193 views | 2 Likes

Wisata Pango Pango, Negeri Diatas Awan Ala Tana Toraja

4 star (from 2 people)
Makale, Sulawesi Selatan, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 04 January 2019, 11:41:01
olive
Tourist

Awal tahu Wisata Pango Pango ini dari foto sepupu saya yang baru saja pulang dari sana. Dari fotonya saja bagus sekali, apalagi kalau melihat...

How to Get There

Kalau biasanya liburan saya berburu kuliner di Makassar, seperti Coto Paraikatte, Coto Nusantara hingga Pallubasa Serigala, kali ini saya mau jalan-jalan donk di daerah Sulawesi Selatan. Salah satu sepupu saya di Makassar bilang, kalau dia baru saja pulang dari Wisata Pango Pango, karena penasaran, saya pun memutuskan untuk merencanakan liburan kesana juga saat libur tahun baru kemarin. 

Ditemani oleh salah satu sahabat saya yang bernama Hary, kami berdua pun berangkat menuju Wisata Pango Pango. Ohya, Pango Pango ini adalah wisata ala ala agrowisata yang ada di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kelurahan Tosapan dan sebagian lagi masuk Kelurahan Pasang, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja. Jadi kita memulai perjalanan dari Kendari menuju ke Makassar dengan pesawat kemudian dilanjutkan dengan transportasi darat menuju Kabupaten Tana Toraja yang jaraknya sekitar 300 kilo meter dari kota Makassar. Memang lumayan jauh guys, tapi benar-benar terasa petualangannya.

Sesampainya di lokasi wisata, setiap pengunjung yang datang wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000. Namun, kalian sudah tidak perlu membayar parkir lagi didalam. Harga yang bisa dibilang cukup terjangkau untuk semua kalangan ya guys?

 

What to Do

Awal tahu Wisata Pango Pango ini dari foto sepupu saya yang baru saja pulang dari sana. Dari fotonya saja bagus sekali, apalagi kalau melihat langsung, pasti lebih indah. Saat pertama kali menginjakkan kaki disini, kami disambut dengan pepohonan dan semak hijau yang rindang. Untungnya, akses jalannya sudah bagus sehingga mempermudah pengunjung untuk mengeksplore wisata ini. Wisata Pango Pango ini berada di ketinggian sekitar 1700 meter diatas permukaan laut, dimana diatasnya ada sebuah gazebo untuk menikmati panorama alam dan hembusan angin sepoi-sepoi. Karena lokasinya ada diketinggian, pastinya udara diatas dingin dan sejuk. 

Dulunya, Agrowisata Pango Pango ini adalah puncak yang digunakan untuk mengawasi setiap pergerakan musuh bagi tentara Jepang. Menurut mereka, lokasi ini sangat strategis dan cocok digunakan sebagai tempat pemantauan karena berada di dataran tinggi. Sekarang, tempat ini telah menjadi objek wisata yang paling diburu oleh warga Sulawesi Selatan dan sekitarnya.

Pango Pango diberi julukan sebagai agrowisata karena disini pengunjung juga bisa mengenal pembibitan, penanaman hingga pemetikan buah. Produk unggulan dari agrowisata ini adalah kopinya. Kalian pasti udah tahu donk ya bagaimana terkenalnya Kopi Toraja, nah kopi tersebut berasalnya dari sini lho. Selain menghasilkan kopi Toraja yang berkualitas, agrowisata ini pun menghasilkan sayuran, enau, tamarillo, buah cokelat, aneka macam bunga dan masih banyak lagi lainnya.

Dari ketinggian kami bisa menikmati keindahan kota Makale, hijaunya persawahan dan bukit kapur. Pemandangan yang indah adalah saat sunrise ataupun sunset. Karena kebetulan kemarin saya datang pas subuh, jadi kami bisa menikmati keindahan sunrise disini. Tak hanya sunrise yang indah, tapi juga gulungan awan yang sangat cantik dan kabut. Udaranya yang dingin membuat saya ingin menikmati segelas kopi Toraja yang lezat. Pemandangannya indah sekali, ngga bisa diungkapkan dengan kata-kata. So, kalian kesini aja langsung dan lihat sendiri keindahannya!



Tips and Trick

  • Untuk menuju kesini, baiknya kalian sewa kendaraan aja di kota Makale karena tidak ada transportasi umum menuju wisata ini.
  • Bawa baju hangat atau jaket yang tebal agar tidak kedinginan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Bawa kamera.
  • Jangan lupa untuk mencicipi kopi Toraja yang nikmat.
  • Jaga kebersihan di wisata ini.
  • Agar bisa menikmati keindahan sunset dan surise, lebih baik bermalam disini ya guys.

Video by Adrian Arie

 

Gallery (7)

Comments (2)