95 views | 0 Likes

Meninggalkan Jejak di Jalan Gula

0 star (from 0 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 12 October 2019, 10:23:58
Ita
Sightseeing

Buat yang bingung atau bosan soal tempat wisata di Surabaya, boleh lah mampir ke Jalan Gula ini.

How to Get There

Jalan Gula masih berada satu lokasi dengan kawasan kota tua dan kawasan religi Sunan Ampel. Jadi bisa banget buat eksplor beberapa tempat sekaligus. Lokasinya ada di Kecamatan Pabean Cantian. Transportasi paling mudah tentu bisa pakai sepeda motor, tapii bisa juga pakai bis kota ataupun suroboyo bis. Kalau dari pusat kota bisa memakan waktu kurang lebih 30 menit.

What to Do

Jalan Gula belakangan menjadi hits untuk dijadikan tempat hunting foto. Buat para fotografer utamanya tempat ini akan menjadi tempat yang menarik karena masih kental dengan suasana kota tua dan kehidupan 3 budaya sekaligus, yaitu chinese, arab, dan jawa. Selain itu bisa banget buat walking tour alias jalan kaki menelusuri kota tua dan berinteraksi dengan warga lokal. Bisa mampir kulineran juga di sekitar Ampel dan di Pasar Pabean.



Di sini kehidupan warga mayoritas berdagang. Bangunannya pun bangunan tua macam begini. Namun beberapa bangunan telah dialihfungsikan menjadi gudang.



Salah satu rumah kuno di dalam gang kecil yang masih dihuni hingga sekarang. Keren yah!





Suasana di dalam gang kecil. Lembap dan sedikit pengap.



Nama jalannya masih menggunakan kayu dan awet hingga sekarang.



Di dalam Pasar Pabean. Mayoritas pedagang di sini menjual bawang merah. Uniknya, lampu yang digunakan dibungkus plastik merah. Saya menduga ini trik penjual supaya bawang terlihat lebih merah.

Tips and Trick

Kalau berniat berkunjung siang hari jangan lupa pakai topi, ya! Karena panas di Surabaya gak santai wkwk. Plus jangan lupa bawa air minum. Di jalan gula ini lebih enak jalan kaki, sih, supaya bisa leluasa menelusuri gang demi gangnya. Parkir aja motor kalian di sekitar situ.

Where to Stay

Ada banyak hotel kok di sekitar sini. Jadiii jangan khawatir. Pun kalau tidak mau menginap, it's okaiii

Gallery (6)

Comments (0)