120 views | 0 Likes

Hammocking Seru di Tebing Hawu: Wisata Antimainstream di Bandung

0 star (from 0 people)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 21 December 2018, 12:10:48
bozerwin
Sightseeing

Setibanya di Tebing Hawu, kendaraan yang masuk dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Setelah parkir mobil, kita pun langsung mendaki menuju puncak...

How to Get There

Hai guys, udah lama juga nih ngga share cerita jalan-jalan. Maklum lah, lagi sibuk kerja. Anyway, gue kemarennya sempet share pengalaman jalan-jalan di Purwakarta, nah kali ini mumpung dapet cuti buat liburan akhir tahun, akhirnya gue mutusin buat liburan di Bandung. Kalo biasanya tiap liburan gue habisin di Garut, kali ini gue pengen liburan yang berbeda. Kebetulan juga gue diajakin sama temen-temen kuliah gue dulu buat jalan-jalan ke Bandung, tapi wisata yang bakal kita kunjungi ini adalah wisata yang antimainstream, yaitu Tebing Hawu yang berlokasi di Padalarang.

Kebetulan, temen-temen gue ini banyak berdomisili di Bandung kota dan untuk menuju ke Padalarang, kita pun mutusin buat bawa mobil salah satu temen gue dengan catetan patungan beli bensin, tol dan gantian nyetir. Kebetulan juga kita semua punya sim dan bisa nyetir, jadi lumayan hemat diongkos. Hehehe..

Kita lewat Pasteur dan langsung menuju Padalarang. Perjalanan butuh waktu sekitar satu jam. Setelah lewat dua gerbang tol, kalian akan melewati sebuah pabrik marmer yang ada di kiri jalan, terus jalanan bakal berubah menjadi tanah dan berbatu. Jalanannya lumayan bergelombang, jadi pastikan kalian bawa mobil yang cocok untuk rute ini ya.

 

 

What to Do

Setibanya di Tebing Hawu, kendaraan yang masuk dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Setelah parkir mobil, kita pun langsung mendaki menuju puncak Tebing Hawu. Fyi nih guys, ketinggian tebing ini sekitar 80 meter dari atas permukaan tanah. Bisa dibayangin donk gimana pemandangan dari atasnya. Keren parah! Tapii, perjuangan untuk menuju puncaknya juga cukup melelahkan guys. Jadi harus extra hati-hati, apalagi kalo kalian kesininya pas musim hujan.

Video by TRANS TV Official

Puncak dari Tebing Hawu ini adalah sebuah perbukitan kapur dengan pemandangan hijau yang sangat fantastis. Dari atas sini, kalian bisa melihat persawahan milik warga setempat. Ngga cuma itu, kalian juga bisa menikmati keindahan tebing kapur ini dari atas. Oiya, Tebing Hawu ini cukup unik lho guys, soalnya punya lengkungan alami ngga heran kalo banyak orang yang bilang kalo tebing ini mirip banget sama yang Natural Bridge yang ada di Virginia. 

Tebing ini udah lama banget jadi tempat favorit para pemanjat tebing. Dan mumpung ada disini, sekalian aja gue dan temen-temen mau cobain hammocking. Disini udah ada pihak pengelola yang pastinya udah siap membantu kita guys. Kalian pun ngga usah khawatir soalnya keamanan dan keselamatannya juga bakal dijamin. Kalian cuma butuh keberanian aja buat begelantungan diantara tebing ini. Soalnya kalo takut, pastinya kalian ngga akan bisa foto diatas ketinggian ini. Apalagi kalian yang takut ketinggian.

Gue juga awalnya agak ngeri, pasalnya jalan menuju ke hammock ini juga lumayan terjal. Tapi karena keinginan untuk menikmati pemandangan dari ketinggian ini udah bulat, maka dari itu gue coba buat ngalahin rasa takut gue. Apalagi, ini pertama kalinya gue nyobain manjat tebing begini, yang ada dipikiran gue cuma “Gimana ya nanti kalo hammock ini jatuh?” tapi gue coba buat tenangin diri. Jadi kuncinya juga jangan panik guys.

Setelah semua peralatan pengan berhasil terpasang di badan gue, gue pun segera menuju hammock. Tapi pas udah ada diatas hammock dan berhasil mengalahkan ketakukan gue, gue pun ngerasa nyaman malah cenderung pengen berlama-lama bersantai disini. Hahaha... Ohya, jangan lupakan foto-foto juga diatas sini guys dan pihak pengelola pun bakal membantu kalian untuk mengabadikan momen kalian dari berbagai sudut.

Gue dan teman-teman memutuskan untuk menginap semalam disini dengan camping karena pemandangan sunrise disini keren banget. Ngga kalah sama sunrise di Gunung Bromo Jawa Timur dan Dieng Jawa Tengah.

Tips and Trick

Buat kalian yang pengen cobain liburan berbeda di Bandung, jangan lupa buat datangi Tebing Hawu ya guys. Sebelum itu, gue ada beberapa tips buat kalian:

  • Gunakan mobil yang tidak terlalu rendah soalnya jalannya berbatu.
  • Bawa kamera.
  • Kalo pengen lihat sunrise, baiknya kalian camping disini.
  • Gunakan sandal gunung agar nyaman mendaki.
  • Jaga kebersihan.

Gallery (5)

Comments (2)