437 views | 1 Likes

Segarnya Sumber Mata Air Umbulan Yang Sejernih Kaca

5 star (from 1 people)
Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
Category: Snorkling

Posted on 27 December 2018, 11:48:24

Pasuruan memang terkenal dengan udaranya yang panas karena letaknya berada di dekat pantai utara jawa timur , apalagi sebagian besar pasuruan adalah kawasan industri. Namun maish ada guys tempat yang bisa buat Ngadem yaitu di sumber umbulan.

How to Get There

Sumber mata air Umbulan berada Desa Umbulan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Keindahan mata air umbulan ini tak bisa di ragukan lagi ni guys , karena memiliki tingkat kejernihan air yang bakal bikin kalian  jatuh saat berada disini. Debit air ini bisa mencapai 5000 liter ni guys dan memiliki 2 kolam yang berbeda dengan memiliki tingkat kedalama yang berbeda pula.

Lalu bagaimana cara untuk menuju ke sumber mata air Umbulan ini ???

Dari kota Pasuruan berjarak sekitar 20 km dan dapat di tempuh dengan kendaraan roda 2 ataupun lebih. Untuk rutenya terdapat beberapa rute jika dari pusat kota , mulai dari via jalan raya pantura ataupun via perempatan warungdowo, Nah jika dari perempatan warung dowo anda tinggal mengambil belok ke kiri jika dari pusat kota lalu anda tinggal lurus saja melewati jl.Raya warung dowo timur – jl. Raya Gayam hingga sampai di pasar winongan . Nah setelah sampai di pasar winongan terdapat pertigaan dan anda tinggal ambil belok ke kanan lalu lurus saja mengikuti jalan tersebut sejauh 6 km dengan kondisi jalan yang lumayan bagus, nah setelah sampai di desa umbulan terdapat pertigaan anda tingga ambil belok ke kanan ni guys dan tak jauh dari situ anda akan sampai di sumber mata air umbulan.

Sesampai di lokasi pastinya anda akan di sambut oleh warga lokal yang memanfaatkan air tersebut untuk keperluan sehari-hari mulai dari mandi hingga mencuci pakaian. Nah setelah itu guys anda tinggal memarkirkan kendaraan kalian di sebelah kolam umbulan ini guys. Untuk retribusi masuk kita tak akan di kenakn biaya masuk meskipun itu weekend , namun anda hanya akan di kenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp.2000/ motor dan Rp.10.000/mobil. Nah setelah membayar parkir barulah kita bisa masuk dan menikmati kesegaran air umbulan ini guys.

What to Do

Lalu apap saja yang bisa kita lakukan disini ???

Oh ya ni guys disini terdapat 2 buah kolam yang bisa kita gunakan untuk berenang serta menikmati kesegaran airnya , kolam yang pertama berada di dekat area parkiran dan yang ke dua berada di atas kolam pertama serta merupakan kolam yang terbesar karena sumbernya berada di kolam tersebut ni guys.


 

Sumber ini begitu jernih bak kaca dan kita bisa melihat dasarnya dari atas dengan memiliki kedalaman yang berfariasi mulai dari 50 cm hingga 3 meter guys. Air nya begitu dingin , segar dan sangat bening. Di dalamnya terdapat  rumput air , bebatuan serta ikan kecil yang menghiasi kolam umbulan ini sehingga jika kita melihat dengan snorkle ataupun kacamata renang di dalamnya bak aquarium besar yang sangat menawan.

Kegiatan wajib yang harus kita lakukan disini adalah berenang  dan perlu di ingat ni guys , jika anda berenang disini anda wajib membawa kacamata renang ataupun snorkle ,  karena disini kita akan di suguhkan pemandangan bawah air yang sangat eksotis dan akan membuat anda terpukau dengannya. Sepanjang kita mengeksplore kolam umbulan ini kita akan di temani oleh ikan-ikan kecil yang sangat banyak sehingga anda seolah berada di dalam aquarium raksasa ni guys. Apalagi airnya yang begitu jernih akan membuat anda betah berlama-lama di sumber umbulan ini guys. Satu lagi ni guys kegiatan wajib saat berad di sumber umbulan ini adalah fotografi bawah air dengan camera underwater kalian ni guys . setiap anda berfoto dan berpose disini kita akan mendapatkan angle ataupun beckground yang sangat mempesona dan pastinya kekinian banget. Terdapat bebatuan yang beraneka ragam bentuknya sehingga menambah kesan eksotis di dalamnya. Apalagi tumbuhan hijau yang menghiasi di sekeliling akan membuat foto anda disini sangat bagus dan menarik.




Lelah berenang di sumber umbulan ini kalian pastinya lapar ni guys , jangan khawatir karena disini terdapat beberapa warung yang berjualan makanan dan minuman dengan harga yang sangat terjangkau. Disini tidak terdapat kamar mandi umum hanya ada kamar ganti baju saja ni guys .

Tips and Trick

Tips dan Trick saat berkunjung ke sumber umbulan :

1. Bawa snorkle ataupun kacamata renang agar bisa menikmati indahnya panorama bawah air sumber umbulan

2. Pakailan sunblock karena cuaca disini tergolong panas

3. Bawa peralatan mandi seperti sabun dll untuk membilas badan setelah bermain air disini

4. Bawa gaju ganti karena kita akan basah – basahan disini

5. Bawa camera underwater untuk mengabadikan moment bawah airnya

6. Jangan buang sampah sembarangan disini guys agar tempat ini selalu bersih dan terawat.

 

Gallery (0)

Comments (2)