalian bisa mampir ke Air Terjun Jumog yang indah dan alami banget ini ya! Kalau duah liburan ke Air Terjun Jumog, jangan lupa share reviewnya di GoTravelly pula biar aku bisa baca hehe, seeyou guys!

Tips and Trick

  1. Bawa baju ganti kalau mau berenang
  2. Jangan membuang sampah sembarangan
  3. Gunakan alas kaki yang tidak licin
  4. Bawa payung atau jas hujan
  5. Youtube : Walidabdulaziz

Gallery (8)

Comments (2)