247 views | 2 Likes

Caping Park, Tawarkan Spot Foto Keren dan Wisata Edukasi di Baturraden

4 star (from 2 people)
Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Theme Park

Posted on 05 December 2018, 13:27:43
stefan
Tourist

Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit, akhirnya kita sampe di Caping Park. Tiket masuk yang harus dibayarkan sebesar Rp 25.000 untuk weekend,...

How to Get There

Akhirnya punya kesempatan buat jalan-jalan ke Jawa Tengah nih. Liburan kali ini gue barengan sama keluarga sekalian mau berkunjung ke rumah pak de yang ada di Banyumas. Pas udah disana, gue langsung diajakin sama salah satu sepupu gue buat jalan-jalan ke salah satu wisata yang katanya belakangan ini lagi hits di Banyumas, yaitu Caping Park. Sebenernya itu pertama kalinya gue jalan-jalan ke Banyumas dan ngga tau banyak soal wisatanya, akhirnya gue iyain aja ajakan sepupu gue itu. Caping Park berada di Jalan Raya Baturraden, Desa Kebumen, Banyumas, kami berangkat naik mobil keluarga untuk menuju kesana.




What to Do

Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit, akhirnya kita sampe di Caping Park. Tiket masuk yang harus dibayarkan sebesar Rp 25.000 untuk weekend, tapi kalo kalian datengnya pas weekday harga tiketnya lebih murah, cuma Rp 20.000 per orangnya. Kalo menurut sepupu gue sih tempat ini hype karena ada Jembatan Kaca yang konon jembatan kaca pertama di Jawa Tengah. Cocok banget buat menguji adrenalin nih guys.

Caping Park memiliki luas sekitar 47 hektar, tapi yang baru dikembangkan dan dibuka untuk wisata baru seluas 10 hektar yang dibagi lima hektar untuk Caping Park dan sisanya lagi untuk agrowisata. Pemilihan nama Caping pun juga punya arti lho guys, Caping sendiri adalah tudung kepala yang berbentuk kerucut dan terbuat dari anyaman bambu. Filosofinya adalah, yang diatas harus bisa mengayomi yang dibawah agar semua bisa menjadi kuat. Untuk itulah caping menjadi ikon dari wisata ini.

Caping Park menawarkan banyak sekali spot selfie, salah satunya adalah Jembatan Kaca yang diceritain sama sepupu gue itu. Karena penasaran sekaligus pengen uji adrenalin, gue pun mutusin buat menuju ke jembatan itu. Jembatan ini bisa dibilang cukup ikonik di wisata ini, jadi banyak banget wisatawan yang dateng langsung menuju kesini buat foto-foto atau sekedar menikmati pemandangan. Kalian ngga perlu khawatir karena jembatan ini aman banget buat dilewati. Terbuat dari tempered glass impor dimana setiap temperednya memiliki ukuran 2x2,5 meter.

Kaca ini mampu menahan beban hingga 1 ton lho guys. Tapi meskipun gitu, kalian juga harus tetep hati-hati ya. Buat yang mau melewati jembatan ini pun ada aturannya guys, kalian harus pake alas kaki yang udah disediakan khusus oleh pihak pengelola. Dari atas jembatan ini, gue bisa lihat pemandangan hijau nan asri alam dan hamparan sawah di Desa Kebumen. Keren banget pokoknya guys. Ngga cuma pagi hari, pemandangan indah ini juga bisa kalian nikmati saat malam hari karena pas malam hari kalian bisa melihat gemerlap lampu kota yang sangat indah. Bahkan nih, banyak juga pengunjung yang rela dateng pagi-pagi buat lihat matahari terbit disini atau dateng di sore hari buat nikmati pemandangan matahari terbenam.


Selain berbagai spot fotonya yang menarik, Caping Park juga punya wahana untuk edukasi yang sangat cocok dinikmati oleh anak-anak dan keluarga. Disini anak-anak akan dikenalkan dengan binatang-binatang seperti kelinci, kambing, unggas dan sapi. Menarik banget deh pokoknya!


Menurut gue, Caping Park ini adalah wisata all ini one buat keluarga dan cocok banget dikunjungi saat liburan tiba. Jadi, buat kalian yang mau menghabiskan liburan akhir tahun, jadikan Caping sebagai pilihan liburan kalian. 

Video by Ngapak Vlog

Tips and Trick

  • Buka setiap hari mulai pagi hingga malam.
  • Bawa kamera yang bagus buat foto-foto. 
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Ajak kerabat dan keluarga kalian.
  • Jaga kebersihan tempat ini.

Gallery (8)

Comments (2)