155 views | 2 Likes

Megahnya Masjid Agung Natuna, Taj Mahal nya Indonesia

4 star (from 2 people)
Natuna, Kepulauan Riau, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 17 December 2018, 13:43:21
luna
Sightseeing

Masjid Agung Natuna ini dibangun pada tahun 2007 dan berdiri diatas lahan seluar satu hektar. Masjid ini dikenal sebagai masjid terbesar di Provinsi...

How to Get There

Apa yang ada dipikiran kalian kalo denger tentang Natuna? Pasti kalian bakal ngebayangin wisata pulau-pulau yang indah dan pantai yang keren. Ngga cuma itu lho guys, Natuna juga punya landmark ikonik yang berupa masjid dengan nama Masjid Agung Natuna. Setelah beberapa waktu lalu gue jalan-jalan ke Batam, kali ini gue diajakin pergi lagi nih ke Kepulauran Riau tapi cuma mengunjungi Natuna aja. Dan mumpung lagi di Natuna, harus banget donk buat mengunjungi landmarknya yang ikonik ini.

Masjid Agung Natuna jaraknya ngga terlalu jauh dari Bandara Raden Sadjad, Natuna. Kalo naik mobil atau taxi, mungkin cuma butuh waktu sekitar 10 sampai 15 menit perjalanan aja. Lokasi masjid ini tepatnya di Jalan Datuk Kaya Wan Muammad Benteng. Arahnya dari Ranai menuju ke Pantai Sepempang.

What to Do

Masjid Agung Natuna ini dibangun pada tahun 2007 dan berdiri diatas lahan seluar satu hektar. Masjid ini dikenal sebagai masjid terbesar di Provinsi Kepulauan Riau dan disebut sebagai Taj Mahalnya Indonesia. Masa iya sih? Cobain aja lihat sendiri. 

Saat pertama kali memasuki gerbang masjid yang megah ini, kalian akan udah dihadapkan dengan pemandangan seolah berada di Taj Mahal, soalnya ada sungai yang mengapit dua jalan lebar menuju ke dalam masjid. Mirip banget sama desain Taj Mahal di India. Tapi, menurut gue, Masjid Agung Natuna ini punya view yang lebih keren soalnya ada pemandangan Gunung Rani yang berdiri di belakang masjid ini.

Dibalik kemegahan Masjid Agung Natuna ini ternyata menyimpan filosofi Islam lho guys. Bangunan utama dari masjid ini terdiri dari satu kubah besar, enam kubah kecil dan terdapat 20 pintu. Pada empat sisinya, ada empat buah menara yang melambangkan empat sahabat Rasulullah SAW. Tinggi dari menara tersebut sekitar 17 meter dimana 17 merepresentasikan 17 rakaat salah wajib umat Muslim dalam sehari. Sementara makna dari satu kubah besarnya adalah melambangkan sifat ihsan.

Kubah masjid ini didominasi oleh warna hijau dan kuning. Tujuan dari pembangunan masjid ini adalah untuk sarana kegiatan ibadah umat Muslim di Natuna. Meskipun masjid ini ngga selalu rame oleh jamaah setiap harinya, tapi pas kemaren gue kesana gue juga sempet ketemu beberapa pengunjung yang sholat berjamaah di masjid ini dan kebanyakan dari mereka juga masih baru pertama kali dateng kesini.

Selain mirip dengan Taj Mahal, ternyata arsitektur dari masjid ini juga terinspirasi dari masjid lain di dunia yang khas Timur Tengah. Misalnya seperti masjid di Cordoba, Masjid Nabawi dan ukiran khas Turki. 

Masjid ini katanya sih bisa nampung sampe 5.500 jemaah. Tapi kalo diitung dengan halamannya yang super luas, masjid ini bisa menampung sampe 10.000 jamaah. Pas kebetulan gue kesana pas sore menjelang sholat Maghrib, akhirnya gue sholat sekalian disana. Fasilitas yang ada di masjid ini juga cukup lengkap kok guys, toilet dan tempat wudhunya banyak dan bersih. 


So, meskipun berada agak jauh dari luar Indonesia, Pulau Natuna ternyata memiliki sebuah landmark yang ikonik dan wajib banget buat dikunjungi. Yuk jalan-jalan ke Natuna :)

Video by Owl Graph

Tips and Trick

  • Masjid ini ngga dikenakan biaya masuk. 
  • Gunakan pakaian yang sopan.
  • Masuk ke area masjid, jangan lupa buat melepas alas kaki ya guys.
  • Jaga kebersihan area masjid dan sekitarnya.
  • Bawa kamera yang bagus buat foto-foto.
  • Jaga ketertiban dan kenyamanan.

Gallery (5)

Comments (2)