4 star (from 1 people)
97 views | 1 Likes
Danau Kaco: Danau Sebening Kaca yang Menyimpan Misteri!
Jambi, Jambi, Indonesia
Category: City Trip


Posted on 21 December 2018, 14:03:46
Tourist
Location on Google Maps
Danau Kaco
Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Dusun Baru Lempur, Kerinci, Kota Jambi, Jambi, Indonesia
How to Get There

Hallo friends, udah lama banget nggak ngetrip yang jauh. Mumpung kali ini lagi ada di Pulau Sumatera, aku ggak mau kehilangan momen buat liburan juga. Kali ini aku memilih provinsi Jambi untuk ku explore. Ada Taman Nasional Kerinci Seblat yang biasa disingkat dengan TNKS. Yakni taman nasional terbesar di Sumatera yang tentu diisi oleh banyaknya flora dan fauna.

Ngomongin soal Taman Nasional Kerinci Seblat, kalian bisa nemuin tempat wisata yang nggak biasa lho disini. Namanya adalah Danau Kaco. Banyak yang bilang sih Danau Kaco memiliki air yang sangat jernih. Dibalik airnya yang jenih sebening kaca, juga banyak cerita misterinya. Pensaran sih.

Lokasinya ada di Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci, Kota Jambi, Indonesia. Kalian bisa cari di google maps ya soal lokasi danau cantik ini.

What to Do

Berada di ketinggian 1289 mdpl, menjadikan Danau Kaco ini memiliki suasana yang sangat sejuk. Meskipun berukuran kecil yakni hanya 30 x 30 meter saja, Danau Kaco ini nggak mengecewakan pengunjung kok kalau dikunjungi.

Ukurannya yang kecil nggak menjadikan danau ini jelek, justru makin cantik dan banyak dihuni oleh ikan ikan. Ada ikan endemik dan lagi lagi airnya yang jernihhhh sejernih kaca bikin kalain salah fokus deh kalau kesini.

Mitospun banyak bertebaran tentang Danau Kaco yang indah ini. Konon, danau ini memang menyimpan cerita mistis yang sangat kental. Menurt warga setempat, ada cerita yang diyakini hingga saat ini. Ada yang bilang kalau dulunya ada puti cantik yang dimasukkan ke danau ini. Itulah yang membuat Danau Kaco ini jadi jernih.

Oh iya, banyak juga yang bilang kalau malam hari Danau Kaco ini mengeluarkan cahaya yang terang kalak lampu gitu lho. Jadi, kalau missal kalian ngecamp di kawasan Danau Kaco ini, kalian nggak perlu lagi nyalain api unggun atau lampu. Kalau bulan purnama datang, cahaya yang terpancar dari air di Danau Kaco ini makin terang lho.

Siapa sangka danau cantik nan indah ini pernah memakan korban. Yak, Danau Kaco pernah memakan korban hingga meninggal dunia lho. Kalian bisa cari infonya di google yaa.

Banyak fotografer atau penikmat alam yang datang ke Danau Kaco ini. Tak hanya menikmati indahnya Danau Kaco dengan mata telanjang, tapi mereka juga mengabadikan keindahan Danau Kaco sebaik mungkin. Airnya yang jernih bikin danau ini indah banget kalau difoto.

Meskipun memiliki air yang jernih, hingga kini belum ada yang tau lho kedalaman si Danau Kaco ini. Mungkin karena orang orang takut buat ngukurnya kali ya hahah. Oh iya, ada mitos juga soal ikan ikan yang ada disini. Jadi kalian para pemancing bakal susah banget dapet ikan, meskipun ikannya terlihat jelas karena airnya yang jernih. Wah wah bisa gitu ya.

Danau Kaco ini juga baru baru ini lho dibuka sebagai tempat wisata. Kurang lebih satu atau dua tahun yang lalu. Meskipun begitu, keindahan danau ini masih sagat dijaga. Nah ini PR nih buat kalian, kalau keisni jangan ngerusak atau membuang sampah sembarangan ya!

Kalau liburan ke Danau Kaco jangan lupa foto foto ya. Udah deh meskipun banyak mitos yang beredar bahkan hingga memakan korban, kalau niatannya baik juga oke oke aja kok kesini. Jangan takut buat mengunjungi tempat indah Danau Kaco ini ya!

Tips and Trick
  • Yang terpenting, jangan lupa bawa camera ya!

Youtube : Renal Craventure

Gallery (5)
Comments (1)