222 views | 2 Likes

Menyusuri Wisata Alam Air Terjun Kedung Kayang Magelang

4 star (from 2 people)
Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 10 December 2018, 16:28:52
mummyz
Tourist

Nggak butuh biaya yang mahal untuk masuk ke wisata alam yang indah ini. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 4000,- per orang. Cukup...

How to Get There

Liburan ke Magelang rasanya ada yang kurang kalau gak mampir ke tempat wisatanya. Nah kali ini aku bakal mampir ke salahsatu tempat wisata yang cukup hits di Magelang. Nama wisata alam yang akan saya kunjungi kali ini adalah Air Terjun Kedung Kayang. Kalian udah pada pernah denger belum nama air terjun yang satu ini?

Lokasi dari Air Terjun Kedung Kayang ini ada di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Untuk menuju ke Air Terjun Kedung Kayang, kalian bisa menempuh perjalanan melewati lampu merah Blabak, belok ke arah Ketep Pass. Dari pertigaan sebelum Ketep Pass, ambil jalan kanan menurun menuju kea rah Selo. Dari situ kalian hanya perlu lurus aja hingga kira kira 3 kilometer. Setelah 3 kilometeran, kalian akan menemui pintu masuk atau loket menuju ke Air Terjun Kedung Kayang ini.

What to Do

Nggak butuh biaya yang mahal untuk masuk ke wisata alam yang indah ini. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 4000,- per orang. Cukup terjangkau bukan? Buat kalian yang bawa kendaraan, juga dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2000,- per motor.

Dari tempat parkir, pengunjung tak bisa langung merasakan keindahan Air Terjun Kedung Kayang, melainkan harus melakukan perjalanan menurun yang cukup menguras tenaga. Perjalanan yang harus ditempuh kira kira 15 menit dengan berjalan kaki. Tenaang, lelahnya perjalanan akan terbayar lunas setelah sampai di Air Terjun Kedung Kayang ini. Indahnya pemandangan bikin mata melek dan segerr banget. Nggak hanya itu, suara gemercik air juga sangat memanjakan indera pendengar, seneng banget.

Air Terjun Kedung Kayang ini memiliki pemandangan yang indah. Jangan lupa bawa camera atau alat dokumentasi lainnya ya kalau kesini. Karena akan sayang banget kalau kalian nggak sempet berfoto di kawasan Air Terjun Kedung Kayang ini. Mmm, jangan merusak atau mengotori kawasana air terjun ini ya. Guys, wisata alam yang indah gini emang wajib dijaga bareng bareng.

Ngomongin soal fasilitas, kalau di Air Terjun Kedung Kayang ini udah cukup lengkap sih fasilitasnya. Mulai dari gazebo untuk beristirahat, toilet, tempat makan, hingga tempat ibadahpun juga ada. Beberapa fasilitas dirawat dan dikelola oleh masyarakat setempat. Kalau laper, udah nggak perlu jauh jauh keluar cari makanan atau berat berat bawa bekal, makan di warung warung yang ada di sekitar Air Terjun Kedung Kayang sekaligus menikmati keindahan air terjun yang satu ini memang menjadi kepuasan tersendiri. Bagi umat muslim yang mau sholat juga nggak perlu repot lagi karena adanya fasilitas musholla.

Air Terjun Kedung Kayang ini memiliki tinggi hingga mencapai 40 meter. Nggak heran kalau aliran airnyapun cukup deras. Debit air yang jatuhpun juga banyak. Kalau kesini, sempetin main air ya. Jernihnya aliran air di Air Terjun Kedung Kayang emang bikin betah. Oh iya, buat pengunjung yang mau bermain di kawasan jatuhnya air, kalian wajib berhati hati ya. Kalau memasuki musim hujan begini, kalian harus lebih waspada dan berhati hati ya. Karena, jalanan menuju ke Air Terjun Kedung Kayang tentu akan semakin licin dan semakin susah diakses.

Kalau ke Magelang dan bingung mau berwisata kemana, mampir ke wisata alam Air Terjun Kedung Kayang ini juga menjadi hal yang mengasyikkan. Coba deh!

Tips and Trick

  • Jangan kesini saat musim hujan karena licin dan airnya cukup keruh
  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman

Youtube : Eksapedia

Gallery (5)

Comments (1)