132 views | 2 Likes

Pesona Mata Air Tembeling: Surga Tersembunyi di Nusa Penida

4 star (from 2 people)
Klungkung, Bali, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 03 December 2018, 12:04:19
clarissaputri
Sightseeing

Mata Air Tembeling mulai dikenal sebagai lokasi wisata sejak beberapa tahun terakhir ini dan sejak saat itulah mulai banyak wisatawan lokal hingga...

How to Get There

Akhirnya bisa liburan juga guys! Kebetulan seminggu lalu pacar aku lagi dateng ke Bali dan ngajakin buat jalan-jalan. Karena udah lama ngga jalan-jalan juga, akhirnya aku ngajuin cuti buat liburan sebentar. Kali ini, kami sengaja liburan dengan naik motor menuju ke Nusa Penida tepatnya ke Mata Air Tembeling yang belakangan ini lagi banyak dibahas traveler.

As we know, untuk menuju ke Nusa Penida kita diharuskan untuk naik transportasi laut dari Pelabuhan Padangbai. Selain ferry, kalian juga bisa naik kapal cepat dari dermaga Pesinggahan dan Kusamba Klungkung atau Pantai Sanur menuju pelabuhan Buyuk. Dari sini kalian bisa sewa mobil atau motor. Karena kita udah bawa motor dari Denpasar, jadinya kita tinggal naik ferry aja. Kalo kalian naik motor, untuk menuju ke lokasi Mata Air Tembeling ini bisa lebih deket soalnya akses menuju ke tempat ini hanya bisa dilalui oleh sepeda motor saja. 

Mata Air Tembeling ini berada di Desa Batumadeg, Nusa Penida dimana butuh sekitar 1 jam perjalanan dari Pelabuhan Sampalan. Dari tempat parkir menuju ke mata airnya ini bener-bener petualangan guys. Pasalnya, kalian harus trekking di jalan setapak yang lumayan terjal dan curam. Tapi pemandangan ngarai dan hutan hijaunya sangat memanjakan mata dan pastinya ngga bikin bosen. Ngga tanggung-tanggung guys, kalian harus trekking selama 60 menit. Jadi kalian harus ekstra hati-hati.

What to Do

Mata Air Tembeling mulai dikenal sebagai lokasi wisata sejak beberapa tahun terakhir ini dan sejak saat itulah mulai banyak wisatawan lokal hingga asing yang datang kesini. Meskipun begitu, kaindahan dan kelestarian di sekitar mata air ini maish terjaga dengan baik. Di kawasan mata air ini ada 3 spot menarik. Spot pertama adalah ngarai-ngarai di sepanjang jalan setapak menuju mata air. Ngarai ini berada di seberang jurang selebar 20 meter dan bagian dindingnya terdapat bekas aliran air yang besar, mirip bekas air terjun sih. Tapi katanya udah ngga ada airnya.

Spot menarik kedua adalah mata air Tembeling yang juga merupakan daya tarik utamanya. Mata air ini berupa telaga dengan air jernih kehijauan selebar 10 x 8 meter persegi dan kedalamannya mencapai 10 meter. Kolam alami ini airnya jernih dan tawar sehingga biasa dijadikan tempat untuk berenang oleh pengunjung. Kalo kalian yang ngga bisa berenang, kalian juga bisa berendam dipinggirannya atau foto-foto dengan latar telaga ini. Epik banget!

Ngga jauh dari telaga utama, berjarak sekitar 20 meter, ada mata air yang ikhususkan bagi cewek-cewek karena lebih dangkal, yaitu hanya 50 cm dan ada bebatuan di bagian bawahnya. Bisa dibilang, telaga yang ini lebih aman daripada telaga utama tadi.

Spot lainnya yang keren di wisata ini adalah pantainya. Lokasi mata air ini memang berada di pantai barat daya Nusa Penida jadi laut lepas di sisi selatan pulau adalah Samudera Hindia. Pada sisi selatan Pulau Nusa Penida terdapat tebing-tebing tinggi yang mencapai 100 meter dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Diantara tebing yang tinggi tadi terdapat cerukan besar yang mirip dengan goa, konon goa ini terbentuk akibat hempasan ombak di Pantai Tembeling. Dari sini lah pengunjung bisa menikmati ombak yang menghantam tebing-tebing tinggi. Tapi harus tetep ekstra hati-hati ya guys, jangan sampe terseret ombak.

Gimana? Tertarik buat eksplore mata air Tembeling? 

Video by Berita Terkini

Tips and Trick

  • Aku saranin buat naik motor aja kesini biar lebih deket.
  • Siapkan tenaga untuk trekking menuju ke mata air.
  • Bawa baju ganti untuk berenang.
  • Bawa bekal karena disini masih belum ada penjual makanan.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Kalo kalian mau berenang, usahakan untuk mengajak teman.

Gallery (5)

Comments (2)