Hutan Pinus Pengger : Wisata Alam yang Instagramable Incaran Anak Muda!

hutan pinus pengger

aldilasalma | Traveler
Bantul, Yogyakarta, Indonesia | Family Trip
24 Nov 2019


Hutan Pinus Pengger : Wisata Alam yang Instagramable Incaran Anak Muda!
Berencana berlibur ke Jogja jangan lupa untuk kunjungi wisata yang satu ini, Hutan Pinus Pengger! Disana kalian bisa menikmati indahnya alam dengan udara yang sejuk dan segar. Plus dapat foto yang oke

How to Get There

Lagi pengen banget liburan nih dan mumpung cuti akhir tahun masih cukup buat liburan jadilah weekend kemarin aku memutuskan untuk menghabiskannya di Jogja. Sebenernya udah sering banget sih ke Jogja karena emang jaraknya cukup dekat dari rumah aku di Magetan. Tanpa pikir panjang langsung ajakin keluarga kesana dan mereka setuju. Baru deh h-1 baru siap-siap cari hotel dan service mobil. Emang ya kalau travelling dadakan gini lebih greget!

Sebelum berangkat aku udah bikin itinerary untuk ke Joga 2D1N. Singkat sih tapi aku mau mengunjungi beberapa tempat yang emang belum pernah aku kunjungi. Kalau biasanya ke Jogja mengunjungi city trip-nya atau beberapa pantai, yang ini aku mau sedikit eksplore. Tujuan pertama aku adalah Hutan Pinus Pengger.

hutan pinus pengger


What to Do

Hutan Pinus Pengger ini berada di Jl. Dliongo-Patuk, Pantirejo, Bantul, DIY. Untuk bisa kesana aku hanya mengandalkan maps karena emang belum pernah juga. Yang jelas wisata ini udah masuk dalam kawasan Gunung Kidul. Untuk tracknya cukup berkelok-kelok ya. Ya buat kalian yang pernah main ke daerah gunung kidul pasti udah biasa dengan tracknya yang sedikit menanjak dan berkelok-kelok.

hutan pinus pengger

Karena berangkatnya aku emang nggak lewat jalan tol jadi au mengambil rute dari Magetan – Tawangmangu – Karanganyar – Solo – Klaten. Kira-kira aku memakan waktu kurang lebih jam 4,5 jam. Emang cukup lama karena jalanan cukup padat dan kami memang myetirnya santai.

hutan pinus pengger
Sesampai disana langsung deh cari parkir terdekat biar jalannya nggak terlalu jauh. Sebelum memasuki area hutan pinus kita terlebih dahulu harus membayar HTM seharga Rp. 3.000,- saja untuk satu orang. Selanjutnya kita bisa eksplor ke dalam kawasan Hutan Pinus Pengger ini.

Begitu sampai disana cukup banyak pengunjung yang datang jadi kalau ingin foto di beberapa spot menarik harus antre. Pertama aku foto di spot akar-akar yang dibentuk seperti tangan raksasa yang mencengkaram. Untuk bisa foto disini kita akan dikenakan lagi biaya Rp. 2.000,- sayangnya karena sore jadinya hasil fotoku backlight. Mungkin di spot ini bakalan bagus saat pagi hari atau malam hari seperti foto-foto yang biasa kita temui saat browsing.

hutan pinus pengger
Next jalan lagi ke spot selanjutnya ada akar yang dibentuk seperti tangan mengepal mirip icon sip gitu deh. Tapi karena antre-nya panjang aku skip foto disitu dan lanjut untuk duduk-duduk santai sambil menikmati hembusan angin dibawah pohon pinus ini.

hutan pinus pengger

Yang bikin gemes banyak juga buah pinus yang jatuh berguguran di tanah. Cocok banget nih buat printilan foto biar makin gemes. Meskipun nggak foto di anek bentuk akar-akaran kalian juga bisa kok cari spot foto di sela-sela pepohonan pinus. Hasilnya juga nggak kalah menarik. Selain itu coba deh foto ke arah langit, hmmm kerasa banget ademnya!

hutan pinus pengger
Saat di Hutan Pinus Pengger ini kalian bisa menikmati udara yang sejuk dan suasana yang rindang. Dijamin deh kalian bakalan betah berlama-lamaan disini. Buat yang punya penat atau sumpek dengan kehidupan kota buran deh dateng kesini dijamin lebih tenangg hehehe.

hutan pinus pengger

Puas berfoto di Hutan Pinus Pengger aku melanjutkan ke tempat tujuan selanjutnya yang nggak terlalu jauh dari sini, yaitu Heha Sky View yang lokasinya sebenarnya udah kami lewatin sebelum ke Hutan Pinus Pengger ini. So buat kalian yang masih kepo baca review selanjutnya ya!

Tips and Trick

1. Datang pagi atau sore hari

2. bawa kamera

3. cari spot yang bagus

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.