96 views | 1 Likes

Kampung Wisata Kerujuk, Destinasi Wisata Pedesaan yang Asri dan Sejuk

3 star (from 1 people)
Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Category: Meet Locals

Posted on 09 January 2019, 11:25:55
hennysusanti
Sightseeing

Saat berkunjung ke Lombok Utara memang kalian bakal melihat banyak rumah warga yang rata dengan tanah akibat bencana gempa bumi yang mengguncang...

How to Get There

Apa sih yang ada dipikiran kalian tiap mau traveling ke Lombok? Pasti udah bayangin keindahan pantainya yang eksotis atau megahnya Gunung Rinjani. Kebanyak dari wisatawan pasti pengennya pergi ke pantai untuk melakukan kegiatan air seperti snorkeling ataupun diving, tapi tahukah kalian kalau Lombok juga punya sebuah kampung yang indah nan sejuk bernama Kampung Kerujuk. 

Ceritanya pas liburan akhir tahun kemarin, aku dan beberapa teman memutuskan untuk liburan di sekitaran pulau Lombok aja dan akhirnya kita memutuskan untuk menikmati kesejukan Kampung Kerujuk yang masih asri ini. Kampung Kerujuk berada di Lombok Utara, kawasan ini terkenal dengan tiga Gilinya, tapi ternyata ada kampung unik yang asrinya juga lho. Kampung ini sering disebut juga sebagai Ekowisata Kerujuk dan lokasi tepatnya di Dusun Keruju, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara.

Lokasi kampung ini juga ngga terlalu jauh dari Pelabuhan Bangsal, tempat penyebrangan menuju ke tiga gili tersebut, yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Jaraknya kurang lebih 1 kilometer aja dari pelabuhan. Kalo dari kota Mataram, jaraknya sekitar 40 kilometer dan bisa ditempuh sekitar 45 menit. 

What to Do

Saat berkunjung ke Lombok Utara memang kalian bakal melihat banyak rumah warga yang rata dengan tanah akibat bencana gempa bumi yang mengguncang Lombok beberapa waktu lalu, jadi kalian jangan heran ya guys. Tapi, saat kalian mulai menginjakkan kaki di Kampung Kerujuk kalian bisa menemukan rumah-rumah tradisional yang dijadikan sebagai bungalow untuk wisatawan dan ngga kena gempa sedikitpun.

Bangunan rumah-rumah ini dikenal sebagai rumah tradisional Suku Sasak yang dulunya disebut sebagai Bale Balaq. Rumah-rumah ini berdiri ditengah sawah dan kerap disebut sebagai rumah anti gempa.

Ohya, masuk ke kawasan ini pengunjung cuma dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 aja. Murah banget kan? Dengan tiket semurah ini, kalian udah bisa eksplor banyak kegiatan seru di kampung ini, salah satunya adalah kegiatan outbound. Kegiatan outbound yang paling seru adalah permainan flying fox sepanjang 200 meter yang melintasi area persawahan. Ngga cuma itu guys, disini kalian juga bisa mencoba permainan tradisional setempat seperti engrang, silong tereng dan lainnya.

Buat kalian yang males mengikuti kegiatan outbound, kalian juga bisa bersantai di pinggir kolam pemancingan ikan air tawar sambil memancing ikan pastinya. 

Kampung Kerujuk menyuguhkan nuansa alam pedesaan yang sangat terasa. Ngga heran kalo banyak banget wisatawan lokal hingga mancanegara yang menyempatkan diri untuk liburan ke kampung ini. Makanya, kalian yang warga Indonesia jangan mau kalah ya sama wisatawan mancanegara yang rela jauh-jauh ke Lombok.

Setelah lelah menjelajah, kalian bisa beristirahat sejenak di sebuah kedai kopi yang ada di kampung ini sambil mencicipi segelas kopi khasnya. Rasa kopinya ngga jauh beda dengan kopi yang ada di cafe-cafe lho guys, bahkan kalian juga bisa dapet bonus pemandangan sejuk nan asri karena memang lokasinya yang ada di perbukitan. Kapan lagi donk ya bisa ngopi di tengah sawah begini?

Sebenernya luas dari Kampung Kerujuk ini mencapai 90 hektar lho guys, tapi yang baru dikelola hanya sekitar 3 hektarnya aja. Ada beberapa pilihan paket juga yang bisa dinikmati oleh wisatawan dengan harga mulai Rp 200.000 aja per orang, kalian udah bisa menginap di Bale Balaq, makan dua kali sehari dan dapat 15 jenis permainan seperti susur sungai untuk mencari ikan. Seru banget kan? Yuk ke Lombok!

Video by Wira Nurmansyah

Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jaga kebersihan kampung ini.
  • Buat kalian yang mau nginep, bawa barang seperlunya.
  • Gunakan alas kaki dan baju yang nyaman.

 

Gallery (6)

Comments (5)