137 views | 1 Likes

Terpesona Kecantikan Curug Leuwi Hejo, Green Canyon nya Bogor?

4 star (from 1 people)
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 20 December 2018, 11:03:52
sandal
Tourist

Curug Leuwi Hejo sering kali disebut sebagai Green Canyon nya kota Bogor. Soalnya, air dari curug ini memiliki kolam berwarna hijau toska dibawah air...

How to Get There

Halo teman-teman, udah lama nih ngga sharing pengalaman liburan lagi. Maklum lagi musim hujan, jadinya jarang liburan. Meskipun gitu, lama-lama saya juga ngerasa bosen di rumah ngga ngapa-ngapain, apalagi saat liburan begini. Akhirnya, kemarin saya mutusin buat jalan-jalan aja di sekitaran Bogor. Toh musim hujan atau ngga, Bogor juga tetep bakalan hujan kan. Udah banyak sekali wisata Bogor yang udah saya kunjungi dan kebanyakan adalah Curug atau air terjun. Diantaranya adalah Curug Luhur, Curug Panjang dan Curug Cilember. Nah kali ini saya mau pergi ke salah satu curug yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya, yaitu Curug Leuwi Hejo. Curug ini lokasinya deket sama Curug Cibaliung

Curug Leuwi Hejo berada di Kampung Wangan Cileungsi, Sentul, Bogor. Dari pusat Bogor jaraknya sekitar 10 kilometer dan butuh waktu perjalanan sekitar 20 sampai 45 menit. Rute yang ditempuh dari pusat kota Bogor, kalian bisa pergi ke Sentul City, kemudian jika sudah melewati Giant Supermarket, belok ke arah rainbow hills golfdan posen Babakan Madang. Setelah itu tinggal lurus aja. Sepanjang perjalanan pun kalian bisa menikmati pemandangan hijaunya sawah yang asri.

Setelah sampai di parkiran Curug Leuwi Hejo, kalian harus bayar parkir sebesar Rp 8000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Tiket masuk curug pun dipatok per orangnya sebesar Rp 5.000. Eitss, tapi perjalanan air terjunnya masih berlanjut lho guys karena setelah parkir kendaraan, kalian harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju ke air terjunnya. 

Perjalanan menuju ke air terjun ini juga lumayan lama guys yaitu sekitar 1 jam, tergantung juga kalian banyak istirahat atau ngga. Jalanan yang kalian lewati berupa tanah basah, bebatuan dan ada sungai kecilnya juga. Pemandangan selama perjalanan juga ngga kalah asri karena ada pemandangan sungai berbatu yang sangat indah.

What to Do

Curug Leuwi Hejo sering kali disebut sebagai Green Canyon nya kota Bogor. Soalnya, air dari curug ini memiliki kolam berwarna hijau toska dibawah air terjunnya. Kolam alami berwarna hijau toska ini juga semakin menambah keindahannya. Karena warnanya yang hijau segar ini, saya pun akhirnya segera menceburkan diri ke kolam Curug Leuwi Hejo ini. Air di kolam ini pun sangat jernih dan dingin, saya pun merasakan sendiri pas mencoba berenang di kolam alami ini. Karena airnya yang sangat jernih ini, saya sampai bisa melihat dasar kolam yang berupa tanah dan bebatuan. Tak hanya itu guys, kalo cuaca lagi cerah, biasanya cahaya matahari akan memantul dan membias di air kolam ini, keren banget!

Setiap pengunjung yang datang ke air terjun ini pastinya pengen banget buat segera menceburkan diri ke kolam dari Curug Leuwi Hejo ini. Tapi, buat kalian yang pengen berenang, harap hati-hati karena bebatuan disini sangat licin, jadi jangan sampai kepeleset. Buat kalian yang ngga bisa berenang juga saya ngga sarankan untuk berenang untuk menghindari hal-hal buruk soalnya dalam dari kolam ini lumayan, sampe 1,5 meter.

Meskipun curug ini ngga terlalu tinggi, yaitu hanya 2 meter saja. Meskipun begitu, keindahan curug ini semakin ditambah dengan adanya tebing-tebing cantik yang mengelilinginya. Terlebih lagi, fasilitas di curug ini juga cukup lengkap lho guys, ada gazebo untuk bersantai, toilet dan juga warung makan buat kalian yang kelaparan setelah berenang. Gimana guys? Pengen berenang disini juga ngga?

Tips and Trick

  • Curug ini buka setiap hari mulai jam 08.00 - 17.00.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Bawa baju ganti dan baju hangat.
  • Bawa perlengkapan mandi.
  • Jaga kebersihan.

 

Video by Backpacker Tampan

Gallery (5)

Comments (1)