sugengcool | Explorer
ninh binh, ninh binh, Viet Nam | Religious Place
03 Nov 2019


Pagoda Bai Dinh: Wisata Religi Penuh Arti
Berkunjung ke Vietnam, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Pagoda Bai Dinh. Sebuah wisata religi yang dikelilingi oleh pemandangan cantik yang asri

How to Get There

Melanjutkan perjalanan di Vietnam, masih berada di Ninh Binh dan aku mau menuju wisata wajib selanjutnya yaitu Pagoda Bai Dinh. Pagoda Bai Dihn ini berada di sebelah barat kompleks situs peninggalam ibukota Hoa Lu, Gia Sinh, Kabupaten Gia Vien, Provinsi Ninh Binh. Pagoda ini berada sekitar 95 kilometer dari ibukota Hanoi Selatan.

What to Do

Menurut adat istiadat di Vietnam, setiap tahun baru Imlek, warga Vietnam sering datang ke pagoda-pagoda untuk memohon kesejahteraan dan keberuntungan. Vietnam memang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak destinasi religi yang mampu menarik perhatian wisatawan, apalagi saat musim semi. Nah, salah satunya adalah Pagoda Bai Dinh ini guys.

pagoda bai dinh

Komplek Pagoda Bai Dinh ini dikenal sebagai tempat wisata religi yang menarik banyak wisatawan lokal hingga mancanegara. Komplek pagoda ini terdiri dari 2 zona, yaitu zona pagoda Bai Dinh dan zona Pagoda Bai Dinh baru. 

pagoda bai dinh

Pagoda Bai Dinh lama memiliki ketinggian mencapai 187 meter dan dibangun di puncak gunung Dinh sekitar lebih dari 1000 tahun lalu. Untuk menuju kesana, kalian harus mendaki lebih dari 300 anak tangga yang rata dan bertumpuk-tumpuk serta melewati pintu di lereng gunung barulah akan sampai di pusat pagoda Bai Dinh lama. 

pagoda bai dinh
Sementara zona Pagoda Bai Dinh baru lebih keren lagi guys. Dalam perjalanan menuju atas Pagoda Bai Dinh baru, terdapat 500 patung Arhat yang ditempatkan sepanjang dua sisi koridor. Dua koridor ini masing-masing memiliki panjang 1700 meter dan menjadi simbol sebagai jalan yang didatangi oleh para Arhat menuju agama Buddha. Konon, ini merupakan jalan Arhat terpanjang di Asia lho guys.

pagoda bai dinh

Patung-patung Arhat tersebut dibuat dari batu hijau yang diukir oleh para seniman Nin Binh. Setiap patung memiliki tinggi sekiar 2 hingga 2,5 meter dengan berat sekitar 2 hingga 2,5 ton. Patung-patung Arhat yang diletakkan di dua sisi koridor ini memiliki arti yaitu selalu mendekati, membimbing dan mendidik makhluk hidup. Setiap patung menunjukkan bentuk dan nuansa yang berbeda-beda beserta filosofinya, seperti marah, gembira, cinta dan benci dimana perasaan-perasaan ini sering dirasakan dalam kehidupan sehari-hari manusia. 

pagoda bai dinh

Setelah melewati koridor penuh patung Arhat, kalian akan tiba di istana Buddhissatva dan istana pemimpin agung Buddha. Di kedua tempat ini ada patung Buddhissatva dengan seribu tangan dan seribu mata yang terbuat dari perunggu. Dua patung Buddhissatwa dan patung pemimpin agung Buddha adalah dua patung perunggu yang terbesar di Vietnam. Istana ini merupakan sebuah gedung paling megah di kompleks Pagoda Bai Dinh.

pagoda bai dinh

Setiap tahun di tanggal 6 bulan pertama tahun Imlek, kompleks Pagoda Bai Dinh ini dipenuhi oleh puluhan ribu wisatawan yang datang untuk memandangi Buddha yang kemudian dilanjutkan untuk menikmati indahnya pemandangan sekitar, karena pemandangan di sekitar kompleks Pagoda Bai Dinh ini keren banget dan sayang untuk dilewatkan begitu saja tanpa diabadikan.

pagoda bai dinh

Nah, buat kalian yang berencana traveling ke Vietnam, sempatkanlah untuk berkunjung ke Pagoda Bai Dinh dan nikmati keindahannya.

Youtube by Flycam 4K

Tips and Trick
  • Gunakan pakaian yang sopan jika ingin berkunjung kesini.
  • Pastikan bawa kamera untuk foto-foto.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Jaga kesopanan dan tingkah laku.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY