147 views | 0 Likes

Dikenal Sebagai Venice of The East, Kampong Ayer ternyata Bersejarah..

0 star (from 0 people)
Bandar Seri Begawan, No State, Brunei Darussalam
Category: Meet Locals

Posted on 10 January 2019, 11:00:28
luna
Sightseeing

Dalam bahasa Melayu, Kampong Ayer ini memiliki arti Kampung Air atau perkampungan yang berada diatas air ataupun terapung. Tapi kalian jangan...

How to Get There

Akhirnya liburan akhir tahun berakhir sudah. Saatnya berbagi cerita nih sama kalian. Jadi, liburan akhir tahun kemaren gue bisa lumayan lama liburan dan sebenernya bingung juga mau kemana. Lalu, tante gue yang tinggal di Brunei telpon dan ngajakin buat liburan disana. Gue pun langsung semangat donk soalnya udah lama juga ngga pergi ke Brunei, terakhir tahun lalu pas nikahan tante gue dan udah kangen juga sama keluarga yang ada disana, akhirnya gue pun langsung pesen tiket buat ke Brunei. Pas di airport, gue pun iseng buat searching kira-kira ada wisata apa aja yang menarik disana. Soalnya, terakhir kali gue ke Brunei gue diajak jalan-jalan ke salah satu pantai yang keren yaitu Pantai Seri Kenangan dan setelah gue searching, gue tertarik pengen pergi ke Kampong Ayer yang katanya mirip sama Venice. Masa sih?

Untuk menuju Kampong Ayer ini, kalian bisa naik ojek perahu dari dermaga depan Mall Yayasan Sultan, Pasar Tamu Kianggeh ataupun dermaga-dermaga kecil yang ada di sepanjang sungai Brunei. Kenapa naik perahu? Soalnya kampung ini lokasinya ada di tengah Sungai Brunei yang luas itu. Tarif ojek perahu ini biasanya cuma 1 BND untuk sekali penyebrangan jarak dekat. Kalo kalian pengen sewa perahu seharian untuk menyusuri sungai juga bisa, tarifnya bisa langsung nego dengan pemilik perahunya.




What to Do

Dalam bahasa Melayu, Kampong Ayer ini memiliki arti Kampung Air atau perkampungan yang berada diatas air ataupun terapung. Tapi kalian jangan membayangkan sebuah perkampungan terapung yang kumuh seperti yang banyak kalian lihat di Indonesia ya, rumah-rumah penduduk disini bisa dibilang sangat terawat dan bersih banget. Kampong Ayer ini disebut juga sebagai kampung terapung terbesar di dunia yang membuat Brunei dijuluki sebagai Venice of the East. Keren banget!

Kampung ini disebut sebagai yang terbesar karena sekitar 30 ribuan penduduk hidup disini. Perkampungan ini terbagi dalam 6 distrik administratif dan punya fasilitas yang lengkap lho. Mulai dari sekolah dengan berbagai jenjang pendidikan, masjid, rumah sakit, GOR, restoran hingga toko kelontong. Rumah-rumah yang ada disini pun terbuat dari kayu, bahkan panjang jembatan kayu yang menghubungkan antar rumah di Kampong Ayer ini bisa mencapai sekitar 36 kilometer lho.

Meskipun rumah-rumah penduduk disini terbuat dari kayu, tapi udah banyak yang direnovasi melalui fasilitas pembiayaan perumahan oleh negara. Hampir semua rumah sudah terpasang AC, TV Kabel, internet, air bersih dan berbagai fasilitas rumah tangga lainnya. Meskipun begitu, sistem pembuangan limbah mereka pun ngga langsung dibuang begitu aja ke sungai, tapi melalui pipa-pipa besar yang tertanam di dasar sungai menuju muara. Pantesan aja sungai ini masih bersih dan ngga tercemar.

Ngga cuma itu lho, rumah-rumah penduduk ini pun diatur rapi dengan ruangan yang luas didepan untuk menanam bunga ataupun pohon hias. Jadinya rumah-rumah ini terlihat asri dan lapang.

Gue pun kemaren sempet mampir ke sebuah museum yang ada di Kampong Ayer ini. Masuk ke dalam museum ini pun pengunjung ngga dikenakan biaya lho. Museum ini berisi banyak koleksi benda-benda dan sejarah tentang Kampong Ayer dan menurut sejarahnya, perkampungan ini udah ada sejak ratusan tahun lalu lho, tepatnya pada pemerintahan Sultan Muhammad Shah sekitar tahun 1363-1402. 

Saat masa keemasannya, kampung terapung ini menjadi pusat administrasi, ibu kota kerjaan Brunei, seklaigus menjadi pelabuhan penting di kawasan tempat bermukimnya banyak pedagang asal Tiongkok, Kamboja dan banyak negara lain.

Keren banget kan wisata Kampong Ayer ini? Menurut gue sih wisata ini cocok banget buat kalian yang suka berwisata budaya atau Human Interest. Jadi, kalau ke Brunei jangan lupa mampir ke Kampong Ayer ya guys!

Tips and Trick

  • Untuk ke Brunei, jangan lupa siapkan passport dengan masa aktif minimal 6 bulan.
  • Kalo bisa beli tiket jauh-jauh hari biar ngga terlalu mahal.
  • Bawa kamera.
  • Jaga kebersihan kampung ini.

Video by Pastronal Production

Gallery (8)

Comments (2)