149 views | 1 Likes

Pantai Pok Tunggal, Pesona Surga Tersembunyi Di Gunung Kidul

4 star (from 1 people)
Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 03 January 2019, 11:53:50
nur
Sightseeing

Mungkin menurut beberapa traveler atau pun kalian yang udah lama menetap di Jogja, pantai ini udah ngga asing lagi. Pantai ini punya ciri khas yang...

How to Get There

Liburan akhir tahun kemarin kebetulan banget aku libur panjang dan aku ngga mau menyiakan kesempatan ini begitu aja. Akhirnya, aku pun memutuskan untuk jalan-jalan meskipun masih di sekitaran Jogja aja. Seperti yang udah kita tahu, Jogja itu punya banyak banget wisata keren, apalagi kalo kalian jalan-jalan ke kawasan Gunung Kidul. Kalo main ke Gunung Kidul, biasanya aku pergi ke pantai-pantai keren, seperti Pantai Nguluran dan Pantai Ngobaran. Karena aku emang suka banget sama pantai, aku pun pergi ke Pantai Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal ini berlokasi ngga jauh dari Pantai Indrayanti, yaitu di Desa Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi pantai ini berada di tengah dua pantai, yaitu Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Akses untuk menuju ke pantai ini juga bisa dilalui dengan motor, mobil atau transportasi umum. Akupun kemaren naik motor barengan salah satu sepupuku dan butuh waktu 2 jam perjalanan dengan rute dari pusat kota Jogja, aku mengarahkan kendaraan menuju Wonosari kemudian belok ke selatan menuju Tepus. Setelah lewat gerbang retribusi dan ketemu pertigaan, belok kiri dan tibalah di Pantai Pok Tunggal.

What to Do

Mungkin menurut beberapa traveler atau pun kalian yang udah lama menetap di Jogja, pantai ini udah ngga asing lagi. Pantai ini punya ciri khas yang mirip dengan pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya dengan pasir putih, begitu juga dengan Pok Tunggal yang mempunyai pasir putih yang lembut. Tapi nih guys, Pantai Pok Tunggal ini juga punya ciri khas yang menarik dan berbeda dengan pantai lainnya yaitu adanya Pohon Duras. 

Menariknya nih guys, nama Pok Tunggal ini diambil dari Pohon Duras tersebut yang hidup di pinggir pantai. Pohon atau Pokok Duras yang tumbuh di pantai ini cuma ada satu, maka dari itu pantai ini diberi nama Pok Tunggal. Pohon Duras ini juga masih sangat dijaga oleh warga sekitar biar ngga dirusak oleh wisatawan yang datang kesana.

Selain pasir putihnya yang lembut, daya tarik lainnya dari pantai yang panjang ini adalah adanya bukit yang bisa dinaiki oleh wisatawan. Dari atas sini tentunya kalian bisa melihat pemandangan pantai yang sangat indah dari ketinggian. Selain itu, ombak di area pantai ini cukup tenang sehingga kalian bisa melakukan beberapa kegiatan air yang seru seperti berenang atau snorkeling.

Ngga cuma itu aja guys, pantai ini memang punya banyak sekali hal unik dan menurut aku yang paling unik adalah adanya aliran sungai bawah tanah yang airnya tawar dan ngga tercampur dengan asinnya air laut. Sungai ini bikin penasaran semua pengunjung yang dateng ke pantai ini pastinya. Pasalnya, aliran sungai ini menjadi sumber mata air tawar utama yang menghidupi masyarakat sekitar pantai. Unik banget kan? 

Buat kalian yang males bermain air di pantai, kalian juga bisa bersantai di pinggir pantai ini dengan menyewa payung pantai biar bisa santai tanpa kepanasan. Sambil santai, pastinya juga kalian bisa menikmati beragam kuliner dan minuman ringan yang banyak dijual di warung dekat pantai ini. 

Seru banget kan perjalanan aku ke Pantai Pok Tunggal ini? Yuk ke Jogja dan jangan lupa mampir ke Pantai Pok Tunggal ya.




Tips and Trick

  • Tiket masuk yang dikenakan ke pantai ini Rp 3000 untuk motor, Rp 5000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk minibus.
  • Pemandangan terbaik di pantai ini adalah saat matahari terbenam atau sunset.
  • Buat kalian yang pengen bermalam disini juga bisa, yaitu dengan camping. Biaya sewa camping di pantai ini kisaran Rp 5000 - Rp 10.000 per malamnya.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Karena matahari di pantai biasanya terik banget, jangan lupa pake sunblock, kacamata hitam dan topi.
  • Bawa baju ganti dan peralatan mandi.
  • Buat kalian yang pengen snorkeling, jangan lupa bawa peralatan sendiri ya. Soalnya disini ngga ada yang menyewakan.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Video by Official NET News

Gallery (7)

Comments (2)