181 views | 2 Likes

Jalan-jalan ke Taman Nasional Baluran, Afrika-nya Indonesia

4 star (from 3 people)
Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 14 December 2018, 13:37:02
Ita
Sightseeing

Mengunjungi Taman Nasional Baluran, kita akan disuguhkan dengan banyak spot sekaligus! hutan, hewan-hewan liar, serta pantai bisa banget kita nikmati ketika berkunjung ke tempat ini. Makanya perlu waktu lebih lama jika ingin mengeksplor tempat ini secara

How to Get There

Taman Nasional Baluran terletak di antara kabupaten Situbondo dan Banyuwangi. Sangat jauh dari pusat kota, jadi disarankan mengendarai kendaraan pribadi ketika ke sana. Sebelum memasuki kawasan Baluran, kita akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah, yakni hutan yang sangat panjaaaangg. Tak ada pom bensin di sini, jadi sebelum berangkat isi penuh tangkimu ya!

What to Do

Jika tidak membawa kendaraan pribadi tidak masalah kok. Di sana disediakan mobil yang bisa disewa dengan harga sekitar 300 ribu rupiah. Tiket masuknya lumayan murah, seingat saya hanya sekitar lima belas ribu rupiah per orang dan lima ribu rupiah per motor (ketika itu saya mengendarai motor). 

Kita akan menyusuri jalanan di dalamnya. Jalannya sudah beraspal kok. Berbagai jenis tumbuhan dapat kita temukan. Tidak jauh dari loket terdapat sebuah menara setinggi kira-kira 15 meter. Kita bisa lihat pemandangan seluruh hutan dari atas sana, dan kalau beruntung bisa lihat gunung Baluran juga. Di tengah hutan, ada satu wilayah yang dinamakan evergreen. Jadi wilayah ini tidak akan kering meskipun musim kemarau, selalu hijau! Di tengah perjalanan kita akan berjumpa dengan berbagai hewan langka, ada merak, ayam hutan, banteng, kerbau, dan banyak lainnya. Terutama di padang savananya, epik banget buat foto. Di ujung wilayah Baluran, kita akan bertemu pantai. Kita bisa melakukan apa saja di pantai ini.

Tips and Trick

Baluran punya banyak sekali monyet liar. Mereka akan langsung merebut jika tahu kita membawa makanan. Makanya, lebih baik tidak menenteng makanan atau barang lain di luar tas ya. Masukan semua makanan dan barang dalam tas atau ransel, dan tengok kanan kiri kalau mau mengeluarkan sesuatu :)

Where to Stay

Di sekitar pantai memang ada penginapan. Jadi kalau kalian memutuskan untuk menginap, lebih baik cari info dulu di bagian informasi yang ada di pintu masuk, Atau kalau mau liburan hemat, mending numpang di rumah teman saja hehehe

Gallery (11)

Comments (2)