Menikmati Senja di Pantai Cemara Sewu & Gumuk Pasir Parangkusumo

pantai cemaea sewu

Effida | Explorer
Bantul, Yogyakarta, Indonesia | City Trip
26 Dec 2019


Menikmati Senja di Pantai Cemara Sewu & Gumuk Pasir Parangkusumo
Menikmati sunset di Gumuk Pasir dan Pantai Parangkusumo menjadi pilihan kami selama di Yogyakarta

How to Get There

Perjalanan ke Kebun Buah Mangunan dan Taman Sari cukup menguras energi dan panasnya suhu Yogyakarta saat itu bikin kami pengen buru buru balik ke Homestay. Setelah mengisi energi dengan tidur beberapa menit di Homestay, kami melanjutkan perjalanan sore menuju ke Gumuk Pasir dan Pantai Parangkusumo.

Gumuk Pasir menjadi tujuan pertama kami sore itu. Berangkat sekitar pukul 3 sore, perjalanan kami membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit perjalanan. Beda dengan perjalanan sebelumnya, perjalanan menuju Gumuk Pasir Parangkusumo lebih santai dan nggak menanjak banget. Siap menghabiskan sunset di Gumuk Pasir Parangkusumo nih.

What to Do

Akhirnya sampe juga di Gumuk Pasir Parangkusumo. Dengan membayar Rp 10.000,- per orang, pengunjung sudah bisa mengunjungi Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, Pantai Pelangi, Gumuk Pasir, dan berbagai wisata di kawasan situ deh. Setelah cari tempat parkir, kami bergegas menuju ke lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo.

Hamparan pasir yang luas dan bersih bisa kalian nikmati disini. Jangan lupa membawa camera karena indahnya Gumuk Pasir Parangkusumo wajib diabadikan. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini emang pagi atau sore hari, asal jangan siang ya kalau nggak mau kepanasan.

pantai cemaea sewu

Butuh tenaga ekstra untuk naik turun di pasir yang tebal, tapi nggak terasa capek karena viewnya yang keren. Gumuk Pasir Parangkusumo juga memiliki beberapa spot foto seperti gazebo, ayunan, hingga lorong bambu yang dijamin bikin foto makin keren. Beberapa batang pohon yang tergeletak bahkan setengahnya terpendam di pasir pun bisa menjadi spot yang bagus. Pinter pinter nempatin camera biar dapet foto bagus.

pantai cemaea sewu

pantai cemaea sewu

Daerah Gumuk Pasir Parangkusumo juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti tempat makan dan toilet atau tempat ganti. Mengitari Gumuk Pasir dengan menggunakan mobil jeep juga jadi hal yang mengasyikkan. Saking indahnya, Gumuk Pasir Parangkusumo juga menjadi pilihan foto prewedding untuk beberapa orang lho.

Pengunjung Gumuk Pasir Parangkusumo nggak hanya dari Yogyakarta. Banyak yang datang dengan menggunakan elf bahkan rombongan bus dari luar kota juga nggak kalah banyak. Meskipun banyak yang mendatangi Gumuk Pasir Parangkusumo, pengunjung tetep bisa menikmati dan bisa dapet foto bagus karena lokasinya yang sangat luas. Dijamin nggak bakal kehabisan spot foto!

Menyewa papan kayu untuk berselancar di atas pasir juga bisa kalian lakukan selama disini. Dengan mambayar Rp 100.000,- per papan, pengunjung bisa menggunakanya dengan waktu yang tak terbatas. Yang siap bermain dengan papan dan pasir, jangan lupa cobain ya kalau ke Gumuk Pasir Parangkusumo!

pantai cemaea sewu

 pantai cemaea sewu

Berdekatan dengan Gumuk Pasir Parangkusumo, ada Pantai Cemara Sewu. Yap, disebut Cemara Sewu karena ada banyak pohon cemara disana. Pantai yang satu ini cukup sepi, cocok buat kalian yang mencari kedamaian sambil liat sunset. Suasananya yang tenang dan tempatnya yang bersih juga bikin betah. Sunset, kopi, gitar, ah pas banget buat sobat indie wkwk.

Karena lokasinya yang termasuk pantai selatan, berhati hatilah saat berada di pinggiran pantai ya. Ombaknya nggak bisa ditebak. Kami yang berada cukup jauh dari bibir pantai -pun terkena ombak juga. Yang nggak berniat basah-basahan jadi basah deh wkw. Yang bawa anak kecil atau dibawah umur, jangan sampe lepas dari pantauan kalian!

pantai cemaea sewu

Daerah Parangkusumo juga menyediakan lokasi camp bagi kalian yang ingin bermalam disini. Nah berhubung kemaren kami belum siap peralatan camp, jadi mungkin next time kami bakal coba! Hehe.

Tips and Trick

Jangan membuang sampah sembarangan

Dateng di pagi atau sore hari

Jangan lupa bawa camera dan siapkan ootd yang keren!

Where to Stay
RM House 1 Homestay
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.