848 views | 0 Likes

Lagi nih, Surga Tersembunyi Karangasem! Savana Tianyar, Afrika nya Bali?

0 star (from 0 people)
Karangasem, Bali, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 14 December 2018, 11:32:33
clarissaputri
Sightseeing

Savana Tianyar menawarkan spot keren yang cocok banget buat dijadiin spot foto-foto. Katanya sih, savana ini ibarat dengan Pulau Kenewa yang indah...

How to Get There

Akhir-akhir ini wisata di Kabupaten Karangasem emang lagi hits lho guys. Beberapa waktu yang lalu aku udah sempet buat share cerita tentang danau keren disana yaitu Danau Yeh Melet dan cantiknya Pantai Virgin, nah kali ini aku mau eksplore wisata yang ada disana lagi, yaitu Savanna Tianyar. Mungkin wisata ini agak jarang didenger karena emang masih dikit banget pengunjung yang dateng kesini.

Savana Tianyar berada di ujung timur Pulau Bali, tepatnya di Desa Tianyar Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem Bali. Pandang rumput ini juga ada di deket pantai dan gunung, jadi bisa dibayangkan donk gimana kerennya pemandangan disini? 

Untuk menuju kesini, dari kota Denpasar butuh waktu sekitar 3 jam dan aku saranin buat bawa kendaraan pribadi aja menuju kesini, kalo kalian dari luar Pulau Bali, kalian bisa sewa kendaraan di pusat kota Denpasar.

What to Do

Savana Tianyar menawarkan spot keren yang cocok banget buat dijadiin spot foto-foto. Katanya sih, savana ini ibarat dengan Pulau Kenewa yang indah dan sangat mempesona dengan hamparan rumput luas membentang di kaki Gunung Agung. Jadi kalian bisa banget foto-foto disini dengan background megahnya Gunung Agung. Katanya sih, waktu terbaik untuk menikmati savana ini adalah saat musim kemarau sekitar bulan Agustus sampe November soalnya pemandangan disini bakal terlihat kayak di Afrika karena rumputnya akan berwarna kuning. Tapi karena aku baru tahu dan berkunjung kesana pas musim hujan, semua rumputnya berwarna hijau yang segar, which is ini ngga kalah keren juga kok guys. Berasa ada di New Zealand gitu. 

Kawasan ini juga dikenal sebagai penghasil pasir hitam dan batu padas lho guys, jadi kalian bisa melihat area penambangan pasir dan batu yang membuat kontus tersendiri di area ini. Sebenernya disini ada beberapa spot-spot cantik yang bakal kalian lewati untuk menuju ke titik utama savana, salah satunya adalah pohon bunga bougenville yang besar. Cantik banget deh buat foto-foto.

Video by Putu Sudiarta

Ngga cuma itu lho guys, kalian juga bisa lihat peternakan kuda disini. Kuda-kuda ini dipelihara oleh warga setempat, nah kalo kalian beruntung bisa banget nih buat objek foto-foto keren gitu guys. Berasa ada di hutan Afrika ya. Hehehe..

Setelah puas foto-foto di padang rumput ini, kalian juga bisa mendaki salah satu bukit yang bernama Bukit Mangun. Bukit ini menarik banget guys, karena diatasnya ada sebuah Pura yang diberi nama Pura Bukit Mangun Tianyar, nah untuk menuju kesana kalian harus menaiki ratusan anak tangga. Cukup melelahkan sih, tapi pemandangan dari atas sini keren banget pasalnya kalian bisa menikmati keindahan hamparan desa Tianyar, hamparan bibir pantai di timur Bali dan pastinya keindahan Gunung Agung.

Overall, savana ini keren banget buat aku. Selain karena ngga terlalu mainstream, padang rumput ini juga keren banget pemandangannya. Bayangin aja kalo kalian piknik disini sore-sore sambil menikmati minuman dan makanan rame-rame bareng temen-temen atau pasangan kalian. Seru banget pastinya! So, jangan cuma dibayangin guys, dateng aja dan langsung lihat sendiri :)




Tips and Trick

  • Bawa kendaraan pribadi.
  • Bawa perlengkapan piknik.
  • Bawa makanan karena disini belum ada warung.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Jangan rusak alam sekitar.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Ajak temen-temen, keluarga dan pasangan kalian.
  • Karena ini area outdoor, jangan lupa pake topi, kacamata hitam dan sunscreen.
  • Pake alas kaki yang nyaman.

Gallery (5)

Comments (0)