144 views | 0 Likes

Jl. Panggung Surabaya : Satu Lagi Spot Foto Klasik di Surabaya yang Penuh Sejarah

5 star (from 2 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: Photography

Posted on 12 November 2019, 11:51:11

Kalian suka foto dengan tema yang klasik tapi menarik? Buat yang di Surabaya coba deh datang ke Jl. Panggung, disana kalian bakal nemuin banyak spot foto menarik siap hiasi feed Instagram kamu jd kece

How to Get There

Hari minggu kemarin emang udah rencana sama temen aku buat hunting di salah satu spot kece di Surabaya. Tempatnya adalah Jl. Panggung, lokasinya dekat Kya-kya Surabaya. Kalau kalian bingung tinggal pakai google maps aja pasti gampang. Karena Jl. Panggung ini masih dalam area kota tuanya Surabaya jadi bakalan banyak spot menarik disini.

wisata di surabaya
Jadi aku berangkat sekitar jam 7 biar nggak terlalu panas. Yaaa tau sendiri kan Surabaya panasnya kayak gimana kalau siang hehehe. Karena masih pagi jadi jalanannya masih lengang dan masih (lumayan) adem. Kira-kira butuh 20 menit dari kos aku ke Jl. Panggung ini.

wisata di surabaya


What to Do

Begitu sampai sana kalian bisa langsung parkir dan menyusuri jalan Panggung ini. Nggak ada HTM-nya kok guys Cuma perlu bayar parkir aja Rp. 2.000,-. Pas aku kemarin cukup banyak pengungjung lain yang juga hunting, ada beberapa juga yang sedang melakukan pemotretan untuk pre-wedding.

Jadi disini spot fotonya sepertu toko dan bangunan tua yang dindingnya di cat warna-warni. Sekilas memang mirip kampung warna-warni tapi disini lebih vintage gitu.

wisata di surabaya
Sedikit cerita dulunya Jl. Panggung ini jalanan yang cukup terbengkalai karena seperti toko-toko tua dan bangunan tua saja dan terkenal kumuh dan becek. Dan pada akhirnya pemkot Surabaya mulai melakukan perubahan pada Jl. Panggung ini. Mulai dari pemavingan sepanjang Jl. Panggung, bekerja sama dengan perusahaan cat untuk memperindah bangunan disini, dan tak lupa ditambah dengan lampu artistik yang terkesan kuno. Jadi kalau disini kalian udah merasa seperti kota-kota tua di Eropa.

wisata di surabaya
Selain itu dulunya di Jl. Panggung ini merupakan pusat perdagangan sejak zaman kerajaan hingga penjajahan. Dan penduduk yang mendominasi tempat tersebut mulai dari Arab, Cina, Jawa, dan Madura. Jadi tak heran kalau banyak bangunan klasik disini.

Eitss tenang aja, nggak melulu dengan backgorund warna-warni kok disini. Kalau kalian mau lebih explore dan menyusuri gang-gang kecilnya kalian bakalan menemukan pintu-pintu kayu kuno dan cocok banget buat backgorund fotonya!

wisata di surabaya
Yang bikin nambah suasana lagi, Jl. Panggung ini masih banyak tukang becak yang berlalu-lalang. Dan orangnya juga ramah-ramah, jadi semakin kental aja suasana vintage disini. Puas foto dengan background pintu kuno warna-warni saatnya pindah ke dalam gang karena sambil cari tempat yang nggak terlalu panas. Padahal baru jam 8 pagi sih tapi yaaa panasnya udah sampek ubun-ubun haha. Nah di gang situ (maaf nih lupa namanya) ada beberapa spot foto menarik. Mulai pintu kayu yang udah sedikit lapuk dengan cat yang luntur, sampai dinding putih dengan beberapa jendela yang desain-nya artistik banget. Bagus! Nah sedikit saran nih kalau disini kalian bisa bawa beberapa properti seperti bunga, benda-benda kuno, atau apapun itu buat mempercantik foto kamu.

wisata di surabaya
Karena hari udah mulai panas akhirnya aku pindah spot foto. Nggak jauh kok kalian tinggal jalan keluar ke arah Kya-kya dan disana ada banyak spot foto yang nggak kalah kece. Ada jembatan dengan lampion dan lorong-lorong pasar yang nyatanya bikin foto tambah menarik.

Hari udah semakin siang dan panas sudah semakin menjadi maka aku memutuskan untuk pulang. Apalagi aku udah lihat beberapa hasil fotonya di kamera dan udah dapet banyak foto kece, jadi yap saatnya pulang!

Nah gimana udah pengen dapet foto kece seperti itu? Yuk deh daripada nge-mall aja cobain datang ke Jl. Panggung, wisata kece dengan banyak sejarah!

wisata di surabaya


Tips and Trick

1. Datang pagi biar nggak panas laughing

2. Bawa kamera

3. Bawa properti foto

Gallery (7)

Comments (0)