268 views | 2 Likes

Tuk Mudal, Sumber Mata Air yang Kekinian & Instagramable

4 star (from 2 people)
Tegal, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Snorkling

Posted on 30 November 2018, 11:48:04
mummyz
Tourist

Tuk Mudal merupakan sebuah wisata kolam renang alami. Tuk disini memiliki arti mata air.  Karena airnya yang berasal dari mata air alami, air di...

How to Get There

Saatnya explore wisata di Jawa Tengah lagi nih guys! Kali ini saya pergi ke Kabupaten Tegal, dimana kota kecil ini merupakan tempat lahir ayah saya. Kebetulan, beberapa waktu lalu sodara sepupu saya nikah disana dan saya dateng bareng keluarga. Nah, karena mumpung ada di Tegal dalam waktu yang lumayan lama, akhirnya saya sekalian aja explore wisatanya. Keesokan harinya selesai acara, saya searching ada wisata apa yang lokasinya ngga terlalu jauh dari rumah sepupu saya ini dan ternyata nemu lah Wisata Tuk Mudal.

Tuk Mudal berada di Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa. Untuk menuju kesini, saya menggunakan motor sodara saya yang kebetulan juga ikut nemenin dan jarak untuk menuju kesini juga ngga teralu jauh, cuma setengah jam aja. 

What to Do

Tuk Mudal merupakan sebuah wisata kolam renang alami. Tuk disini memiliki arti mata air.  Karena airnya yang berasal dari mata air alami, air di kolam ini sangat jernih dan segar. Ditambah lagi pemandangan di sekitarnya yang dipenuhi pepohonan rindang dan area persawahan yang memanjakan mata pengunjung. Sesampainya di Tuk Mudal, pengunjung ternyata tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis lho guys, ngga heran kalo wisata ini jadi favorit banyak warga Tegal saat akhir pekan.

Selain menawarkan keindahan alam dan kejernihan mata airnya, ternyata Tuk Mudal juga menyimpan sejarah yang cukup panjang di masa lalu. Konon, Tuk Mudal dibangun oleh seorang ulama yang menyebarkan agama Islam dari Cirebon bernama Mbah Sanmuluk. Awalnya, Tuk Mudal merupakan tempat mengambil air wudhu sekaligus digunakan oleh masyrakat untuk keperluan sehari-hari seperti mandi dan memasak. Katanya juga sih Tuk Mudal dulunya dibagi menjadi dua bagisn untuk pembedaan tempat bagi laki-laki dan perempuan saat berwudhu.

Tuk Mudal dikelilingi oleh tujuh mata air dan saat ini digunakan untuk mengairi 130 hektar persawahan di Desa Cempaka. Hingga saat ini juga masyarakat setempat masih bergotong royong untuk menjaga sumber mata air ini dengan membangun tembok melingkar di areal mata air agar tidak mengalami pendangkalan. Soalnya, kalo hujan lebat, mata air akan tercampur dengan lumpur dan membuat airnya menjadi keruh. Karena pembangunannya yang semakin bagus, akhirnya tempat ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Tegal. 

Kolam mata air ini berdiameter sekitar 20 meter dengan kedalaman sekitar 1-2 meter dimana pengunjung bisa naik perahu getek hingga bermain diatas air dengan balon besar. Biayanya cukup terjangkau kok guys, cuma Rp 10.000 aja. Terlebih lagi, disini pengunjung bisa berenang untuk menikmati kesegaran airnya.

Karena semakin hari pengunjungnya semakin banyak, akhirnya warga setempat juga menambah fasilitas yang bisa dibilang cukup memadai seperti beberapa spot selfie, toilet dan juga Tourist Information Center. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa membeli aneka jajanan khas Desa Cempaka seperti tempe gembus goreng, kue cukit, serabi dan teh poci khas Tegal. 

Video by Hadi Utami

Kalo kalian kesininya pas hari Minggu, kalian bisa dateng ke Pasar Slumpring yang digelar setiap Minggu mulai pukul 07.00 - 12.00. Di pasar ini kalian juga bisa cicipi aneka kuliner khas Tegal dengan harga mulai dari Rp 5000 aja. So, kalo jalan-jalan ke Tegal jangan lupa main ke Tuk Mudal ya.



Tips and Trick

  • Buat kalian yang pengen basah-basahan, jangan lupa bawa baju ganti dan perlengkapan mandi.
  • Jaga kebersihan mata air ini.
  • Bawa kamera anti air.

Gallery (5)

Comments (2)