71 views | 1 Likes

Terbuai Oleh Tanjung Kelayang yang Menawan

4 star (from 1 people)
Belitung, Kep. Bangka Belitung, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 11 January 2019, 11:16:21
Sophia
Tourist

Wisata Tanjung Kelayang ini lumayan luas, yaitu mencapai 324.4 Hektar dengan hamparan pasir yang memanjang sejauh 1.5 kilometer. Pantai ini cocok...

How to Get There

Lanjutin soal perjalanan aku ke Negeri Laskar Pelangi beberapa waktu lalu nih guys. Jadi, setelah aku pergi ke Museum Kata Andrea Hirata, perjalanan dilanjutkan ke salah satu wisata yang ngga kalah fenomenal dari museum itu, yaitu Tanjung Kelayang. Rute menuju ke pantai indah ini pun cukup mudah karena jaraknya lumayan deket dengan Bandara Hanandjoeddin, cuma butuh waktu 30 menit aja. 

Tanjung Kelayang lokasinya lumayan deket dengan Tanjung Pandan, jadi kalo kalian dari Bandara Hananjoeddin ambil rute melalui Jalan Buluh Kumbang, kemudian menuju Jalan Jendral Sudirman, Keciput, Tanjung Pandan dan sampailah di Tanjung Kelayang.

What to Do

Wisata Tanjung Kelayang ini lumayan luas, yaitu mencapai 324.4 Hektar dengan hamparan pasir yang memanjang sejauh 1.5 kilometer. Pantai ini cocok banget buat kalian yang pengen bersantai karena pasirnya yang berwarna putih dan air laut yang berwarna biru jernih. Bener-bener sebuah perpaduan yang indah.

Pantai Tanjung Kelayang ini sebenernya udah terkenal sejak dulu sebagai destinasi wisata meskipun hanya dinikmati oleh masyrakat sekitar. Tapi, semenjak dijadikan setting film Laskar Pelangi yang fenomenal, pantai ini jadi semakin dikenal oleh banyak orang. Nama Tanjung Kelayang sendiri diambil dari sebuah bongkahan batu granit raksasa yang menyerupai kepala seekor burung. Pulau granit itu dikenal dengan nama Batu Gerude dan saat ini menjadi ikon Pulau Belitung.

Menurut sejarahnya nih guys, Batu granit ini berasal dari zaman Megalitikum dan dipercaya memiliki kekuatan magis. Ngga cuma masyarakat awam, tapi juga para ahli sejarahwan, arkeolog hingga peneliti meyakini hal tersebut. Ada juga yang menyebutkan bahwa burung tersbeut tengah berendam dengan posisi yang selalu sama yaitu menghadap ke arah kiblat. Uniknya, ada filosofi dari bentuk batu granit yang saling bertumpuk dan ngga pernah bergeser. Hal ini menandakan bahwa Pulau Belitung aman dari gempa ataupun sejenisnya.

Karena kecantikannya, pantai ini dijadikan sebagai gerbang masuk wisatawan asing yang datang dengan menggunakan yacht dalam rangka acara tahunan Sail Indonesia. Acara ini biasanya digelar saat bulan Oktober dan diramaikan oleh peserta dari berbagai negara di belahan dunia. Keren banget ya Indonesia bisa jadi tuan rumah acara internasional seperti ini.

Video by VIVA.CO.ID

Kalian pun juga bisa melihat deretan kapan-kapal nelayan di sekitar pantai ini. Deburan ombak yang tenang bisa membuat setiap pengunjung merasa tenang dan mendapat energi baru. Kalo favorit aku setiap ke pantai sih menghirup udaranya yang khas dan mendengarkan suara kicauan burung Kelayang yang banyak terbang disini.

Pantai ini tergolong landai, jadi cocok banget buat main air, bahkan buat anak-anak juga cukup aman. Karena pas kesana udah sore, aku pun memutuskan untuk bersantai di pinggiran pantai sambil menikmati ombak yang tenang. Sunsetan di pantai ini memang menjadi pilihan pas saat kalian udah mulai jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Melihat warna matahari yang berwarna kuning keemasan berpadu dengan jingganya warna langit. Indah sekali. Pastikan kalo kesini kalian foto-foto saat sunset ya guys, karena pemandangannya indah sekali.

Gimana? Keren banget kan Tanjung Kelayang ini? Segera jadwalkan liburanmu kesini ya :)

Tips and Trick

  • Buat kalian yang baru pertama kali ke Belitung, aku saranin buat pake lokal guide atau paket tour aja.
  • Bawa baju ganti dan perlengkapan mandi.
  • Bawa kamera anti air.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Gunakan sunblock, topi dan kacamata hitam.
  • Jangan kotori pantai ini.

Gallery (6)

Comments (3)