167 views | 2 Likes

Keraton Kasepuhan Cirebon, Wajib Dikunjungi Kalau ke Jawa Barat!

4 star (from 2 people)
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 05 December 2018, 15:48:01
redjo
Tourist

Keraton Kasepuhan Cirebon dibangun perpaduan antara budaya timur dan barat, nggak hanya itu, Smua ini dibangun berdasarkan agama yang paling banyak dianut pada masa itu yakni Islam, Hindu, dan Budha..

How to Get There

Main ke Kota Cirebon rasanya ada yang kurang kalau nggak nyobain mampir ke keratonnya. Pada tau kan kalian keraton yang terkenal di Cirebon Jawa Barat? Yap, nama keraton yang saya maksud adalah Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton yang satu ini memamg sudah menjadi ikon atau ciri khas kota Cirebon Jawa Barat.

Untuk menemukan Keraton Kasepuhan Cirebon ini samasekali nggak sulit, terlebih lokasinya yang berada di tengah kota. Alamat lengkapnya ada di Jalan Kasepuhan No 43, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Karena lokasinya yang masih berada di perkotaan, pengunjung bisa datang dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Kalau kalian datang menggunakan kendaraan pribadi kalian hanya perlu keluar di pintu kedua tol Plumbon, dari situ tinggal mengikuti arah untuk menuju ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Atau kalau bingung, pake googlemaps aja lah ya hehehe.

What to Do

Keraton Kasepuhan Cirebon kini memang dibuka sebagai tempat wisata. Harga masuknya pun cukup terjangkau. Untuk hari biasa Senin – Jumat dibandrol Rp 10.000,- untuk pelajar. Kalau untuk wisatawan domestic dan mancanegara beda lagi. Yakni untuk wisatawan biasa dibandrol dengan harga Rp 15.000,- dan untuk mancanegara Rp 50.000,-. Kalau weekend atau hari libur tentu biaya masuknya lebih mahal dari biasanya ya.

Keraton Kasepuhan Cirebon ini dibuka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore tiap harinya. Paling enak adalah dateng di pagi atau sore hari. Asik deh kalau liburan ke tempat bersejarah gini, jadi makin tau banyak ilmu.

keraton kasepuhan cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon dibangun di tengah perpaduan antara budaya timur dan barat, nggak hanya itu, juga diangun berdasarkan agama yang paling banyak dianut pada masa itu yakni Islam, Hindu, dan Budha. Itu juga menjadi salahsatu alasan banyaknya pengunjung yang ingin datang ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Selain untuk berwisata, banyak pengunjung yang datang dengan tujuan penelitian atau menulis makalah.

Banyaknya pengunjung yang datang kemudian membuat tulisan atau konten maupun menyebarluaskan gambar Keraton Kasepuhan Cirebon juga menjadikan keraton ini semakin dikenal hingga luar negeri. Jangan lpa, kalau disini kalaian wajib menjaga sikap dan sopan santun dengan baik ya. Jangan rusak barang atau benda yang ada juga.

keraton kasepuhan cirebon

keraton kasepuhan cirebon

keraton kasepuhan cirebon

Wisatawan yang akan mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon ini juga wajib didampingi oleh pemandu wisata. Pemandu wisata yang ada di Keraton Kasepuhan Cirebon mengenakan pakaian adat. Tujuan wajib didampingi oleh pemandu wisata adalah biar nggak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Berapa sih harga buat nyewa pemandu wisata selama perjalanan? Biayanya terserah, biasanya sih pengunjung pada ngasih uang sebesar 20 sampe 50 ribu rupiah.

Di bagian depan Keraton Kasepuhan Cirebon ini terdapat alun alun. Dimana alun alun tsb digunakan untuk latihan keprajuritan dan acara kesultanan dulunya. Di sebelah barat bangunan ada masjid yang bernama Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang dibangun para wali. Nah di abngain timur alun alun terdapat pasar yang biasa disebut pasar Kasepuhan.

keraton kasepuhan cirebon

keraton kasepuhan cirebon

keraton kasepuhan cirebon

Banyak tempat tempat atau bagian bagian gedung tang akan kalian lewati saat berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Boleh juga mengabadikan momen dengan menggunakan alat dokumentasi. Yang penting, jangan sampe merusak benda maupun mengotorinya ya. Pengen tau lebih lengkap? Mampir yuk kalau ke Cirebon!

Tips and Trick

  • Jangan membuang sampah sembarangan atau sengaja mengotori area keraton
  • Gunakan pakaian yang sopan
  • Bawa alat dokumentasi
  • Ikut rawat dan menjaga barang keraton dengan tidak merusaknya
  • Selamat berlibur ke Keraton Kasepuhan Cirebon!
  • Youtube : duniadian

Gallery (7)

Comments (2)