135 views | 1 Likes

Puri Maerokoco, Keliling Jawa Tengah Dalam Sehari!

4 star (from 1 people)
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Theme Park

Posted on 28 December 2018, 11:11:28
jimmy
Tourist

Puri Marokoco adalah salah satu wisata yang wajib banget buat dikunjungi kalo kalian lagi jalan-jalan ke Semarang. Soalnya, wisata ini terdiri dari...

How to Get There

Karena liburan akhir tahun ini aku ngga libur terlalu panjang, akhirnya aku mutusin buat jalan-jalan di sekitaran kota Semarang aja. Kemarennya aku udah share pengalamanku jalan-jalan ke Taman Indonesia Kaya dan Kampung Kopi Banaran. Kedua wisata itu cukup menarik buat dikunjungi dan lokasinya juga ngga terlalu jauh dari pusat kota Semarang. Meskipun aku udah lama tinggal di Semarang, nyatanya masih banyak banget tempat wisata disini yang belum pernah aku kunjungi, salah satunya adalah Puri Maerokoco yang ada di Semarang Barat. Wisata ini adalah bagian dari PRPP atau Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan. Lokasinya ada di Jalan Yos Sudarso, Tawangsari Semarang.

Karena lokasinya yang dekat dengan pusat kota, yaitu sekitar 5 kilo meter dari Tugu Muda Semarang, ngga susah buat cari kendaraan umum untuk menuju kesini. Kalian bisa naik kendaraan pribadi ataupun naik taksi menuju ke Puri Maerokoco ini. Karena aku warga Semarang, aku pun memutuskan naik kendaraan pribadi aja menuju kesini dan kebetulan ditemani oleh salah satu temen kantor. Rutenya juga gampang banget, dari Tugu Muda tinggal lurus aja sampe di lampu merah. Lalu di kanan jalan ada papan petunjuk yang bertuliskan PRPP, nah tinggal belok kanan dan ikuti papan petunjuk yang udah banyak tersedia disini. Kalo kalian ngga bawa kendaraan pribadi, kalian juga bisa naik kendaraan umum seperti bus atau ojek online.

What to Do

Puri Marokoco adalah salah satu wisata yang wajib banget buat dikunjungi kalo kalian lagi jalan-jalan ke Semarang. Soalnya, wisata ini terdiri dari miniatur provinsi Jawa Tengah, bisa dibilang sih mirip sama Taman Mini gitu, tapi ini versi Jawa Tengahnya. Puri Maerokoco memiliki luas sekitar 23 hektar dan dibangun sekitar tahun 1980an. Nama dari Maerokoco sendiri diambil dari bagian apos Mahabarata yang menceritakan tentang salah seorang dewi yang memiliki seribu bangunan dalam satu malam.

Video by NET BIRO JAWA TENGAH

Tiket masuk Puri Maerokoco ini bisa dibilang cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 per orang. Tapi kalo kalian mau masuk ke wahana lainnya, bakal dikenakan biaya lagi guys, tapi murah kok, rata-rata mulai dari Rp 5.000 aja per wahananya.

Yang menjadi daya tarik utama dari Puri Maerokoco ini adalah hutan mangrovenya. Pemandangan hutan mangrove ini sangat cantik dan eksotis, pastinya bikin siapapun yang kesini bakal terpesona. Hutan ini didirikan diatas perairan pinggir pantai kota Semarang dan kegiatan seru yang bisa kalian lakukan disini adalah jalan-jalan santai sambil menikmati suasana dan udara yang segar. Suasananya pun tenang dan damai. Cocok banget buat melepas penat. 

Atau kalian juga bisa jalan-jalan naik perahu sambil menyusuri telaga di hutan mangrove ini. Telaga ini banyak ikan bandengnya lho guys, biasanya mereka akan bermunculan dengan cara melompat-lompat. Karena aksi mereka yang biasanya melompat, akhirnya ikan ini disebut dengan nama ikan bandeng terbang.

Selain hutan mangrove, wisata lain yang bisa dikunjungi antara lain desa wisata, istana anak-anak Indonesia, playground dan juga waterboom. Selain itu, disini juga ada museum iptek, kereta gantung dan gedung opera. Wisata-wisata tersebut sangat ramah untuk pelajar dan anak-anak sehingga Puri Maerokoco cocok banget jadi wisata edukasi. Ngga heran kalo wisata ini rame banget pas musim libur sekolah seperti sekarang.

Tapi yang paling aku suka disini adalah adanya 35 anjungan atau perwakilan kebudayan dari 35 kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Bener-bener mirip banget sama yang ada di TMII. Dengan dateng kesini, aku jadi tahu tentang berbagai jenis rumah adat dan kebudayaan dari Jawa Tengah. Terlebih lagi, disini kita juga bisa belajar langsung tentang kebudayaannya dan mengetahui apa aja hasil bumi yang khas dari daerah tersebut. Hal ini pastinya bisa menumbuhkan rasa cinta dengan tanah air karena kekayaan budayanya, khususnya budaya Jawa Tengah. Berasa keliling Jawa Tengah dalam sehari pokoknya!

Jadi guys, kalo kalian jalan-jalan ke Semarang, jangan lupa buat mampir ke Puri Marokoco ya.

Tips and Trick

  • Wisata ini buka setiap hari mulai jam 08.00 - 17.00. Aku saranin mending dateng agak pagi biat lebih puas berlama-lama disini.
  • Jangan lupa pake sunblock dna topi karena kawasan mangrove lumayan terik.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Jaga kebersihan.

Gallery (5)

Comments (1)